Harga Toyota Agya vs Suzuki S-Presso Setara, Mana yang Lebih Unggul?

24/08/2022

Jual beli

4 menit

Share this post:
Harga Toyota Agya vs Suzuki S-Presso Setara, Mana yang Lebih Unggul?
Perbandingan harga Toyota Agya vs Suzuki S-Presso saat ini tak berbeda jauh. Dari dua model 150 juta rupiah tersebut, berikut beda fitur dan spesifikasinya.

Suzuki S-Presso yang baru saja diperkenalkan di Indonesia menyasar segmen city car berukuran kompak yang salah satunya dihuni oleh Toyota Agya. Dengan harga Toyota Agya dan S-Presso tak begitu jauh berbeda, berikut komparasi dari hatchback mungil perkotaan yang dibanderol Rp 150 jutaan ini.

Dimensi

Tampilan dan desain itu preferensi setiap orang. Karena itu kami akan membandingkan dimensi Toyota Agya dengan S-Presso. Dimana Agya memiliki dimensi 3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm, sedangkan S-Presso dibuat lebih kompak dengan dimensi 3.565 mm x 1.520 mm x 1.565 mm.

mobil baru Suzuki S-Presso 2022 di Indonesia
Tampilan luar Suzuki S-Presso

Bahkan untuk jarak sumbu roda atau wheelbase, S-Presso lebih pendek dengan catatan 2.380 mm, dibandingkan dengan wheelbase 2.450 mm milik Agya. Sehingga tak mengherankan nantinya ruang kaki Agya sedikit lebih lega dibandingkan S-Presso.

mobil baru Toyota Agya GR Sport di Indonesia
Desain Toyota Agya

Walaupun kedua mobil ini memiliki desain yang cukup berbeda, dimana Agya menawarkan kesan stylish dan S-Presso membawa gaya maskulin, tapi sama-sama memiliki ground clearance 180 mm. Sehingga tetap baik untuk dibawa ke jalanan yang bergelombang.

>>> Review Suzuki S-PRESSO 2022: City Car Bergaya SUV Untuk Anak Muda

Interior

Untuk sebuah mobil dengan harga Rp150 jutaan, keduanya memang masih mengandalkan material plastik keras di sekeliling kabin. Tapi keduanya sama-sama mengandalkan kepraktisan melalui ruang penyimpanan serta beberapa fitur pendukung.

dashboard mobil baru Toyota Agya 2022 Indonesia
Dashboard Toyota Agya

Interior Toyota Agya masih terasa ‘standar’ layaknya model Toyota lainnya. Yang terbaru bagi Agya tentu saja logo GR Sport yang memberikan kesan sporty dan bisa ditemukan pada varian tertinggi, pengaturan dashboard bisa dibilang cukup minimalis. Keunggulan Agya adalah ruang bagasi yang mampu menampung koper berukuran sedang.

dashboard Suzuki S-Presso 2022 di Indonesia
Dashboard Suzuki S-Presso

Untuk S-Presso, tampilannya terasa unik layaknya model terdahulu Suzuki dengan aksen lingkaran pada dashboard. AC masih berupa knop putar, dan ada meter kluster yang berada di bagian atas head unit sebagai pembeda mobil ini. Dan meski berdimensi kompak, ruang kaki masih terasa lega untuk penumpang dengan tinggi badan rata-rata penduduk Indonesia.

>>> Spesifikasi & Harga Toyota Agya Facelift, Kaya Fitur dan Lebih Sporty

Fitur

Head unit layar sentuh berukuran 6,8 inci merupakan inti dari keseluruhan sistem infotainment S-Presso. Selain setir dengan tombol multifungsi, di bagian depan sudah dilengkapi cup holder dan bottle holder. Sementara konsol depan disematkan soket pengisian 12V.

fitur Suzuki S-Presso 2022 di Indonesia
Fitur Suzuki S-Presso memang tertinggal dibandingkan Agya

