Indonesia Digoncang Teroris, Kenali Klausul Tambahan Terorisme untuk Kendaraan Anda

19/05/2018

Jual beli
Share this post:
Indonesia Digoncang Teroris, Kenali Klausul Tambahan Terorisme untuk Kendaraan Anda
Ramainya tidak terorisme yang marak terjadi di beberapa kota besar di Indonesia semakin mencemaskan. Karena itu, ada baiknya Anda mengenal tentang asuransi klausul tambahan terorisme dan sabotase yang bisa Anda aktifkan untuk melindungi kendaraan Anda.

Pada dasarnya, asuransi memang bertujuan untuk menjaga Anda barang dan properti Anda dalam kerusakan mauun kehilangan yang disebabkan oleh pihak ketiga atau kecelakaan. Beragam produk dan klausul yang dberikan oleh penyedia layanan asuransi, salah satunya klausul tambahan terorisme dan sabotase yang bisa Anda gunakan.

Meskipun begitu, dikutip dari data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), masih banyak masyarakat awam maupun pengemudi yang belum mengetahui adanya klausul asuransi tambahan terorisme dan sabotase yang bisa diaktifkan untuk melindungi kendaraan.

Gambar yang menunjukan mobil yang terbakar dengan api yang masih menyala

Terorisme merajalela, asuransi bisa mengganti kerugian Anda

Menurut data polis AAUI, produk asuransi ini menjamin kerusakan harta benda yang dipertanggung jawabkan secara langsung yang disebabkan oleh salah satu resiko, seperti terorisme dan sabotase. Dalam pasal 1 ayat 2 untuk asuransi terorisme dan sabotase ini menyebutkan kerusakan yang dipertanggung jawabkan secara langsung disebabkan penjarahan yang terjadi selama terorisme dan sabotase.

>>> Perhatikan kesalahan dalam memilih asuransi yang harus Anda hindari

Namun selain pertanggungan, penyedia layanan juga mengecualikan penggantian ketika pencurian atau kehilangan pada saat dan setelah terorisme atau sabotase berlangsung atas kesengajaan nasabah. Kecuali nasabah bisa membuktikan bahwa kejadian tersebut berada di luar kendali nasabah.

Dalam polis disebutkan jika terorisme diartikan sebagai tindakan, tidak terbatas pada pemaksaan atau kekerasan hingga ancaman oleh seseorang atau sekelompok orang, baik bertindak sendiri atau atas nama berkaitan dengan organisasi atau pemerintah dengan tujuan politik, agama, ideologi atau sejenisnya untuk mempengaruhi pemerintah dan membuat publik dalam ketakutan.

Gambar yang menunjukan beberapa asuransi dengan asuransi terorisme berada di tengah

Asuransi terorisme menjaga kerusakan dan kerugian kendaraan Anda

>>> Baca juga rekomendasi untuk jual beli disini

Bagi Anda yang ingin mengaktifkan klasul ini, ada beberapa cara mengajukan klaim ketika barang atau properti Anda rusak karena tindak terorisme dan sabotase. Diantaranya:

  • Hubungi perusahaan asuransi. Ketika kendaraan atau property Anda rusak, Anda harus menghubungi kantor penyedia layanan asuransi untuk menerangkan kejadian dan harta benda yang rusak karena peristiwa terorisme dan sabotase. Usahakan untuk langsung menghubungi penyedia layanan dan tidak terlalu lama. Masalahnya, penyedia layanan hanya memberikan waktu maksimal 3-5 hari waktu laporan setelah kerusakan terjadi.
  • Bukti tanda foto. Untuk mengajukan klaim, Anda harus membawa serta foto dan bukti yang menunjukan terjadinya kerusakan atau pengrusakan yang mengakibatkan kerusakan kendaraan ata properti Anda. Usahakan memberi bukti dan foto asli untuk mencegah klaim Anda ditolak.
  • Mengisi formulir dan menyiapkan dokumen. Kemudian, Anda diharuskan untuk memberikan bukti diri, semacam pengenal, dan mengisi formulir klaim dari penyedia layanan Anda. Siapkan dokumen yang diminta oleh penyedia layanan. Kurang atau tidak lengkapnya dokumen yang diminta akan mengakibatkan klaim Anda tidak bisa diterima.

Gambar yang menunjukan garis polisi berwarna biru yang berada di depan big ben di London

Berhati-hati dan menjaga diri bisa menghindarkan kerugian lebih besar dari terorisme

Dan untuk pembayaran ganti rugi, penyedia layanan biasanya akan menyelesaikan tanggungan dalam waktu 30 hari kalender setelah klaim Anda diterima. Setidaknya bisa mengurangi bahkan mengganti biaya perbaikan yang Anda rasakan.

Meskipun masih banyak yang belu mengetahui tentang klausul ini, tercatat sudah ada 52 perusahaan penyedia layanan asuransi dan 4 perusahaan reasuransi yeng menyediakan klausul tambahan terorisme dan sabotase. Mengaktifkan klausul ini seperti berjaga-jaga untuk menghadapi semua kemungkinan terburuk yang bisa datang di kehidupan Anda.

>>> Tips dan trik otomotif disini akan membantu Anda

Share this post:
 
back to top