Ikut Lelang Ibid di Rumah Bisa Lewat Ponsel Lho!

14/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Ikut Lelang Ibid di Rumah Bisa Lewat Ponsel Lho!
Selama masa pandemi virus corona, lelang IBID bisa diikuti secara virtual. Jenisnya ada dua, yaitu Live Auction dan Timed Auction. Begini cara mengikutinya.

Lelang merupakan satu diantara beberapa cara untuk bisa memiliki kendaraan dengan harga lebih murah. Kendaraan yang sering dilelang amat beragam, mulai dari seped amotor, mobil penumpang, pickup, sampai truk dan alat berat pun ada. Jangan dulu berpikiran negatif jika membeli mobil melalui mekanisme lelang. Karena jika Anda pandai dalam memilih, bisa juga lho dapat mobil berkualitas baik dengan harga jauh lebih murah dari harga di dealer mobil bekas.

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan saat akan membeli mobil dari tempat lelang adalah memilih balai lelang yang sudah terpercaya. Satu diantaranya balai lelang IBID yang merupakan tempat melelang kendaraan roda dua dan roda empat yang menjadi anak perusahaan PT Serasi Auto Raya yang bernaung di bawah Grup Astra.

Menariknya, selama pandemi Covicd-19 yang melanda Indonesia, lelang IBID juga bsia dilakukan secara virtual. Ada dua cara lelang IBID yang bisa Anda lakukan secara online, yakni Timed Auction dan Live Auction. Keduanya punya cara tersendiri untuk bisa mengikuti lelangnya. Berikut penjelasan rincinya dari tim Cintamobil.com.

>>> Harga Mobil di Balai Lelang Turun Harga Akibat Pandemi Corona

Beda 2 Jenis Lelang Online dari IBID

Demi menerapkan protokol keselamatan pencegahan virus corona, IBID juga memberlakukan lelang online yang bisa Anda ikuti darimana sana kapan saja, termasuk saat di rumah ketika menjalani peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Berikut ini perbedaan IBID lelang baik yang tipe Live Auction atau jenis lelang Timed Auction:

Lelang Mobil

Ikut lelang dari IBID sudah tak harus datang langsung ke lokasi cabang

>>> Daftar Lokasi Lelang Mobil Jakarta yang Bisa Anda Ikuti

1. IBID Lelang Live Auction

Secara garis besar, lelang IBID jenis ini sebenarnya hampir mirip dengan Anda datang ke kantor cabang IBID yang ada diseluruh Nusantara untuk mengikuti proses lelang secara langsung. Bedanya kegiatan ini bisa Anda lakukan dari rumah atau dari mana saja secara virtual. Yang dibutuhkan cuma perangkat ponsel cerdas atau tablet.

Untuk bisa ikut lelang, sebaiknya Anda unduh terlebih dulu aplikasi lelang IBID yang tersedia di Google Play Store bagi pengguna ponsel berbasis sistem operasi Android. Atau bisa juga melalui komputer maupun laptop dengan membuka website resmi IBID di www.ibid.astra.co.id. Jika sudah, maka proses lelang akan mengikuti jadwal lelang reguler tiap minggunya dari masing-masing cabang IBID di Indonesia.

2. IBID Lelang Timed Auction

Selain Live Auction, IBID juga mempunya program lelang jenis Timed Auction. Berbeda dengan Live Auction, pada jenis lelang IBID ini memiliki waktu lelang lebih panjang, yakni 2-7 hari. Sehingga jika Anda tidak bisa ikut dalam jadwal lelang seperti yang ada pada jadwal reguler di cabang IBID, maka Anda bisa ikut yang jenis Timed Auction.

Untuk bisa ikut jenis lelang dari IBID seperti ini, maka Anda bisa menawar hanya melalui aplikasi mobile IBID. Sementara untuk akses dari website resmi IBID tidak bisa melakukan lelang ini.

