7 Hal yang Penting Diketahui saat Jual Mobil

01/04/2021

Jual beli

2 menit

Ada 7 fase yang akan dihadapi seseorang yang ingin menjual mobil kesayangannya. Pastikan Anda menyelesaikan setiap fase tersebut dengan sempurna sehingga mobil Anda cepat terjual.

Bisnis jual beli mobil bekas merupakan salah satu jenis bisnis yang digandrungi oleh banyak orang. Pasalnya, beli atau jual mobil dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Setiap tahunnya, minat masyarakat untuk membeli mobil bekas untuk kendaraan pribadi terus meningkat, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Keuntungan dari bisnis mobil bekas bukan hanya untuk penjual saja. Pihak pembeli juga merasakan berbagai manfaat dari kendaraan yang ia beli. 

7 Fase yang Perlu Diperhatikan saat Jual Mobil

Dalam penjualan mobil bekas, terdapat 7 fase penting yang dilakukan oleh penjual terlebih dahulu. Penting bagi setiap orang yang ingin membeli atau menjual mobilnya untuk mengerti setiap proses tersebut agar dapat melakukan transaksi jual mobil dengan lancar.

>>> Diskon PPnBM untuk Mobil 1.500-2.500 cc Berlaku Mulai April

1.  Pengecekan Kondisi Mobil secara Menyeluruh

Jual mobil mitsubishi grandis

Cek jika ada kondisi baret atau bunyi aneh pada mesin ketika dinyalakan

Langkah pertama yang juga merupakan langkah yang paling krusial dalam penjualan mobil adalah mengecek keseluruhan kondisi mobil terlebih dahulu. Pasalnya, kondisi mobil merupakan faktor yang paling mempengaruhi harga dari mobil tersebut. Apabila mobil masih dalam kendaraan yang prima, maka Anda dapat mematok harga yang tinggi.

Calon pembeli tentunya mengharapkan agar mobil yang dijual ada pada keadaan yang layak. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mereka akan selalu mengecek setiap fungsi-fungsi dari mobil tersebut, mulai dari mesin, sistem kelistrikan, AC, jendela, lampu, rem, dan lain sebagainya. Setelah memastikan seluruh spare parts dan fitur-fitur mobil masih  berfungsi dengan baik, barulah mobil dapat dijual.

2. Membersihkan Mobil

pentingnya membersihkan mobil sebelum dijual

Pastikan untuk membersihkan mobil sebelum menjualnya

Kondisi mesin dan fungsi mobil bukanlah satu-satunya hal yang wajib diperiksa. Mobil yang dikatakan layak untuk dijual tidak hanya dapat berfungsi dengan baik, tetapi juga masih nyaman dikendarai. Faktor kebersihan juga menjadi penentu dari penjualan sebuah mobil bekas.

Tidak ada satu orang calon pembeli yang ingin membeli mobil yang kotor. Oleh karena itu, sang penjual harus memastikan kebersihan dari mobil yang dijualnya. Kondisi mobil yang bersih akan membuat Anda lebih mudah meyakinkan sang calon pembeli. Jadi, sebelum memasarkan mobil Anda, datanglah terlebih dahulu ke salon mobil untuk membersihkan eksterior dan interior mobil.

3. Mulai Mempersiapkan Diri dalam Menjual Mobil

Setelah melewati dua fase awal, maka mobil sudah dapat dikatakan siap dijual. Namun, sebelum masuk ke tahap penjualan, maka ada baiknya Anda mempersiapkan diri untuk melepas mobil tersebut. Fase ketiga ini berhubungan dengan kesiapan Anda dalam menjual mobil.

Pertama, pastikan Anda siap menjual mobil kepada siapa pun yang menawar mobil tersebut. Ada kalanya, Anda sulit melepas mobil karena ternyata masih merasa sayang dengan kendaraan Anda, Kemudian, pastikan juga Anda berjualan dengan jujur dengan menginformasikan kondisi mobil secara apa adanya kepada calon pembeli.

>>> 5 Hal Penting yang Bikin Harga Jual Kembali Mobil Bisa Tinggi

4.  Memantau Harga Pasaran

Tibalah saatnya bagi Anda untuk mulai memasarkan mobil. Pertama-tama, tentunya Anda harus menetapkan harga jual yang akan Anda pasang untuk unit mobil yang dijual. Hal yang perlu Anda sadari adalah ada banyak pihak yang juga memasarkan mobil mereka. Jadi, harga mobil tidak dapat ditetapkan dengan asal.

Persaingan harga di pasaran mempengaruhi keberhasilan Anda dalam menarik calon pembeli. Mobil yang dilabeli harga yang lebih mahal dari pasaran akan sulit dijual. Sebaliknya, apabila harga mobil terlalu murah, Anda bisa saja menerima kerugian dari penjualan. Jadi, sediakanlah waktu untuk mulai memantau harga mobil dengan tipe yang serupa di pasaran sebelum menetapkan harga jual.

5. Pasarkan Mobil

mobil bekas dijual

Anda bisa memasarkan mobil di marketplace

Setelah menemukan harga yang tepat untuk mobil, maka kini Anda perlu menetapkan tempat Anda menjual mobil. Tersebut. Di zaman sekarang, memasarkan mobil jadi jauh lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Dengan memanfaatkan marketplace jual mobil berbasis digital, Anda memiliki opsi yang lebih praktis dibanding memasarkannya secara konvensional.

Meski terdengar mudah, Anda tetap harus memilih marketplace untuk dimanfaatkan dengan baik. Pastikan marketplace tersebut dikenal banyak orang, memiliki kredibilitas yang bagus, serta mudah digunakan.

6. Buka Negosiasi

Saat calon pembeli sudah berdatangan, ada baiknya bagi Anda untuk selalu membuka tangan lebar-lebar dan menerima setiap penawaran yang diajukan oleh calon pelanggan. Pasalnya, layaknya kegiatan jual mobil pada umumnya, proses negosiasi pun dapat dilakukan saat menjual mobil bekas yang nilainya dapat mencapai puluhan juta Rupiah.

Menerima penawaran dari calon pembeli adalah hal yang sah-sah saja. Akan tetapi ingat, Anda sudah mempunyai hitungan dari harga yang ditetapkan sebelumnya. Tetaplah berpegangan pada harga tersebut sehingga Anda mendapatkan gambaran dari keuntungan yang diterima apabila Anda setuju dengan negosiasi yang diajukan pembeli.

7. Urus Proses Balik Nama Kendaraan Secepatnya

Terkadang, proses balik nama sering disepelekan saat transaksi jual beli mobil bekas. Padahal, balik nama kendaraan haruslah dilakukan secepatnya. Jika tidak, Anda akan direpotkan di kemudian hari. Pasalnya, pembayaran pajak, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan proses administrasi lainnya masih menggunakan nama Anda.

Menjual mobil bekas memang bukannya perkara susah. Tapi dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan mengenai harga pasaran serta dokumen kendaraan yang menyertai untuk membuat proses penjualan menjadi lebih mudah.

>>> Chobrod Dan Unseencar Bersatu Untuk Jadi Situs Jual Beli Mobil Teratas Di Thailand

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top