Ekspansi Mobil Hybrid di Indonesia, Ini Dia Keunggulan dan Harganya

24/02/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Ekspansi Mobil Hybrid di Indonesia, Ini Dia Keunggulan dan Harganya
Dibandingkan mobil listrik yang membutuhkan perawatan lebih, ada berbagai kelebihan dan kekurangan mobil hybrid di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan.

Memasuki era elektrifikasi, ada banyak mobil baru yang tak hanya menggunakan mesin bensin maupun diesel konvensional, salah satunya adalah mobil hybrid. Menggunakan tambahan motor listrik sebagai tenaga bantuan untuk melaju, ada banyak kelebihan lainnya yang membuat mobil ini semakin menarik untuk dimiliki.

Mengenal mobil hybrid di Indonesia

Secara sederhana, mobil hybrid adalah mobil yang menggabungkan setidaknya satu motor listrik dengan mesin bensin untuk menggerakkan mobil. Sistem pada mobil mendapatkan kembali energi melalui pengereman regeneratif. Terkadang digerakkan oleh mesin bensin, terkadang oleh motor listrik. Hal ini membuat lebih sedikit bahan bakar yang diperlukan, sehingga membuat mobil lebih hemat bahan bakar.

teknologi mobil hybrid dengan berbagai komponennya
Berbagai sistem yang terdapat pada teknologi hybrid

Tenaga listrik yang digunakan untuk menggerakkan mobil berasal dari paket baterai bertegangan tinggi, terpisah dari baterai 12 volt konvensional yang digunakan pada kendaraan. Baterai bisa diisi ulang dengan menyerap energi pengereman yang biasanya hilang karena panas yang dihasilkan oleh rem pada mobil.

Dengan sistem yang lebih canggih, mobil berteknologi plug-in hybrid vehicle (PHEV) lebih banyak menggunakan motor listrik. Alih-alih menggunakan motor listrik dan mesin secara bersamaan, model jenis ini menggunakan mesin sebagai tenaga cadangan. Jadi mobil akan melaju menggunakan motor listrik terlebih dahulu. Jika daya baterai habis, maka mobil baru akan mendapatkan tenaga dari mesin pembakaran internal.

>>> Cintamobil TV : Komparasi Mazda CX-30 vs Toyota C-HR Hybrid

Kelebihan dan kekurangan mobil hybrid

Pabrikan berlomba-lomba untuk memproduksi mobil dengan emisi yang lebih rendah, meningkatkan efisiensi bahan bakar, serta menambah teknologi dan fitur yang ditawarkan pada sistem kendaraan. Hal ini terlihat dari berbagai kelebihan kelebihan mobil hybrid yang bisa Anda dapatkan yaitu,

  • Ramah lingkungan: dengan gabungan mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik, mobil tak lagi bergantung pada bahan bakar fosil dan menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah dibandingkan mobil konvensional.
  • Sistem pengereman regeneratif: energi dari pengereman dialihkan untuk mengisi ulang baterai. Sistem ini memungkinkan Anda mendapatkan energi tambahan selain mengisi ulang baterai.
  • Nilai jual kembali masih tinggi: dengan popularitas yang semakin meningkat, harga jual kembali mobil bekas berteknologi hybrid bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan rata-rata.
  • Tak terlalu membutuhkan stasiun pengisian: dibandingkan mobil listrik, teknologi hybrid tak terlalu bergantung pada stasiun pengisian listrik. Ketika daya baterai mobil habis, Anda masih bisa berkendara menggunakan mesin konvensional.
  • Teknologi tinggi: mengingat mobil bertenaga hybrid sebagian besar baru dikembangkan, salah satu keunggulan mobil jenis ini tentu saja teknologi baru yang disematkan ke dalam mobil.

pengisi daya mobil hybrid di stasiun pengisian
Emisi yang lebih sedikit menjadi salah satu keunggulan mobil ini

>>> Potret Industri Otomotif Indonesia Sepanjang 2020 Oleh Cintamobil

Dengan pengembangan yang masih berlangsung, tentu saja masih ada beberapa kekurangan mobil hybrid yang perlu Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah,

  • Harga lebih tinggi: harga mobil hybrid relatif lebih mahal dibandingkan mobil bertenaga bensin biasa. Apalagi teknologi dan sistem di dalam mobil membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi.
  • Tak menerima keringanan pajak: jika mobil listrik mendapatkan keringanan pajak, sayangnya mobil ini tak mendapatkan keringanan dari pemerintah Indonesia. Inilah salah satu alasan harganya tak begitu terjangkau.
  • Performa tak begitu garang: mengingat pabrikan fokus menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, berimbas pada performa yang tak bisa disandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional.
  • Baterai bertegangan tinggi: meski pabrikan menyebutkan baterai yang ditanamkan aman dalam berbagai kondisi kecelakaan, tak menutup kemungkinan adanya tegangan tinggi yang meningkatkan risiko penumpang tersengat listrik ketika terjadi kecelakaan parah pada mobil.

