Hore, Sekarang Beli Mobil Baru Bisa Pilih Nopol Sendiri

30/07/2019

Jual beli
Share this post:
Hore, Sekarang Beli Mobil Baru Bisa Pilih Nopol Sendiri
Saat membeli kendaraan baru, biasanya Anda tidak memiliki opsi untuk memilih berapa nomor polisi (nopol) kendaraan Anda. Maka, tak jarang nomor yang didapat tak sesuai dengan harapan. Namun, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang merumuskan kebijakan yang memberi opsi untuk memilih nopol sendiri.

Jika ingin memilih nopol sendiri untuk kendaran, saat ini satu-satunya cara yang dapat kita tempuh adalah memesan nomor cantik langsung ke Polri, dan ada harga khsusus di luar pajak kendaraan untuk plat tersebut. Meski bervariasi, banyak orang menganggap nopol cantik cukup mahal, tak heran opsi ini cenderung sepi peminat.

>>> Terlihat ekslusif, seberapa mahal sih Nopol cantik?

Berkaca dari fakta ini, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang merumuskan regulasi baru terkait pemilihan nopol kendaraan. Di mana nanti masyarakat yang membeli mobil atau sepeda motor baru dapat memilih nopol sendiri.

Ilustrasi plat nomor kendaraan bermotor

Nantinya, kita tak akan mendapatkan nomor polisi yang terkesan random

Dilansir dari halaman NTMC Polri, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Drs. Refdi Andri M.Si menyoroti tiga poin utama yang akan dibahas, yakni nopol kendaraan bermotor, cek fisik kendaraan, dan sistem blokir kendaraan bermotor. Kedepannya, masyarakat yang akan membeli kendaraan dapat memilih nopol sendiri untuk kendaraanya secara online, dan akan terlihat apakah nomor tersebut sudah digunakan atau belum melalui sebuah parameter.

>>> Temukan mobil pilihan Anda di sini

Ilustrasi pemilihan nomor polisi online

Ketersediaan nomor polisi dapat diperiksa secara online

“Salah satu pembahasan adalah bagaimana penomoran kendaraan bisa dibuka untuk masyarakat umum yang akan membeli kendaraan. Kita kerjasama dengan mitra kerja kita,” ujar Kakorlantas seperti dilansir NTMC Polri.

“Nomor pilihan bisa online ditandai dengan warna merah misal nomor polisinya sudah digunakan, kuning dalam proses, dan hijau bisa digunakan atau diambil. Hal ini akan meminimalisir penyimpangan-penyimpangan.”

>>> Tips seputar surat kelengkapan mobil ada di sini

Kakorlantas juga menambahkan opsi memilih nopol sendiri baru diterapkan di tiga daerah sebagai pilot project, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara, dan akan diterapkan dalam skala nasional secara bertahap.

“Informasi lengkapnya masih kita konsepkan, tetapi rencananya pemilihan nopol itu bisa dilakukan secara online, jadi pembeli kendaraan bisa menentukan nomor polisinya sendiri,"tambahnya.

>>> Simak tips & trik terbaru hanya di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Terlihat Eksklusif di Jalan, Berikut Cara Dan Biaya Pilih Nopol Cantik

13/10/2018

Jual beli

Mempunyai nomor polisi (nopol) cantik membuat mobil terlihat eksklusif di jalan. Berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana caranya?

Lihat juga

Manfaatkan Peraturan Ganjil-Genap, Dealer Tawarkan Konsumen Bebas Pilih Nopol

15/08/2018

Jual beli

Peraturan ganjil-genap telah diberlakukan sejak lama, namun jelang ASIAN Games 2018, Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya telah melakukan perluasan wilayah yang terkena peraturan ini. Memanfaatkan peraturan ganjil-genap ini, beberapa dealer tawarkan konsumen bebas pilih nopol (nomor polisi).

Lihat juga

Daftar Nopol Cantik Yang Tidak Bisa Dipesan

19/10/2018

Jual beli

Memilih nopol cantik sebagai identitas dan ekslusifitas mobil sah-sah saja. Tapi ternyata di Indonesia tidak semua nopol cantik bisa dipesan.

Lihat juga

Mau Pakai Pelat Nomor Cantik, Ini Ketentuan dan Biayanya!

07/07/2019

Pengemudian

3 menit

Anda sering melihat kendaraan di jalanan dengan pelat nomor cantik dan unik tidak seperti umumnya. Penasaran? Anda juga bisa mendapatkan nomor cantik macam itu, tapi ada ketentuan yang harus dipenuhi.

Lihat juga

Kendaraan Non Jakarta Jangan Takut, Tilang Sistem Elektronik Hanya Untuk Pelat Nomor B

05/11/2018

Event - Promosi

Dirlantas Polda Metro Jaya nyatakan tilang sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang berbasis CCTV hanya untuk kendaraan dengan pelat nomor B atau Jakarta dan tidak berlaku untuk kendaraan berpelat nomor selainnya.

Lihat juga