Cintamobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Matic 2014

16/04/2020

Jual beli
Share this post:
Cintamobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris Matic 2014
Bingung ingin membeli hatchback berkualitas dengan harga yang terjangkau? Simak kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris matic 2014 beserta tips membeli mobil bekasnya.

Toyota Yaris merupakan pesaing tangguh di segmen hatchback yang khusus jalanan perkotaan yang dimanis. Bahkan mobil bekasnya juga sering wara wiri dan bisa dengan mudah Anda temukan. Berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris matic keluaran 2014 beserta beberapa tips untuk membeli mobil bekasnya dari Cintamobil.com.

Spesifikasi Toyota Yaris 2014

Di pasar otomotif Tanah Air, Toyota Yaris matic tipe G ini berhadapan langsung dengan Honda Jazz tipe S. Dari segi basis, sebagian besar komponen yang digunakan oleh Toyota Yaris 2014 masih sama dengan generasi terbaru yang diperkenalkan tahun lalu. Mulai dari dimensi hingga jarak poros roda, serta pilar C yang masih sama.

Pada tahun 2014, Tipe G merupakan tipe menengah dengan TRD Sportivo sebagai tipe tertingginya saat itu. Fasia depan masih polos tanpa lampu DRL. Sedangkan lampu depan dan lampu kabut menggunakan teknologi halogen. Di samping juga Anda belum menemukan side moulding seperti yang ditawarkan pada varian TRD Sportivo.

Toyota Yaris 2014 berwarna perak di jalanan
Toyota Yaris matic 2014 tipe G, varian menengah yang masih menawan

Masuk ke dalam, interiornya memiliki kesan lapang dengan tampilan dashboard yang didominasi dengan warna hitam. Pada kondisi standar, dashboard masih menggunakan material plastik serta jok berlapis fabric. Head unit 2Din dengan layar touchscreen dengan fitur radio, AUX, dan DVD. Walaupun pengaturan AC masih menggunakan kenop putar konvensional.

Tenaganya berasal dari mesin 1.5L 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 109 daya kuda pada putaran 6.000 rpm serta torsi puncak 141 Nm pada 4.200 rpm. Disalurkan melalui transmisi otomatis 4-percepatan yang akan memberikan pengendaraan yang menyenangkan selama berkendara.

>>> Modifikasi Toyota New Yaris TRD dan Modellista, Beda Tema Keren yang Mana?

Kelebihan dan kekurangan

Duduk di baris kedua Toyota Yaris, ruang kaki dan ruang kepala memang tak terlalu lapang. Tapi Anda bisa menyelipkan kaki pada bagian bawah kursi pengemudi sehingga mampu menopang paha dengan cukup baik. Yaris bisa dibilang memberikan kenyamanan yang diperlukan, terlebih bagi Anda yang ingin menempuh perjalanan jauh.

interior Toyota Yaris 2014 berwarna hitam 
Tampilan dalamnya cukup mengesankan, walaupun masih ditutupi material plastik

Dan salah satu keunggulan Yaris matic dibandingkan pesaingnya adalah konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih irit. Dalam pengetesan dari tim Cintamobil TV, Yaris 2014 yang masih menggunakan mesin 1NZ-FE mampu memberikan konsumsi bahan bakar dalam kota sebesar 12 km/l dan di jalan tol sebesar 17 km/l. Meskipun mesin baru yang digunakan pada Yaris 2019 lebih efisien, yaitu 13,9 km/l (dalam kota) dan 18,7 km/l (tol).

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas Toyota Yaris E 2013? Cek Dulu Beberapa Hal Ini

Untuk kenyamanan, bantingan Yaris matic sedikit lebih empuk dengan road noise yang tidak terlalu terasa. Dimana Honda Jazz memiliki bantingan yang lebih kaku untuk menghadirkan rasa berkendara yang lebih baik. Sedangkan Anda masih bisa merasakan bantingan ketika sedang berbelok dalam kecepatan tinggi.

Kelemahan lainnya yang bisa dirasakan ketika membawa mobil ini adalah respons setir yang tak terlalu responsif. Ditambah dengan pengaturan kursi yang bisa dibilang cukup tinggi, bahkan ketika Anda sudah berada dalam posisi duduk terendah yang diberikan. Selain itu, setir hanya menggunakan fitur Tilt (untuk mengatur tinggi rendah setir), tanpa Telescopic (memaju-mundurkan setir).

