CintamobilTV: Beli Mobil Bekas Taksi Bisa Bikin Anda Rugi?

15/08/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Mobil bekas menjadi alternatif sebagian orang. Nah, salah satu alternatif mobil bekas yang bisa Anda pertimbangkan adalah mobil bekas taksi.

Mobil bekas menjadi alternatif sebagian orang. Nah, salah satu alternatif mobil bekas yang bisa Anda pertimbangkan adalah mobil bekas taksi. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, mobil taksi seperti Etios Liva dan Mercedes-Benz E200 ditawarkan oleh armada taksi.

Beberapa waktu lalu sempat viral mobil ex taksi yang bisa dibeli seharga motor, bahkan untuk mobil bekas taksi premium juga harganya cukup menggiurkan. Kali ini tim Cintamobil TV akan menginfokan seperti apa kondisi mobil taksi sekaligus menginfokan bagaimana untuk biaya kepemilikan dan kelebihan serta kekurangannya. Simak selengkapnya!

Toyota Etios Liva

Dengan harga beli Rp 35 juta, Anda sudah bisa mendapatkan Toyota Etios Liva bekas taksi. Pemilik merupakan teman dari salah satu tim Cintamobil TV yang mendapatkan mobil ini dengan mendatangi langsung pool Express. Ada salah satu calo menawarkan unit low KM, yakni 30.000 KM dengan harga yang terbilang murah kala itu.  

Toyota Etios Liva

Toyota Etios Liva digunakan oleh Eagle Express

Toyota Etios Liva merupakan mobil yang sempat digunakan oleh Eagle Express anak perusahaan Express Group yang bangkrut. Karena itu ada banyak mobil yang nggak terpakai dan dijual murah oleh Express Group.

Jika dibandingkan dengan Vios Limo, mobil Etios Liva memang kurang disukai oleh orang saat mencari taksi sebagai transportasi umum. Begitu juga bagi supir taksi yang lebih memiliki Vios Limo karena lebih cepat untuk mengejar setoran.

>>> Review Toyota Vios GR-S 2021: Lebih Dari Sekadar Jubah Sporty

mobil bekas taksi

Kondisi pertama saat membeli mobil taksi

Namun, membeli mobil taksi tak selalu mendapatkan mobil dengan eksterior yang bagus. Biasanya kondisi pertama kali beli bahan taksi yang dijemur dengan cat butek dan sticker taksi. Sehingga pemilik harus mengecat ulang dan memasang kaca film. Sesuai dengan harganya, membeli mobil bekas taksi yang standard berarti fiturnya pun minim, seperti tak ada speaker dan power window.

Kelebihan lainnya, mobil Toyota Etios Liva yang digunakan untuk transportasi taksi ini memiliki mesin yang berbeda dengan Etios yang di Indonesia. Toyota Etios yang digunakan untuk taksi memiliki spek dari India. Sehingga dari eksterior, interior, hingga fiturnya berbeda.

Mobil memiliki mesin 1.500 cc dengan kode yang sama dengan Toyota Sienta non VVTi, AC dengan pengaturan lengkap bahkan terdapat heater dan chiller.

Dashboard Toyota Etios

Toyota Etios yang digunakan untuk taksi memiliki spek dari India

Memang membeli mobil bekas taksi juga perlu budget tambahan untuk modifikasi. Pemilik mobil mengeluarkan biaya hingga Rp 25 juta untuk mengecat ulang, mengganti kaki-kaki mobil semuanya, mulai dari tie rod, ball joint, driveshaft diganti sehingga mengeluarkan total Rp 60 jutaan.

Jangan lupa ada biaya tambahan untuk mengganti plat. Biaya cabut berkas dari plat kuning ke plat hitam membutuhkan biaya sekitar Rp 10 juta dan untuk pajak tahunan rata-rata membutuhkan biaya sekitar Rp 2,3 juta.

