Ingin Asuransi Lebih Murah? Perhatikan Faktor yang Mempengaruhi Rate Asuransi

18/05/2018

Jual beli
Share this post:
Ingin Asuransi Lebih Murah? Perhatikan Faktor yang Mempengaruhi Rate Asuransi
Menggunakan asuransi memang menenangkan, tapi membayarnya yang sedikit memusingkan. Sebaiknya, Anda mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi rate asuransi sehingga Anda bisa menekan biaya untuk pembayaran asuransi per bulannya.

Dalam membuat asuransi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya maupun tingkat asuransi yang akan Anda gunakan untuk kendaraan Anda. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi rate asuransi yang membuat Anda membayar biaya lebih.

  • Umur: Pengemudi yang lebih muda dan kurang pengalaman cenderung memiliki rate asuransi yang lebih tinggi.
  • Klaim: Sopir yang cenderung mengalami kecelakaan akan membayar lebih banyak. Jika Anda ingin mempertahankan tarif tetap rendah, pertanahkan jumlah klaim yang Anda masukkan seminimal mungkin.

Gambar yang menunjukan mobil yang mengalami kebanjiran sedang diangkat mobil derek

Semakin banyak klaim yang diajukan, rate asuransi Anda semakin tinggi

  • Jenis Kelamin: Berbeda dari pandangan umum, ternyata pengemudi pria memiliki rate yang lebih tinggi dibandingkan wanita.
  • Demografi: Orang-orang yang tinggal di daerah dengan tingkat kejahatan tinggi akan membayar lebih banyak daripada mereka yang tinggal di wilayah dengan tingkat kejahatan yang lebih rendah.

>>> Baca juga Tips memilih kredit terbaik untuk mobil baru Anda

  • Pelanggaran atau Tilang: kebut-kebutan atau pelanggaran lainnya akan memiliki dampak negatif pada tagihan asuransi Anda. Patuhi hukum dan pengendaraan lalu lintas untuk menjaga tarif asuransi Anda tidak naik.

Gambar yang menunjukan polisi yang sedang melakukan tilang di jalanan Indonesia

Tilang juga mempengaruhi rate asuransi yang Anda bayar

  • Pilihan Kendaraan: Mobil sport memang lebih mahal untuk diasuransikan dibandingkan dengan sedan. Dan mobil premium tentu saja memiliki rate asuransi yang lebih mahal dibandingka mobil yang lebih murah. Melihat biaya asuransi yang akan Anda bayar sebelum membeli mobil bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan dan menghemat pengeluaran bulanan Anda.
  • Pelatihan Pencegahan Kecelakaan: Beberapa penyedia layanan asuransi menawarkan diskon jika Anda mengambil kursus pelatihan pendidikan mengemudi.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

  • Kebijakan Asuransi: Jika Anda memiliki lebih dari satu mobil atau juga memiliki asuransi lainnya, selalu ingat bahwa ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan diskon berdasarkan jumlah kebijakan atau premis yang Anda miliki.
  • Kebiasaan Mengemudi: Jumlah kilometer yang dikendarai, apakah Anda menggunakan mobil Anda untuk bekerja, maka jarak antara rumah dan kantor berperan aktif dalam menentukan rate asuransi kendaraan.

Gambar yang menunjukan seorang berjas yang sedang memegang smartphone dengan mobil putih yang mengalami kecelakaan

Sistem keamanan mobil yang lebih lengkap membuat rate asuransi semakin ringan

  • Sistem Keamanan Mobil: Jika Anda memiliki alarm atau sistem keamanan pada mobil, Anda akan membayar lebih sedikit untuk rate asuransi kendaraan. Bahkan, kantung udara dan rem anti-lock yang berfungsi dengan baik akan membuat Anda lebih aman dan menurunkan tagihan asuransi Anda.
  • Paket Pembayaran: Beberapa perusahaan asuransi menawarkan diskon berdasarkan paket pembayaran Anda. Membayar seluruh tagihan sekaligus, bukan dengan mencicil bisa membuat Anda diganjar dengan diskon yang diberikan penyedia layanan. Atau Anda bisa mencoba memintanya.
  • Skor Kredit: Kredit yang bagus akan menurunkan tarif asuransi mobil Anda. Kedit yang macet sebaliknya, bisa saja meningkatkan rate asuransi yang harus Anda bayarkan.

Dalam memilih penyedia asuransi, Anda juga harus berhati-hati dan tentu saja melihat banyak referensi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Bisa saja Anda menemukan faktor yang mempengaruhi rate asuransi lainnya yang membuat pengeluaran Anda berkurang.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top