beberapa jenis mobil di parkiran
Masalah harga masih menjadi kekurangan tersendiri

>>> 13 Mobil Listrik dan Hybrid di Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli

Harga mobil hybrid

Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, mobil hybrid tak bisa dipungkiri menjadi tambahan yang sangat menarik di industri otomotif Tanah Air. Jika mobil listrik masih terbatas dalam hal kepraktisan di jalanan, mengingat infrastruktur yang belum memadai, mobil hybrid bisa menjadi alternatif kendaraan ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar yang sangat menawan.

Anda sudah bisa mendapatkan berbagai model mobil hybrid di Indonesia dengan harga yang masih lebih terjangkau dibandingkan mobil listrik. Berikut beberapa model hybrid beserta harga yang ditawarkan saat ini,

  • BMW i8: dibanderol mulai dari Rp 3,6 miliar
  • Mercedes-Benz GLE 450 4MATIC AMG: dibanderol mulai dari Rp 1,79 miliar
  • Mitsubishi Outlander PHEV: dibanderol mulai dari Rp 1,3 miliar
  • Toyota Camry Hybrid: dibanderol mulai dari Rp 835 jutaan
  • Toyota C-HR Hybrid: dibanderol mulai dari Rp 544 jutaan
  • Toyota Corolla Cross Hybrid: dibanderol mulai dari Rp 497 jutaan

mobil baru roadster BMW i8 berwarna hitam
BMW i8 merupakan roadster yang bekerja dengan teknologi hybrid

Selain model di atas, ada beberapa pilihan lainnya yang siap menjajal pasar otomotif Indonesia. Salah satunya adalah DFSK Gelora E. Sebenarnya DFSK sudah merilis versi bertenaga bensin dari model minibus dan blind van pertengahan tahun lalu. Hanya saja versi listrik mengalami penundaan akibat pandemi COVID-19 yang awalnya diprediksikan meluncur pada gelaran GIIAS 2020.

Semakin populernya kendaraan ramah lingkungan, serta keinginan pemerintah Indonesia untuk menggalakkan mobil rendah emisi, popularitas mobil hybrid pun bisa dibilang semakin bertambah. Apalagi sudah ada rencana mengenai keringanan pajak bagi kendaraan berdasarkan emisi yang dikeluarkan dalam skema baru Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bisa menjadi batu loncatan pabrikan membawa lebih banyak mobil hybrid ke Indonesia.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Tips Mengemudi Mobil Hybrid Agar Lebih Irit BBM

05/01/2021

Pengemudian

3 menit

Sejak lahir mobil hybrid memang punya potensi untuk lebih irit BBM dibandingkan dengan mobil konvensional, namun kami menemukan cara lain agar lebih irit lagi

Lihat juga

Mobil Hybrid Toyota Mulai Diproduksi di Indonesia Tahun 2022

23/11/2020

Pasar mobil

3 menit

Sejalan dengan percepatan pengadaan kendaraan listrik di Indonesia dari pemerintah, mobil hybrid Toyota juga bakal diproduksi secara lokal mulai tahun 2022.

Lihat juga

13 Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Indonesia yang Sudah Bisa Dibeli

08/10/2020

Jual beli

8 menit

Ada banyak mobil hybrid dan mobil listrik Indonesia yang sudah bisa Anda beli untuk digunakan sehari-hari. Bahkan ada keringanan pajak serta proses pembelian ketika ingin memiliki mobil-mobil tersebut.

Lihat juga

Ferrari Tak Hadirkan Mobil Hybrid Berbasis Portofino dan Roma

20/08/2020

Mobil baru

4 menit

Meski sedang gencar menggarap elektrifikasi, Ferrari tidak akan menyisipkan teknologi hybrid ke mobil entry level Portofino dan Roma karena layout tidak cocok dengan powertrain hybrid.

Lihat juga

Mau Simpan Mobil Hybrid Dan Elektrik? Jangan Isi Baterai Sampai Penuh

16/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berbeda dengan mobil dengan powertrain motor bakar konvensional, untuk simpan mobil hybrid dan elektrik ternyata Anda tidak boleh isi baterai sampai penuh...

Lihat juga
 
back to top