Cocok Untuk Mobil Perkotaan, Ini Cara Memilih Honda Brio Bekas

20/12/2018
Salah satu yang menjadi keunggulan Honda Brio adalah efisiensinya, terlebih dengan kemacetan yang menjadi momok terbesar pengguna jalanan di kota besar. Tetapi ketika membeli Honda Brio bekas, perhatikan beberapa tips yang diberikan oleh Cintamobil.com.

Honda Brio merupakan salah satu pilihan tepat bagi Anda yang berada di daerah perkotaan. Maka dari itu, Anda bisa menemukan mobil ini dengan mudah di kota-kota besar. Efisiensinya di jalanan membuat semakin banyak pengguna mobil yang beralih membeli Honda Brio, baik mobil baru maupun mobil bekas. Namun untuk membeli Honda Brio bekas, ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan, yaitu,

1. Perhatikan penyok pada bagian bawah mobil

Gambar bagian bawah Honda Brio 2013

Lihat bagian bawah mobil Brio bekas ketika memeriksa

Sebagai city car, Honda Brio memiliki ground clearance yang cukup rendah. Hal ini membuat Brio sangat rentan mendapatkan penyok atau goresan pada bagian bawah mobil. Selain itu, perhatikan juga kolong ban Brio yang tidak mendapatkan perlindungan dari air dan cipratan di jalan. Untuk mobil, cipratan air yang tidak segera dibersihkan akan menghasilkan karat dan membuatnya keropos lebih cepat.

>>> Pertolongan Pertama Pencegah Karat pada Mobil: Mengenal Karat

2. Perhatikan garis bodi belakang

Gambar bodi belakang Honda Brio 2013

Lihat perubahan pada garis bodi belakang

Untuk mobil yang mungil, tidak sepenuhnya membuat Brio lepas dari goresan dan tabrakan pada bagian belakangnya. Karena itu, selagi Anda memperhatikan tampilan luar mobil, Anda bisa memperhatikan garis bodi belakang. Pastikan tidak ada baret atau malah bekas cat yang berbeda yang mengindikasikan bahwa bagian belakang sudah pernah dibawa ke bengkel sebelumnya.

>>> Agar Tidak Tertipu, Simak Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi CVT

3. Keretakan pada kaca belakang

Gambar pintu belakang Brio

Bagian belakang Honda Brio memiliki pintu yang sebagian terbuat dari kaca

Karena bagian belakang mobil, atau pintu bagasi, sebagian besar terbuat dari kaca, perhatikan untuk retak yang terjadi di bagian samping pintu belakang. Jika mobil seringkali mendapatkan sinar matahari dan dibawa berpanas-panasan tanpa adanya perlindungan tambahan, maka bisa dipastikan kaca belakang tidak begitu bagus.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Cek kondisi tidak terlihat

Setelah melihat eksterior dan interior dalam, perhatikan kondisi yang tidak terlihat: mulai dari kondisi mesin, pengendaraan hingga detail-detail terkecil mobil tersebut. Jika diperlukan, Anda bisa menanyakan cek berkala yang dilakukan oleh pemilik lama. Pasalnya, mobil bekas yang tidak mendapatkan perawatan akan lebih mudah terkena ‘penyakit’. Bahkan, tak ada yang bisa menjamin ‘kesehatan’ mobil Anda tetap terjaga setelah perpindahan tangan.

Gambar mesin Honda Brio 2013

Perhatikan mesin dan perawatan kendaraan

5. Coba mobil dengan uji jalan

Salah satu cara terbaik untuk membeli mobil bekas adalah mencoba berkendara untuk memastikan semua komponen berjalan dengan baik. Untuk mencoba mobil Brio, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Ketika membawa mobil ini berjalan, perhatikan bagaimana keadaan kaki-kaki kendaraan, apakah sudah longgar atau suspense masih kaku dan berfungsi dengan baik. Perhatikan juga apakah ada suara mengetuk yang mengindikasikan kaki-kaki yang sudah tidak sehat selama pemakaian.

>>> Tips jual beli lebih lengkap hanya ada di sini

6. Perhatikan kondisi transmisi

Ada perbedaan ketika Anda mengetes transmisi mobil. Jika Anda ingin memilih Brio dengan transmisi otomatis, coba tekan pedal gas sedalam-dalamnya dan masuk ke posisi Drive. Setelah itu, cobalah untuk menekan gas dengan penuh. Jika mobil yang Anda kemudikan menyentuh 3.000 rpm, bisa dipastikan transmisinya tidak begitu baik.

Gambar transmisi Honda Brio

Coba dan rasakan perpindahan transmisi selama berkendara

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli Honda Brio bekas dengan transmisi manual, Anda bisa memberikan gaya yang diberikan oleh transmisi ketika digunakan. Perhatikan apakah ada loss atau slip dari transmisi manual. Untuk lebih detail, pastikan respons dari transmisi manual terhadap perubahan giginya.

Atau Anda juga bisa melihat video dari Cintamobil.com berikut ini.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1