Untuk urusan keamanan, mobil ini sudah dilengkapi Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS dan sensor parkir belakang. Rangka Heartect pun disebut mampu menghadirkan bodi yang lebih kokoh untuk menjaga penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Namun yang membedakan fitur kedua mobil ini adalah Agya sudah dilengkapi dengan AC Digital untuk tipe GR Sport guna mempermudah pengemudi mengatur suhu di dalam kabin. Tombol multifungsi pada setir juga bisa ditemukan, termasuk tombol start/stop pada dashboard.

fitur Toyota Agya 2022 terbaru Indonesia
Harga Toyota Agya yang terjangkau meminimalisir fitur di dalamnya

Dengan banderol yang hampir sama, tentunya sistem keselamatan kedua mobil ini pun tak jauh berbeda. Termasuk airbag SRS dan sistem pengereman ABS. Namun khusus untuk Agya sudah mendapatkan sistem pengereman Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

>>> Bahas Tipis Suzuki S-Presso: Mini SUV Untuk Anak Muda

Mesin

Agya sebelumnya pernah menggunakan mesin 1.0 liter yang lebih rendah, namun saat ini hanya ada mesin berkapasitas 1.2 liter yang digunakan. Mengalirkan tenaga ke roda depan, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 PS pada putara 6.000 rpm, serta torsi puncak 108 Nm pada putaran 4.200 rpm.

mesin Toyota Agya 2022 terbaru di Indonesia
Mesin Toyota Agya

Bisa dibilang tenaga yang dikeluarkan sudah cukup baik bagi sebuah mobil yang khusus dibuat untuk jalanan perkotaan. Apalagi Agya juga memiliki konsumsi BBM yang cukup irit karena bobotnya yang ringan dan mesin yang sudah mendapatkan sistem injeksi serta teknologi Dual VVT-i.

Sementara untuk S-Presso saat ini masih menggunakan mesin 1.0 liter berkapasitas 3-silinder yang jauh lebih kecil. Sama-sama menggunakan sistem injeksi, tapi kapasitas 3-silinder membuat mobil ini bisa menawarkan konsumsi BBM yang lebih irit dibandingkan Agya.

mesin Suzuki S-presso baru di Indonesia
Mesin Suzuki S-Presso

Tapi sayangnya keluaran tenaganya cukup tertinggi. Dimana S-Presso hanya mampu mengeluarkan tenaga maksimal 68 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 90 Nm pada 3.500 rpm. Meski dengan tampilan layaknya SUV yang sangar, tenaganya hanya cukup untuk membawanya berkeliling kota dengan nyaman.

>>> Review Toyota Agya GR Sport: Nuansa Gazoo Racing di Mobil Rp 150 Jutaan

Tipe dan harga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Agya ditawarkan dalam dua pilihan tipe, yaitu tipe G dan GR Sport. Sementara S-Presso saat ini hanya membawa satu pilihan tipe dengan dua pilihan transmisi. Berikut perbandingan harga Toyota Agya dan Suzuki S-Presso.

Tipe Toyota Agya

Harga

Tipe Suzuki S-Presso

Harga

Toyota Agya 1.2 G M/T

Rp158.500.000

Suzuki S-Presso MT

Rp155.000.000

Toyota Agya 1.2 G A/T

Rp172.000.000

Suzuki S-Presso AT

Rp164.000.000

Toyota Agya 1.2 GR Sport M/T

Rp164.350.000

 

 

Toyota Agya 1.2 G A/T

Rp180.150.000

 

 

Yang membuat perbedaan harga Toyota Agya vs Suzuki S-Presso tak berbeda jauh meski keduanya memiliki fitur yang cukup berbeda dikarenakan Agya sudah diproduksi di Indonesia. Bahkan kandungan lokal Agya sudah mencapai 88 persen, dibandingkan dengan S-Presso yang dibawa langsung dari Thailand.

Kesimpulan

Memang S-Presso masih belum bisa menyaingi Agya dalam segi fitur maupun spesifikasi, tapi kehadirannya memberikan alternatif baru di segmen city car Tanah Air dengan desainnya yang lebih maskulin. Tak menutup kemungkinan Suzuki akan memproduksi S-Presso di Indonesia sehingga membuatnya bisa mengalahkan harga Toyota Agya dengan fitur yang lebih tinggi.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top