>>> Promo mobil baru Toyota lainnya ada disini

mesin Toyota Yaris 2014 berwarna hitam
Yaris matic 2014 cukup efisien ketika dibawa berkendara

Dibandingkan dengan pesaingnya di pasar hatchback, harga Toyota Yaris 2014 memang masih stabil. Terbukti setelah enam tahun digunakan mobil ini bisa Anda dapatkan dengan rentang harga Rp140 juta hingga Rp160 juta. Bandingkan dengan harga barunya yang dibanderol Rp256 jutaan.

>>> Pilihan mobil bekas Toyota Yaris paling lengkap klik disini

Tips membeli Toyota Yaris matic 2014

Walaupun masih tergolong mobil bekas yang baru, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil ini.

1. Cek odometer

Berumur 6 tahun, lihat kembali odometer mobil. Jika rata-rata penggunaan sekitar 20.000 hingga 25.000 kilometer per tahun, mobil ini biasanya berada dalam rentang 150.000 kilometer. Pastikan Kesehatan mobil jika memiliki odometer lebih tinggi dari rentang tersebut. Mobil dengan odometer yang lebih rendah biasanya memiliki kondisi mesin yang cukup baik.

2. Lihat kondisi eksterior

Dari segi eksterior, cek kondisi bodi mobil agar terhindari dari membeli mobil bekas tabrakan. Perhatikan jika ada benturan atau gap antar panel yang tidak konsisten. Lihat pula kondisi cat atau emblem yang rusak atau terkelupas.

ekterior Toyota Yaris 2014 berwarna perak 
Periksa interior dan eksterior kendaraan untuk memastikan kondisinya

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

3. Periksa interior

Untuk mendapatkan harga terbaik, perhatikan kondisi interior dan periksa jika ada bagian yang rusak atau hilang. Cek kondisi jok mobil, dashboard, karpet, hingga sistem kelistrikan mobil dengan menghidupkan radio atau memutar lagu. Jika Anda menemukan beberapa bagian yang rusak atau berada dalam kondisi yang kurang baik, Anda bisa melakukan negosiasi tentang harga yang ditawarkan.

4. Cek kondisi kaki-kaki

Caa mengecek kondisi kaki-kaki pada mobil ini pun cukup mudha. Anda bisa langsung membawa mobil ini untuk melakukan uji jalan. Perhatikan jika ada suara aneh yang terdengar ketika berkendara. Cek juga kondisi transmisi matic dengan memperhatikan pergantian gigi, apakah menghentak atau masih mulus.

Jika dibandingkan dengan Honda Jazz, Toyota Yaris matic bekas keluaran 2014 ini memang memiliki kekurangan dalam hal akomodasi serta impresi berkendara yang kurang menyenangkan. Tapi mobil ini mampu memberikan kenyamanan selama berkendara, harga yang relatif stabil serta durabilitas yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.

>>> Tips dan trik lainnya bisa Anda cek di sini

Padli Nurdin
Share this post:

Berita lain

Yaris Crossover Jadi Embrio Yaris Heykers Reborn?

15/04/2020

Mobil baru

3 menit

Sebuah render Toyota Yaris Crossover beredar di dunia maya, dilihat dari bentuknya akankah Yaris dengan konsep SUV tersebut akan jadi Yaris Heykers Reborn?

Lihat juga

Toyota Ajukan Paten GR Corolla, Hot Hatchback Pelengkap GR Yaris

02/04/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota kini tengah serius menggarap brand Gazoo Racing, setelah kehadiran GR Yaris dan rumor seputar GR Hilux, kini giliran Corolla yang akan mendapatkan varian performa.

Lihat juga

Toyota Yaris Crossover Lakukan Tes Musim Dingin, Dijual Tahun Depan

27/03/2020

Mobil baru

4 menit

Batal diperkenalkan di Geneva Motor Show, proses pengembangan Toyota Yaris Crossover masih dalam tahap awal. Namun, mobil ini bukanlah sekadar Yaris yang ditinggikan dan akan dijual mulai tahun depan.

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Bedah Teknologi Mesin Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Toyota Yaris 2020 baru saja dibuka selubungnya di pertengahan bulan Oktober 2019 lalu. Teknologi menjadi salah satu nilai jual Toyota Yaris 2020, salah satunya Dynamic Force Engine di mobil ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan dynamic force engine? Mari kita bahas...

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Toyota Yaris 2020 Jadi Produk Jagoan Toyota Di Tokyo Motor Show 2019

23/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Rival abadi dari Honda Jazz ini akhirnya mendapat ubahan yang besar. Tak heran Toyota Yaris 2020 ini digadang-gadang akan menjadi model global Toyota, dan memulai debutnya di ajang Tokyo Motor Show 2019.

Lihat juga