Inden Toyota Raize Lama, 5 Mobil 'Sementara' Ini Bisa Jadi Solusi

21/05/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Respon pasar yang luar biasa terhadap mobil ini menyebabkan inden Toyota Raize menjadi cukup lama. Kami akan berikan sedikit solusinya dalam artikel berikut ini

Toyota Raize merupakan fenomena baru dari merek berlogo triple elips yang satu ini. Baru berjalan sebulan konon angka inden Toyota Raize sudah mendekati angka 3.000 unit. Hal tersebut lantas membuat Raize layak didaulat sebagai calon best selling car dari PT Toyota Astra Motor.

Gambar Toyota Raize 1.0 GR-Sport CVT 2021

Inden Toyota Raize bahkan mengular hingga sembilan bulan

Sayang, berita baik itu tak berlaku untuk calon konsumen Toyota Raize. Menunggu tiga hingga sembilan bulan lamanya untuk menanti datangnya sebuah mobil tentunya akan membosankan. Namun, Anda jangan khawatir, tim Cintamobil.com punya solusi brilian untuk mengatasi inden Toyota Raize yang lama.

Solusi: Beli Mobil 'Sementara'

Solusi yang kami rekomendasikan untuk Anda dalam mengatasi inden Toyota Raize yang lama adalah dengan membeli mobil sementara. Yes, membeli mobil untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu, semisal tiga hingga sembilan bulan lamanya.

Foto mobil LCGC bekas dijual

Beli mobil untuk 'sementara' bisa jadi solusi

Namun, mobil 'sementara' yang dibeli harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain harus merek Jepang. Merek wajib Jepang agar resale value tetap terjaga, jadi saat Toyota Raize idaman Anda datang, Anda tak sulit dalam menjual kembali. Kedua harus hemat konsumsi BBM, dan yang terakhir punya durabilitas yang memadai.

>>> Toyota Raize TSS Inden Sampai Oktober, Diskon PPnBM Cuma Dapat 25%

Lebih Efisien Dari Taksi

Kami percaya, cara membeli mobil 'sementara' ini lebih layak Anda terapkan, alih-alih dengan mengandalkan taksi baik konvensional maupun online. Bayangkan, jika jarak rumah Anda ke kantor adalah Bekasi ke Jakarta. Sekali perjalanan naik taksi, Anda harus keluar kocek antara Rp130 hingga Rp150 ribu diluar biaya tol!

Gambar taksi Bluebird Toyota Avanza Transmover

Naik taksi setiap hari bisa bikin kantong jebol

Bandingkan dengan mobil pribadi 'sementara' yang kami rekomendasikan di bawah ini. Dengan uang Rp150ribu bisa untuk beli BBM oktan 92 sebanyak 16,6 liter. Dengan konsumsi BBM di atas 15 kilometer per liter, maka 16 liter BBM tadi bisa membawa Anda berjalan lebih dari 200 kilometer! Berkali-kali lipat lebih efisien dari naik taksi.

Foto Daihatsu Ayla isi Pertamax

16 liter BBM bisa jalan lebih dari 150 bahkan 200 kilometer

Jelas saja, asumsi jarak dari Bekasi ke Jakarta sekitar 30 kilometer, Anda harus membayar Rp150 ribu bahkan lebih jika taksi online yang Anda pesan terkena tarif jam sibuk atau bahkan taksi konvensional Anda terjebak macet. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, bepergian dengan mobil pribadi adalah opsi paling aman dan nyaman.

Foto konsumsi BBM Daihatsu Ayla

Bahkan di jalan padat, konsumsi BBM mobil yang kami rekomendasikan mudah saja menembus di atas 15 km/l

Lantas bagaimana dengan parkir? Tenang sob, banyak jalan menuju Roma, alias beragam solusinya. Contohnya, Anda bisa membayar tarif parkir bulanan yang lebih murah. Demikian juga dengan biaya servis mobil yang minim, karena mobil yang kami rekomendasikan ini punya kapasitas mesin kecil dan sudah modern. So, apa saja pilihan mobilnya?

1. Daihatsu Ayla

Tahun Produksi: 2014-2016

Kisaran Harga: Rp75 - Rp95 juta

Tipe Rekomendasi: X bertransmisi manual

Gambar Daihatsu Ayla X 2013

Ayla adalah mobil pengganti pertama yang kami rekomendasikan

Mobil pertama yang kami rekomendasikan untuk Anda sebagai pengganti sementara inden Toyota Raize adalah Daihatsu Ayla. Jagoan PT Astra Daihatsu Motor ini punya bodi kompak tapi memiliki interior yang cukup lega. Apalagi kehematan mesin 1.000 cc 3-silinder berkode 1KR-DE di balik kap mesinnya tak perlu diragukan lagi.

2. Toyota Agya

Tahun Produksi: 2017-2018

Kisaran Harga: Rp95 - Rp115 juta

Tipe Rekomendasi: TRD-S bertransmisi otomatis

Foto Toyota Agya TRD-S

Ayla terasa kurang besar? Coba cek Agya tipe TRD-S varian bermesin 1.200 cc

Bila Daihatsu Ayla terasa terlalu kecil kapasitas mesinnya, Anda juga bisa melirik Toyota Agya bermesin 1.200 cc. Kehalusan mesin 4-silinder 3NR-VE sudah cukup baik, dikombinasi dengan transmisi otomatis 4-percepatan membuat mobil ini kian menyenangkan digunakan saat di tengah hiruk pikuk ibu kota.

3. Honda Brio

Tahun Produksi: 2015-2017

Kisaran Harga: Rp110 - Rp135 juta

Tipe Rekomendasi: Satya E CVT

Gambar Honda Brio E

Performa Honda Brio jadi yang terbaik di kelasnya

Jika Anda senang mengemudi, dan unsur fun to drive adalah yang utama maka jangan lepaskan pandangan Anda dari mobil ini. Yes, Honda Brio Satya merupakan mobil pengganti sementara saat menunggu inden Toyota Raize yang mengular. Performa mesin mobil ini adalah yang terbaik di kelasnya, meski harganya jadi yang termahal.

4. Mitsubishi Mirage

Tahun Produksi: 2013-2014

Kisaran Harga: Rp80 - Rp105 juta

Tipe Rekomendasi: Exceed CVT

Gambar Mitsubishi Mirage

Mirage punya kualitas buatan solid dan fitur cukup lengkap

Jagoan dari kubu tiga berlian ini juga tak mau kalah. Ia menawarkan kualitas interior yang terbaik di antara pilihan mobil lainnya di sini. AC juga sudah digital dengan climate control, demikian pula dengan head unit yang sudah terintegrasi. Sayangnya, meski ia hemat BBM, getaran mesinnya cukup terasa hingga ke dalam kabin.

5. Nissan March

Tahun Produksi: 2014-2016

Kisaran Harga: Rp90 - Rp115 juta

Tipe Rekomendasi: XS bertransmisi otomatis

Gambar Nissan March

March punya kenyamanan di atas para rivalnya

Musuh bebuyutan dari Mitsubishi Mirage ini menggunakan format mesin yang sama dari rivalnya, yakni 1.200 cc 3-silinder. Namun, seperti khasnya mobil-mobil keluaran Nissan. Kenyamanan bantingan suspensi mobil ini seperti satu tingkat di atas rivalnya. Fiturnya juga cukup lengkap bahkan tersedia varian bermesin 1.500 cc 4-silinder.

>>> 5 Mobil Murah Berkarburator Ini Masih Layak Beli

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top