Hati-hati Tertipu, Ini 7 Ciri Mobil Bekas Layak Beli

12/06/2019
Membeli mobil bekas tidak semudah membeli mobil baru. Selain dana yang tersedia, kondisi mobil juga menjadi pertimbangan ketika membeli mobil bekas. Ini menjadi tantangan untuk Anda yang sedang berburu mobil bekas. Agar tidak tertipu, kenali 7 ciri mobil bekas layak beli.

Ada banyak tantangan ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas. Bagi Anda yang awam dengan dunia otomotif atau pertama kali membeli mobil, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah memastikan dokumen dan surat-surat kendaraan lengkap. Selain itu, ada banyak komponen mobli yang harus Anda periksa secara teliti sebelum mencapai kesepakatan dengan penjual. Berikut 7 ciri mobil bekas layak beli.

>>> Masa garansi sudah lewat, mending lanjutkan servis di bengkel resmi atau bengkel umum?

1. Eskterior dan Interior Mobil

Baret pada bodi mobil

Bagian awal paling mudah diperiksa adalah eskterior dan interior

Bagian paling mudah diperiksa adalah kondisi bodi mobil atau eksterior. Cek seluruh bagian bodi apakah ada cacat, penyok, cat terkelupas, atau goresan. Pastikan juga ban mobil masih cukup tebal dengan tekanan angin yang cukup. Selain eksterior, periksa juga interior seperti plafon apakah ada yg rusak, jok sobek, noda bekas lem di dasbor dan lain sebagainya.

>>> Inilah 5 hal yang harus segera dilakukan begitu mendapatkan mobil bekas idaman

2. Suara Mesin

Dengar suara mesin

Dengarkan dengan seksama suara mesin apakah ada tanda kerusakan

Masuk dalam hal teknis, bagus atau tidaknya mobil bekas yang Anda incar bisa diperiksa pada suara mesin saat mobil dikendarai. Bila mesin mobil masih dalam kondisi bagus, tidak mengeluarkan suara berisik atau menderu saat dipakai. Suara tersebut bisa saja terdengat baik dalam kecepatan sedang atau tinggi. Pastikan juga Anda tidak mendengar suara gesekan atua benturan perkakas bagian dalam mobil. Untuk lebih meyakinkan dalam melihat ciri mobil bekas layak beli, hidupkan mesin selama 5-10 menit dengan posisi kap terbuka. Dengarkan baik-baik apakah ada suara yang menganggu.

>>> Inilah 3 jenis perbaikan dengan biaya terbesar pada mobil bekas

3. Periksa Knalpot

Asap putih knalpot

Asap putih pada knalpot menjadi salah satu ciri ada kerusakan pada pembarakan di mesin

Selain kondisi mesin, Anda juga bisa melihat ciri mobil bekas layak beli dengan cek warna asap knalpotnya. Bila asap knalpot berwarna hitam, ini indikasi proses pembakaran sempurna. Sementara bila asap knalpot putih, artinya ada campuran oli pada bagian pembakaran di mesin. Periksa juga ujung knalpot tetap bersih atau berwarna cokelat kemerahan setelah mesin mobil dihidupkan beberapa menit. Itu menjadi tanda komposisi bahan bakar dan udara pada ruang pembakaran sudah pas dan bekerja dengan stabil.

>>> Ikuti cara ini agar mobil bekas yang sudah Anda beli tidak boros konsumsi oli mesin

4. Tidak Bocor

Oli atau air bocor di ruang mesin

Pastikan tidak ada kebocoran pada ruang mesin baik oli atau air radiator

Saat Anda memeriksa mesin, pastikan juga tidak ada kebocoran pada tangki oli dan bahan bakar. Kondisi keduanya harus bagus dan tidak ada kebocoran. Kebocoran atau rembesan cairan yang keluar dari ruang meisn mobil menjadi tanda mobil bekas yang Anda beli bermasalah.

>>> Sebelum membeli atau menjual mobil, simak tips lengkapnya di sini

5. Transmisi

Mencoba transmisi mobil

Periksa kinerja transmisi apakah perpindahan gigi mudah atau keras

Ciri mobil bekas layak beli juga bisa diperhatikan dari transmisinya. Ketika Anda melakukan test drive, pastikan ketika perpindahan gigi tidak mengalami kesulitan dan bisa dilakukan secara cepat dan lancar. Jika terasa keras dipindahkan, kemungkinan ada sedikit masalah pada transmisi mobil bekas incaran Anda.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan mobil bekas pilihan hanya di sini

6. Indikator dan Speedometer

Lampu indikator menyala

Bila ada lampu indikator menyala setelah mesin dihidupkan, kemungkinan ada kerusakan

Ketika pertama kali mesin dihidupkan, periksa dengan teliti apakah lampu indikator ada yang menyala atau tidak. Misal lampu indikator oli atau temperator mobil menyala, maka ada kemungkinan kerusakan. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi harum rpm. Cara mudahnya adalah injak pedal gas mobil secara perlahan dan lepaskan. Jika jarum terlihat naik turun stabil, berarti mobil masih dalam kondisi baik.

>>> Harga Lebih Murah Dan Banyak Kelebihan Lainnya, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Atas Nama PT

7. Harga

Ilustrasi harga mobil bekas

Jangan mudah tergiur dengan harga mobil bekas yang sangat murah dari pasaran

Satu lagi ciri mobil bekas layak beli adalah harga yang dibanderol oleh penjual. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah dari pasaran. Lakukan survei lebih lama mengenai standar harga mobil bekas dari berbagai sumber. Anda bisa memeriksanya di Cintamobil.com sebagai jual beli mobil bekas. Anda bisa mendapat informasi lengkap seputar daftar harga mobil bekas yang layak beli.

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
5

berita lain