Dibawa Pulang Saat Mudik Lebaran, Lebih Baik Beli Motor Baru atau Beli Mobil Bekas

14/05/2019
Mudik Lebaran menjadi “ritual” rutin masyarakat Indonesia saat lebaran. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, seperti menyambung tali silaturahmi, meminta maaf kepada orangtua (kalau masih ada), dan ajang kumpul untuk bertukar cerita sukses selama di perantauan. Nah, ketika Anda memutuskan mudik dengan kendaraan pribadi, manakah yang sebaiknya digunakan motor baru atau mobil bekas? Berikut plus-minusnya!

Sebagian orang memilih menggunakan angkutan umum untuk perjalanan mudik Lebaran mereka seperti bus umum, pesawat terbang, dan kereta api. Sebagian lagi lebih suka naik kendaraan pribadi karena lebih nyaman, terlebih bila mudiknya bersama keluarga dan barang bawaan lumayan banyak. Yang tidak punya mobil, ada yang menyewa di rental-rental yang banyak tersedia di kota-kota besar. Memang bukan mobil pribadi, namun mobil rental bisa memberikan kenyamanan seperti halnya membawa mobil pribadi.

Foto kemeriahan pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman

Mudik jadi momen yang sangat dinanti para perantau

Ada juga yang memilih mudik menggunakan sepeda motor. Meski sangat tidak dianjurkan, nyatanya banyak yang memilih mudik dengan cara ini dan jumlahnya terus meningkat tiap tahun. Bahkan ada yang dibela-belain membeli sepeda motor baru untuk dibawa mudik ke kampung halaman.

Kalau Anda yang memiliki budget mencukupi untuk membeli sepeda motor kelas menengah, kira-kira apa yang akan Anda pilih, sepeda motor baru atau DP mobil bekas? Yuk, dibahas dulu!

Motor, Moda Transportasi Paling Berbahaya Sedunia

Anda ingin mudik menggunakan motor? Pada dasarnya, mudik memakai kendaraan beroda dua sangatlah tidak dianjurkan. Kenapa? Sebab, motor merupakan moda transportasi paling berbahaya sedunia. Istilah paling berbahaya disini merujuk pada risiko kecelakaan dan keamanannya. Lebih-lebih, jalanan itu digunakan oleh orang-orang beragam karakter yang bisa saja saling “libas” tanpa memperdulikan keberadaan pengemudi lain.

Menurut informasi yang kami dapat, motor dengan kapasitas mesin rendah (125-150cc) tidak dirancang untuk menempuh jarak jauh. Sehingga mudik menggunakan motor itu, selain sangat berbahaya, juga bisa berpotensi merusak motor itu sendiri. Kecuali, Anda menggunakan motor baru dengan kapasitas mesin tinggi, minimal 500 c ke atas.

>>> Pilih Membeli Mobil Bekas Milik Perorangan atau dari Diler?

Foto pemudik naik motor bersama keluarganya

Sepeda motor dengan kapasitas mesin rendah tidak dirancang untuk menempuh jarak jauh

Sebelum membuat keputusan, ada baiknya Anda mempertimbangkan dua alternatif lain, yaitu menggunakan jasa transportasi umum seperti bis, kereta, travel, hingga pesawat terbang atau Anda membeli mobil bekas saja dengan harga yang lebih terjangkau.

Memakai Jasa Transportasi Umum

Anda bisa memilih jasa transportasi umum yang biasa digunakan orang Indonesia kala mudik. Jasa moda transportasi umum itu antara lain: bis, kereta, travel, dan pesawat. Semua moda transportasi tersebut memiliki karakteristik masing-masing.

1. Bis dan travel

Mudik menggunakan moda transportasi darat satu ini memang mengasyikkan. Jika Anda mudik di waktu siang, maka Anda bisa menikmati pemandangan yang ada. Yah, meskipun jalan yang Anda lalui adalah jalanan di daerah-daerah tempat tujuan mudik Anda. Namun, bis ataupun travel akan terganjal permasalahan yang sama saat mudik yaitu macet. Ongkos perjalanan menggunakan bis / travel jauh lebih murah ketimbang kereta atau pesawat terbang.

>>> Dapatkan tips jual beli terbaru dan terlengkap hanya di sini

2. Kereta

Mudik Lebaran dengan moda transportasi satu ini termasuk yang paling nyaman. Lebih-lebih saat ini pihak PJKAI telah membangun sistem pelayanan yang baik, seperti tiket yang bisa dipesan dimana-mana dan waktu keberangkatan-kedatangan yang tepat. Pelayanan prima yang dimiliki PJKAI membuat harga tiket tidak murah lagi. Untuk membeli tiket, Anda harus merogoh kocek yang hampir setara dengan tiket pesawat terbang – tentu saja, tergantung kelasnya.

Foto kesibukan di salah satu stasiun kereta api

Hampir semua moda transportasi menjadi padat manakala musim mudik tiba

3. Pesawat terbang

Moda transportasi ini memang cepat, meskipun beberapa orang takut menaikinya dengan sejumlah alasan. Untuk penerbangan lokal, Anda hanya menempuh waktu beberapa jam saja untuk tiba di bandara tujuan. Bandingkan dengan transportasi darat lainnya, macam mobil / kereta. Tentu pelayanan cepat pesawat terbang setara dengan harga tiketnya yang juga lumayan mahal untuk satu kali keberangkatan.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga bersaing di sini

Alternatif Lain: Beli Mobil Bekas

Well, kelebihan menggunakan moda transportasi umum adalah Anda tidak perlu memikirkan cara mengendarainya. Anda tinggal duduk manis dan sopir / masinis / pilot berpengalaman siap membawa Anda ke kota tujuan.

Namun, ada yang berbeda ketika Anda tidak membawa kendaraan pribadi ke kampung halaman, yaitu Anda kesulitan untuk membawa diri kemana-mana selama berada di kampung halaman. Misalnya, membawa keluarga Anda ke tempat liburan yang ada di kampung halaman, mengunjungi keluarga saudara yang jauh tempatnya dari tempat Anda menginap, dan lain-lain.

Lalu bagaimana solusinya? Jika memiliki kelebihan dana, tidak ada salahnya Anda membeli mobil bekas. Namun jangan sembarangan membeli mobil bekas. Anda harus memahami mobil bekas yang sesungguhnya, mulai dari mesin, rangka, fitur, dan lain-lain. Jangan sampai Anda membeli mobil bekas, tapi perawatan lebih mahal dari pada mobil baru.

 

Foto Mobil Bekas di diler mobil bekas resmi Suzuki Auto Value

Membeli mobil bekas berkualitas bisa jadi alternatif yang menguntungkan

Kesimpulan

Ketika musim mudik tiba, Anda sebaiknya bijak dalam memilih moda transportasi yang akan mengantarkan Anda ke kampung halaman dengan selamat. Anda boleh menggunakan motor dengan kapasitas mesin rendah untuk menempuh jarak yang tidak jauh. Namun, jika Anda memaksa ingin menggunakan motor ke kampung, maka gunakanlah motor dengan kapasitas mesin tinggi.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan transportasi umum (bis / travel / kereta / pesawat terbang) untuk mudik Lebaran kali ini. Atau jika Anda memiliki dana lebih tidak ada salahnya berinvestasi membeli mobil bekas, yang cocok untuk digunakan saat mudik maupun digunakan sehari-hari.

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain