Hemat Pengeluaran dengan Tips Membeli Spare Part Mobil Berikut Ini

07/05/2018

Jual beli
Share this post:
Hemat Pengeluaran dengan Tips Membeli Spare Part Mobil Berikut Ini
Jika Anda tidak mengetahui bagaimana tips membeli spare part mobil yang benar, Anda bisa kehilangan banyak uang dan pengeluaran yang berlebihan, atau membeli barang yang salah. Perhatikan bagaimana pembelian spare part bisa mebuat Anda menghemat ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kebanyakan pengemudi mengandalkan bengkel resmi untuk mendapatkan spare part mobil yang dibutuhkan. Meskipun hal ini lebih mudah, ada cara yang lebih murah dan menguntungkan dalam membeli spare part. Berikut tips membeli spare part mobil yang bisa Anda aplikasikan untuk menghemat pengeluaran Anda bulan ini.

1. Perhatikan apa yang ingin Anda cari

Gambar yang menunjukan berbagai macam spare part yang ada pada mobil

Cari semua informasi tentang spare part terlebih dahulu

Satu model memiliki spare part yang berbeda dengan model lainnya, meskipun masih dibuat oleh produsen yang sama. Karena itu, hubungi diler resmi untuk mengkonfirmasi nomor bagian spesifik Anda sebelum membeli. Anda akan belajar bahwa beberapa bagian unik kombinasi mesin dan transmisi tertentu mempengaruhi jenis dan model dari spare part yang Anda butuhkan.

2. Lakukan pencarian online

Gambar yang menunjukan hasil pencarian untuk spare part mobil di media sosial

Teliti harga dan berselancar di dunia maya

Di zaman teknologi canggih dan serba internet ini, Anda bisa menemukan beragam produk spare part yang ada di seluruh Indonesia. Sebelum Anda membeli spare part yang Anda butuhkan, cobalah untuk meneliti terlebih dahulu harga pasaran dan harga yang Anda butuhkan untuk spare part yang ingin Anda beli. Toko yang satu bisa memberikan harga yang lebih mudah dibandingkan bengkel resmi, dan tentu saja dengan memperhatikan keaslian dari spare part yang Anda pesan.

>>> Baca juga 5 langkah perawatan mobil yang tidak bisa diabaikan

3. Lakukan perbandingan

Gambar yang menunjukan bengkel mobil yang dilihat dari atas

Lakukan perbandingan di berbagai toko untuk mencari harga yang pas

Sama seperti membeli mobil, Anda harus membandingkan satu harga dengan harga yang lain dari toko yang berbeda. Satu toko bisa memberikan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan toko yang lain, bahkan bisa saja dengan kualitas yang lebih baik. Apalagi jika Anda memilih untuk membeli spare part bekas, Anda bisa mendapatkan perbandingan harga yang jauh lebih murah antar toko.

4. Siap sedia dengan diskon dan kupon

Gambar yang menunjukan ilustrasi beberapa spare part mobil

Online shop dan web resmi biasanya memberikan beragan voucher dan diskon

Pengecer suku cadang mobil memang mahal. Tapi tidak semuanya sama. Ketika Anda mengunjungi toko online, Anda bisa mendapatkan vouvher atau kupon yang bisa digunakan untuk mengurangi harga yang harus Anda tebus. Awal dan akhir tahun, hari kemerdekaan, pameran mobil, serta saat lebaran merupakan momen-momen dimana perusahaan dan toko-toko memberikan beragam penawaran menarik untuk Anda.

>>> Baca juga 5 mobil bekas untuk teman mudik kali ini

5. Cari bahan langka secara langsung

Gambar yang menunjukan bagian kap mesin mobil yang sudha dibuka

Spare part langka baiknya diteliti lebih baik untuk menghindari kesalahan

Seperti namanya, barang langka memang sulit didapatkan. Apalagi jika mobil Anda merupakan salah satu mobil tua yang cukup unik dengan spare part yang sudah mulai jarang ditemukan di pasaran. Untuk membeli spare part yang langka, pastikan untuk memeriksa dan membeli langsung spare part-nya. Kemungkinan barang yang dibeli tidak cocok atau berbeda dari aslinya akan lebih sering terjadi untuk spare part langka.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

6. Korek informasi dari forum daring

Gambar yang menunjukan ilustrasi forum mobil yang ada di media sosial

Anda bisa menemukan berbagai informasi berharga di forum sosial

Forum daring untuk merek dan model mobil biasanya memiliki anggota yang terebar di seluruh pelosok penjuru negeri, bukan hanya di kota besar saja. Anda bisa bertanya tentang spare part yang Anda inginkan untuk rekomendasi. Jika forum pengguna tidak berfungsi, cobalah untuk menjangkau media sosial lain, seperti Facebook. Meskipun ada pernyataan bahwa Facebook akan ditutup, tapi kesaktian jejaring sosial ini mempunyai persentase yang lebih besar untuk membantu Anda.

7. Langkah terakhir: diler mobil

Gambar yang menunjukan bagian spare part mobil yang diletakan di atas lemari

Diler resmi biasanya memiliki semua spare part yang Anda butuhkan

Jika semua cara dan upaya di atas masih belum membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi diler resmi yang ada di kota Anda. Diler resmi setidaknya menjadi pemberhentian terakhir yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan spare part yang Anda inginkan.

Jika tidak ada diler resmi di kota Anda, Anda bisa mempertimbangkan membeli spare part secara online dari luar kota bahkan luar negeri. Kebanyakan tips membeli spare part mobil yang ada di jejaring sosial dan website khusus otomotif bisa membantu Anda mendapatkan perbandingan atau bahkan menemukan spare part yang Anda inginkan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top