Cintamobil TV: Nissan March Bisa Jadi Pilihan Alternatif Mobil Pertama

03/04/2021

Jual beli

3 menit

Menentukan mobil pertama memang terkadang tak mudah. Ada banyak pilihan dengan menyesuaikan budget yang ada. Salah satu alternatif untuk mobil pertama Anda adalah Nissan March.

Semua orang pastinya mengalami momen pertama kebingungan membeli mobil. Beberapa pertanyaan kerap menghantui kepala Anda. Mulai dari mobil mana yang cocok untuk Anda, fitur apa saja yang benar-benar Anda butuhkan, hingga bingungnya mencari mobil yang sesuai dengan budget yang ada. Apalagi jika Anda beranjak dewasa dan sudah memiliki keluarga, untuk memenuhi mobilisasi harian, Anda tentunya akan beranjak dari roda dua menjadi kendaraan roda empat.

Gambar materi promosi Nissan March

March jadi salah satu produk Nissan kompak yang kami rekomendasikan

Hal yang tak kalah pentingnya, Nissan March ini dijual dengan harga paling terjangkau di kelasnya, cocok untuk Anda yang ingin membeli mobil pertama. Mobil ini dijual dalam kisaran harga Rp 100 jutaan hingga Rp 150 juta. Salah satu pilihan mobil paling menarik untuk keluarga baru atau momen membeli mobil pertama, Nissan March 1.2 AT varian MID bisa menjadi alternatif untuk Anda. Kali ini tim Cintamobil TV akan membahas berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari mobil ini.

Kelebihan Nissan March 1.2 AT

Berbicara tentang kelebihan mobil Nissan March 1.2 MID, dimulai dari dimensinya yang compact. Saat melihat dan mencoba berkendara, Anda akan mudah beradaptasi dengan mobil ini. Mudah parkir dan tentunya akan seru jika dibawa selap-selip di jalanan perkotaan. Begitu pun dari sisi kabin dan bagian bagasi mobil ini memiliki kapasitas yang paling besar di kelasnya, bersaing dengan Mitsubishi Mirage dan Honda Brio.

tampilan samping nissan march

Nissan March menawarkan harga yang terjangkau

Kenyamanan berkendara dari mobil ini tak hanya akomodasinya yang besar di depan dan belakang, untuk mobil ukuran compact seperti ini, bantingan suspensinya empuk dan termasuk salah satu yang paling lengkap di kelasnya. Nissan March 1.2 MID dibekali mesin 1.200 CC 3 Silinder dengan tenaga hanya mencapai 76 PS dan disambungkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan CVT. Konsumsi BBM mobil ini juga baik, yakni 1 liter untuk jarak sekitar 12 km.

>>> Cintamobil TV: 5 Pilihan Mobil Keluarga Bekas Terbaik di Bawah Rp 50 Juta 

Kekurangan Mobil Nissan March 1.2 MID

Nissan March memiliki kekurangan. Salah satunya adalah interior yang terlalu sederhana. Mulai dari desain hingga bahan-bahan yang didominasi oleh plastik keras tanpa ada fabric, baik pada bagian door trim dan dashboard-nya. Selain desainnya yang terlalu sederhana, mobil ini juga minim fitur. Soal getaran mesin saat berkendara memang masih terasa kencang karena menggunakan mesin tiga silinder.

bagian kabin Nissan March

Tampilan kabin Nissan March yang didominasi plastik keras

Tidak hanya tenaga atas yang kurang tapi ketika mengemudikan mobil ini Anda juga tidak dapat menemukan posisi mengemudi yang menyenangkan. Dari pengaturan setirnya saja hanya tersedia pengaturan Tilt tanpa ada Telescopic. Getarannya mesinnya terasa keras ketika kondisi idle, tapi ketika berjalan getarannya agak hilang. Tenaga mobil ini juga terasa kurang di putaran atasnya dan hal ini sangat merugikan Anda ketika harus melewati jalan tol dengan kecepatan konstan yang tinggi atau ingin mendahului mobil di atas kecepatan 100 km/h.

>>> Cintamobil TV: Tips Memasang Fitur Auto-Retract pada Spion Otomatis

Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Nissan March

Dengan kelebihan dan kekurangan yang sudah Cintamobil TV sampaikan, Anda berencana untuk membeli mobil Nissan March? Sebelum membeli baik baru atau bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Pertama, perhatikan bagian bodi. Anda perlu mengecek kondisi fisik, apakah mobil yang akan dibeli sudah banyak lecet atau ada banyak penyok di bagian penting, seperti di bagian pintu belakang dan pintu depan. Cek apakah mobil pernah mengalami kecelakaan berat dengan membuka dan menutup pintu. Cek juga bagian tulang-tulang di ruang mesin, apakah ada yang tak normal atau sudah diperbaiki.
  • Kedua, perhatikan bagian interior. Apakah sudah mendapatkan modifikasi yang terlalu banyak atau masih standard. Jika berencana membeli mobil bekas, ada baiknya Anda mendapatkan kondisi interior yang masih original.
  • Ketiga, jangan tertipu masalah kilometer. Anda bisa menghindari adanya penipuan perputaran KM dengan mengecek bagian setir. Apakah setir masih bertekstur kulit jeruk, atau justru terdapat bocel-bocel dan terlalu mengkilap.
  • Keempat, cek bagian engine mounting. Salah satu checklist yang harus diperhatikan adalah engine mounting, karena mobil ini memiliki getaran yang cukup keras untuk ukuran mobil dengan jumlah silinder ganjil. Jika engine mounting sudah tidak baik, tentunya getarannya akan semakin keras.
  • Kelima, perhatikan extra fan apakah dalam kondisi normal atau tidak. Karena salah satu masalah yang dialami Nissan March adalah bagian extra fan yang tiba-tiba overheat hingga tiba-tiba mati. Cara mengeceknya, Anda bisa menyalakan AC dan cek extra fan-nya.
  • Keenam, cek bagian kaki-kaki karena komponen ini akan mempengaruhi kenyamanan Anda. Periksa apakah terdengar suara mengetuk. Saat Anda mencoba mobil ini berjalan, rasakan apakah suspensi mobil terlalu mengayun saat melewati jalanan yang bergelombang. Jika terlalu mengayun, bisa jadi sokbreker sudah mulai bocor. Jika ada suara yang mengetuk, ada beberapa komponen yang harus diganti, seperti ball joint, tie rod, long arm, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Nissan March 1.2 MID AT

SPESIFIKASI NISSAN MARCH

Model

1.2 Liter

1.5 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.780 mm x 1.665 mm x 1.525 mm

3.780 mm x 1.667 mm x 1.525 mm

Wheelbase

2.440 mm

2.435 mm

Radius Putar Minimum

4,5 m

Ground Clearance

141 mm

147 mm

MESIN

Tipe Mesin

HR12DE 3 Silinder Segaris DOHC VTC

HR15DE

Kapasitas Silinder

1.198 cc

1.498 cc

Daya Maksimum

76 PS / 6.000 Rpm

102 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

10,6 Nm / 4.000 Rpm

10,6 – 10,8 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS)

Ukuran Ban

175/60 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Electronic Concentrated-engine Control System (ECCS)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

41 Liter

Itu dia ulasan tentang Nissan March 1.2 MID AT. Apakah menjadi mobil favorit dan pilihan Anda? 

>>> Temukan informasi jual beli mobil lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top