Cara Ikut IBID Lelang dari Rumah

Lelang Online IBID

Ikut lelang IBID bisa cuma dari ponsel

>>> Review Renault Triber RXZ MT 2020: Harga Terjangkau Fitur Mewah

Setelah mengetahui perbedaan antara lelang jenis Live Auction maupun Timed Auction dari IBID, maka ikuti beberapa persyaratan ini supaya bisa ikut dalam lelang IBID:

1. Cek Mobil yang Dilelang

Pertama-tama, cek daftar mobil yang akan dilelang oleh IBID melalui aplikasi mobile. Jangan lupa juga periksa jadwal kapan kendaraan tersebut akan dilelang.

2. Beli NPL

Jika sudah menemukan mobil yang jadi incaran dan mengecek kondisi serta kelengkapan kendaraan tersebut, maka lakukan registrasi serta membeli Nomor Peserta Lelang (NPL). Saat registrasi dan membeli NPL maka Anda bisa memilih mau jenis lelang Live Auction atau Timed Auction. Yang perlu diperhatikan adalah 1 NPL hanya berlaku untuk 1 objek kendaraan yang dimenangkan. Dan pembelian NPL ini bisa dilakukan via virtual account atau kartu kredit.

3. Ikuti Lelang Sesuai Jadwal

Ketika proses pembelian NPL sudah selesai, maka ikuti lelang sesuai dengan jadwal yang telah dipilih. Tawarlah kendaraan yang Anda incar berdasarkan kemampuan membayar Anda. Karena pembelian dari lelang tidak bsia dilakukan secara kredit.

4. Ketika Menang atau Kalah dalam Lelang

Jika Anda memenangkan lelang, maka lunasi sisa harga mobil tersebut sesuai nilai saat proses lelang, maksimal 5 hari setelah lelang selesai untuk biss membawa pulang kendaraan tersebut. Tapi jika kalah, maka 100% uang untuk pembelian NPL akan dikembalikan ke rekening Anda selambatnya 3 hari setelah lelang selesai.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik dan bermanfaat lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Balai Lelang Andalkan Pelelangan Online di Tengah Pandemi Covid-19

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia mengubah bagaimana cara orang bertransaksi. Salah satunya membeli mobil pelelangan online.

Lihat juga

Jangan Main Langsung Bayar, Ikuti Dulu Tips Beli Mobil Lelang Subaru Ini

30/09/2019

Jual beli

5 menit

Total ada 169 unit Subaru produksi 2010-2014 dalam kondisi baru siap dilelang oleh Bea Cukai. Tapi sebelum Anda tergesa-gesa langsung ikut lelang mendapatkan mobil baru Subaru hasil sitaan ini, ada baiknya ikuti tips berikut ini

Lihat juga

Blue Bird-Mitsubishi-Takari Resmikan Balai Lelang Terbesar di Tanah Air

30/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Joint Venture antara PT Blue Bird Tbk, Mitsubishi UFG Lease and Finance Co Ltd dan PT Takari Kokoh Sejahtera menghadirkan satu usaha besar di bidang kepemilikan kendaraan. Ketiganya secara resmi mengoperasikan PT Balai Lelang Caready sebagai balai lelang terbesar di Indonesia.

Lihat juga

Rekor Mobil Termahal dalam Lelang Dipecahkan Ferrari 250 GTO Sasis no. 3413

28/08/2018

Pasar mobil

Ferrari 250 GTO paling asli dan otentik di dunia menjadi mobil termahal dalam lelang dan terjual dengan harga $48 juta.

Lihat juga

10 Mobil Termahal dalam Lelang: Pecinta Mobil Silahkan Masuk

22/05/2018

Pasar mobil

Mobil bisa dibilang lebih dari kendaraan yang hanya mengantarkan penumpang. Sebanding dengan prestise dan kebanggaan memiliki mobil langka, mobil termahal dalam lelang ini bisa menunjukan betapa berharga (dan mahalnya) sebuah mobil bisa terjual.

Lihat juga