How To Buy Nissan March 2011-2016

17/10/2018

Jual beli
Bentuknya membulat cenderung lucu dan imut, tak heran mobil ini begitu disukai oleh kaum hawa sebagai commuter harian dan sesekali diajak pelisir ke luar kota. Apalagi harga bekasnya kini juga menarik, bagaimana sih sebenarnya mobil ini? Berikut ini dia how to buy Nissan March 2011-2016.

Tampak Nissan March berbagai varian

Irit, lincah, dan bandel merupakan keunggulan utama Nissan March

Nissan March hadir di bumi Indonesia pada tahun 2011. Berkode bodi K13, dan dipersenjatai dengan mesin HR12DE berkapasitas bersih 1198 cc dengan konfigurasi 3 silinder segaris berteknologi katup variabel CVTC. Tenaga dari mobil berparas imut nan lucu ini juga tidaklah luar biasa, hanya sekitar 74,9 hp pada putaran mesin 6000 rpm serta torsi sebesar 103,9 nm di kitiran 4000 rpm dari mesin yang masing-masing silindernya berkapasitas 399 cc itu. Bila Anda merasa mesin 1200 cc 3 silinder kurang bertenaga, Anda bisa memilih versi 1500 cc dengan mesin HR15DE yang punya tenaga serupa dengan Nissan Grand Livina, Nissan Evalia, dan Nissan Juke. Nah, setidaknya ada tiga hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin meminang Nissan March dalam kondisi bekas. Berikut ini how to buy Nissan March 2011-2016.

1. Bodi dan Tipe

Varian Nissan March

Pahami dulu bodi, varian, dan tipe ​Nissan March yang Anda incar 

Pertama, Anda harus tahu dulu berapa tipe yang tersedia pada Nissan March yang ada di Indonesia. Nissan March pertama kali hadir tahun 2011 dalam tiga varian, yakni 1.2 MT, 1.2 AT, dan 1.2 AT XS. Dua varian yang kami sebut memiliki kelengkapan serupa, yaitu tuas pengontrol AC masih manual, bangkunya masih fabric kasar, dan sebagainya. Sementara untuk tipe XS yang merupakan varian tertinggi, mendapat kelengkapan tambahan yaitu pengatur AC digital dengan climate control, dan bahan trim fabric yang lebih baik. Untuk varian bermesin 1500 cc hanya tersedia tipe transmisi manual dan otomatis serta memiliki kontrol kestabilan (ESC).

>>> Baca juga: Terlihat Canggih, Kenali Fungsi dan Kelebihan AC Digital Serta Climate Control

2. Mesin, Transmisi dan Kaki-kaki

Tampak mesin HR12DE di Nissan March

Jangan sampai lalai mengecek oli Nissan March Anda ya!

Tidak ada kesulitan berarti merawat mesin dengan kode HR12DE maupun HR15DE. Keduanya adalah mesin dengan alih teknologi Renault yang memiliki durabilitas cukup baik. Pun begitu dengan kaki-kakinya yang kuat. Asalkan Anda tidak alfa (lalai) dalam mengganti oli mesin, maupun transmisi. "Beli mobil bekas Nissan itu sangat menguntungkan, karena harga jual bekasnya murah, tapi bisa mendapat mobil yang kualitasnya bagus. Untuk mesin jangan sampai telat isi oli dan juga kita sangat menyarankan agar penggantian oli mesinnya di 5000 kilometer," papar Triyono dari bengkel Family Auto Service di bilangan Bekasi, Jawa Barat.

>>> Baca juga: Alternatif Mobil Bekas MPV, Pilih Nissan Grand Livina Atau Honda Freed?

3. Pajak dan Biaya Perawatan

Ilustrasi STNK

Pajak hanya sekitar Rp 2 jutaan tentu membuat biaya kepemilikan Nissan March terjangkau

Inilah kelebihan mobil city car dengan mesin 1200 cc dan 1500 cc. Pajak yang harus dibayarkan perbulannya tidak lebih dari 3 juta untuk non progressif. Sementara untuk biaya perawatannya sendiri pun relatif terjangkau. Saran kami dari Cintamobil.com Anda tidak harus merawat Nissan March yang baru Anda beli dalam keadaan bekas di bengkel resmi. Saat ini banyak sekali bengkel non resmi Nissan yang mekaniknya jago dan lulusan dari bengkel resmi. Ambil contoh di bengkel Fast Auto Service biaya ganti oli hanya Rp 300 ribu, dan ongkos jasa perawatan Rp 700 ribu. Dengan begitu, biaya perawatan akan semakin hemat.

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

4. Kesimpulan

Tampak Nissan March 1.5 AT warna merah

Pilihlah Nissan March bermesin 1500 cc dengan transmisi otomatis atau Nissan March tipe XS dengan mesin 1200 cc 

So, which one you should choose? Bagi kami keputusan membeli adalah sepenuhnya ditangan Anda. Hanya saja, kami sangat menyarankan untuk membeli Nissan March bermesin 1500 cc AT yang merupakan tipe tertingginya. Karena dengan mesin yang lebih besar, ditambah lagi konfigurasi 4 silinder, plus bobot yang ringan akan membuat Nissan March bermesin 1500 cc irit dalam konsumsi BBM juga akan lebih sigap saat berakselerasi. Namun bagi Anda yang merasa mesin 1200 cc sudah cukup, pilihlah tipe XS dengan transmisi otomatis. Untuk kisaran harga bisa langsung Anda cek di www.cintamobil.com.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top