Jangan Lupa Ganti Komponen Ini Sebelum Jual Mobil

21/10/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Jangan Lupa Ganti Komponen Ini Sebelum Jual Mobil
Anda ada yang berencana untuk menjual mobil? Ada baiknya untuk ganti sejumlah komponen sebelum jual mobil agar harganya bisa lebih tinggi dari pasaran.

Setiap membeli mobil, pastinya Anda ingin mendapatkan yang terbaik bukan? Baik itu mobil baru ataupun bekas, Anda sudah tentu berkeinginan untuk mendapatkan yang kondisinya masih mulus dari sisi eksterior, interior, dan juga seluruh komponennya berfungsi secara normal. 

Mobil yang kondisinya masih mulus pastinya memiliki nilai tambah di mata calon pembelinya. Makin bagus kondisinya, maka bisa jadi Anda menjualnya dengan harga lebih tinggi dari pasaran. Calon pembeli juga tak merasa tertipu karena uang yang dibayarkan senilai dengan kondisi mobil. 

Bila Anda berniat menjual ke dealer-dealer mobil bekas ini patut menjadi perhatian. Kondisinya yang tak mulus bisa membuat mobil Anda ditawar dengan harga rendah. 

Nah, bagi Anda yang berniat menjual mobil hal ini patut menjadi pertimbangan tersendiri. Setidaknya, Anda harus memperbaiki tampilan mobil dan memastikan semua komponen bisa beroperasi demi meningkatkan nilai jual mobil. Bisa dengan membawanya ke bengkel, namun bila budgetnya terbatas ada komponen yang bisa diganti sendiri di rumah. 

Berikut komponen yang bisa diganti sendiri di rumah sebelum Anda menjual mobil dikutip dari Car From Japan, Rabu (21/10/2020). 

>>> Tips Mempertahankan Nilai Jual Kembali Mobil Anda

1. Lampu Depan dan Lampu Kabut

Pastikan kondisi seluruh lampu masih menyala baik itu di dalam dan di luar mobil. Ganti semua lampu yang sudah tak berfungsi. Lampu merupakan komponen pada mobil yang mudah dicari di toko suku cadang. 

lampu mobil kinclong

Tampilan lampu depan yang mengkilap bisa menjadi nilai tambah

Penggantian lampu pun terbilang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Semisal lampu kabut yang gampang diganti tanpa harus dibawa ke bengkel. Lampu yang terang membuat tampilan mobil lebih segar. 

Setelah ganti lampunya, jangan lupa untuk membersihkan penutupnya agar tampilannya tambah kinclong. Anda dapat menggunakan pasta gigi dan memolesnya untuk membuat lensanya mengkilap. Kemudian setelahnya bisa membilas dengan air. 

>>> Cara Jual Beli Mobil Bekas yang Berkualitas Buat Pemula

2. Wiper

Selain membersihkan lampu dan ganti komponen sebelum jual mobil, Anda bisa mengecek kondisi wiper. Terlihat sepele memang, namun wiper mempunyai peran besar ketika hujan turun. Saat hujan turun kondisi wiper yang baik dapat membantu visibilitas pengendara. 

wiper mobil

Wiper bisa diganti sendiri

Wiper bisa Anda ganti sendiri di rumah tanpa perlu repot meminta bantuan teknisi ke bengkel. 

>>> Ini Tips Agar Nilai Jual Mobil Anda Tetap Tinggi, Bagaimana Caranya?

3. Ganti Oli

Setelah membersihkan lampu dan mengecek wiper, ganti komponen sebelum jual mobil bisa Anda lakukan pada oli. Mulai dari oli mesin, oli transmisi, dan cairan lainnya harus diperhatikan kondisinya. Kalau kurang bisa ditambah, namun jika sudah waktunya maka harus segera diganti. 

ganti oli mobil

Jangan lupa ganti oli dan cairan lainnya sebelum jual mobil

Perihal ganti oli, Anda sebaiknya mengikuti anjuran pabrikan untuk melakukan servis secara rutin. Panduannya ada di buku manual. Ini juga akan membantu membuat mobil tetap dalam kondisi prima dan mencegah kerusakan yang tak diinginkan. Terlebih lagi, merawat mobil secara rutin juga bisa menjaga harga jualnya nanti. 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top