>>> 5 Pilihan Mobil Bekas Mewah dengan Harga Hyundai Staria

Mercedes-Benz E200 Kompressor

Anda pasti tak asing lagi dengan mobil Mercedes-Benz E200 yang digunakan sebagai mobil taksi premium Silver Bird. Blue Bird Group melalui MobilGO menyediakan segala jenis kendaraan bekas berkualitas dan siap membantu Anda memilih kendaraan dengan berbagai merk, model, dan varian dengan harga terjangkau.

Mercedes Benz E200 Kompressor

Mercedes-Benz E200 Kompressor digunakan untuk Silver Bird

Mercedes-Benz E200 Kompressor pertama kali dibeli tahun 2016 dengan kondisi 227 KM dan sampai sekarang sudah mencapai 280 KM dan tak pernah ada masalah. Keuntungan membeli mobil bekas taksi Silver Bird adalah mobil akan dikontrol sebelum aset dijual dan disortir terlebih dahulu apakah mobil layak dijual atau tidak.

Karakter Silver Bird yang premium juga membuat mobil ini benar-benar dirawat. Sehingga dipakai selama 5 tahunan kondisinya juga masih bagus. Jika dilihat dari depan, mobil juga bukan seperti mobil bekas taksi berbeda dengan Toyota Etios yang diciptakan khusus untuk taksi. Sementara Mercedes-Benz E200 dibuat untuk mobil massal yang dijadikan unit taksi.

>>> Prediksi Harga Suzuki S-Presso Jika Masuk Indonesia, di Bawah Rp 100 Juta?

Kekurangan beli mobil bekas taksi

Namun, layaknya membeli mobil bekas, ada kekurangan pada mobil ini, seperti grill yang keropos sehingga diganti aftermarket. Sayangnya Mercedes-Benz E200 saat ini kurang peminatnya karena banyak orang melihat sebagai mobil taksi sehingga banyak yang lebih memilih varian yang lebih mahal. Ditambah lagi mesinnya juga masih kecil, yakn 1.800 cc.

Kekurangan lainnya membeli Mercedes-Benz E200 bekas Silver Bird adalah plat nomor masih plat nomor taksi yang diurus sama Blue Bird sehingga mobil tersebut juga masih atas nama Blue Bird. Namun, sebenarnya Anda juga bisa mengganti balik nama dengan biaya tambahan sekitar Rp 12 juta.

Sistem seperti ini akan menguntungkan jika Anda memiliki beberapa kendaraan sehingga tak akan terkena pajak progresif. Terlebih lagi untuk mengurus pajak juga pemilik hanya tingga datang ke pool Blue Bird tanpa harus datang ke kantor Samsat sehingga proses jadi lebih mudah.

Setir Mercedes-Benz E200 Kompressor

Setir dilapis kulit pada Mercedes-Benz E200 Kompressor

Lalu bagaimana dengan interiornya? Interiornya terbilang masih bagus meskipun ada beberapa part yang hilang atau patah. Namun, selebihnya panel kayu, plafon, dan jok baris kedua masih luar biasa bagus. Meskipun jok driver sudah pernah ditrim dan setir dilapis kulit.

Layaknya khas mobil Eropa yang nyaman, Mercedes-Benz E200 Kompressor memiliki panel soft touch dan kayu asli, head unit dengan Bluetooth, dan transmisi mode sport dan comfort.

Agar mengemudi lebih nyaman, Anda memang perlu memperbaiki beberapa part mobil. Seperti mengganti shockbreaker, kampas rem, merapikan mesin, ganti kompresor yang jika dihitung modal awal beli Rp 125 juta ditambah biaya service sebesar Rp 25 juta.

Tonton video selengkapnya di sini!

Jadi, bagaimana menurut Anda? apakah mobil bekas taksi layak diperhitungkan dalam pasar jual beli mobil bekas? Anda juga bisa menemukan mobil bekas lainnya dengan harga terbaik dan terpercaya di Cintamobil.com.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top