Cintamobil TV: Deretan Mobil Bekas yang Harus Anda Hindari, Waspadalah!

05/08/2021

Jual beli

4 menit

Kali ini tim Cintamobil TV akan membagikan tips dan trick dalam memilih mobil bekas. Jangan sampai tertipu saat membeli mobil bekas, simak di sini!

Saat  Anda ingin membeli mobil bekas, pastinya kondisi adalah salah satu faktor yang dipertimbangkan, selain kondisi jarak tempuh dan juga harga. Selain itu mencari tahu apakah mobil hasil tabrakan, bekas banjir, atau sudah direstorasi juga sangat penting. Kira-kira, bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Kali ini tim Cintamobil TV akan membagikan tips mengenai deretan mobil yang harus Anda hindari.

Hindari Membeli Mobil Kecelakaan

Membeli mobil memang harus dicek secara detail. Untuk itulah, disarankan Anda membawa teman yang mengerti otomotif saat membeli mobil. Pasalnya mobil kecelakaan jika dari luar tidak begitu terlihat kekurangannya. Anda masih bisa melihat cat yang masih bagus dan sepintas eksteriornya masih sama dengan mobil umum lainnya.

mobil bekas tabrakan

Ada banyak tanda mobil tabrakan

Namun, jika diteliti, mobil kecelakaan memiliki tanda-tandanya, lho. Seperti mobil yang ada di dalam gambar, mobil ini pernah menabrak pohon sehingga bagian depannya hancur. Untuk mengetahui apakah mobil pernah mengalami tabrakan, Anda bisa mengecek bagian depan, seperti garis bemper, grille, fender depan, dan pintu mobil. Biasanya, tandanya seperti grille yang terlihat miring, pintu depan kurang lempeng garisnya atau kurang lurus, bahkan Anda bisa mengecek bagian gap-gap mobil, Coba ketok body mobil, akan terasa berbeda jika mobil pernah diganti panel atau bamper plastik.

Pastikan juga jika Anda mengecek bagian mesin. Mobil tabrakan sangat gampang dicek jika Anda membuka kap mesin. Tandanya beberapa part yang sudah keriting, cat yang berbeda, fuse box dan akinya nggak sejajar.

>>> Duit Tak Sampai Rp 200 Juta Mending Beli Toyota Avanza atau BMW Bekas?

Hindari Mobil Bekas Banjir

Deretan mobil yang perlu Anda hindari lainnya adalah mobil bekas banjir. Sayangnya, mobil bekas banjir juga tidak terlihat dari bagian eksteriornya. Namun, jika dilihat detail akan terasa perbedaannya. Anda bisa masuk ke interior mobil, khususnya pada bagian kolong bawah atau area pedal mobil. Pastikan tidak ada area-area yang sudah berkarat seperti baut atau besi yang mana akan berkarat jika bekas banjir. Jika Anda berencana membeli mobil sedan, cek area bagasi di bawah lantai. Pastikan tidak ada bekas karat ataupun bekas bercak air.

mobil bekas banjir

Karat jadi tanda mobil bekas banjir

Hal paling penting saat membeli mobil bekas adalah mengecek bagian kaki-kakinya. Apakah kaki masih sangat baik dan performanya masih oke. Cara cek shockbreaker gampang, tinggal dorong atau ayun mobil. Jika shockbreakernya masih bagus, maka mobil akan memantul. Anda juga perlu membawa mobil untuk melewati jalanan yang nggak rata. Karena jika sistem tie rod, link stabil, dan lainnya rusak  akan ada suara yang mengganggu.

Cara lain untuk mengecek adalah pada bagian rack steer. Anda bisa mencobanya dalam posisi diam, hidupkan mobil, dan putar setir jika ada suara keletak-keletuk maka ada yang bermasalah pada sistem kemudinya.

Tanda lainnya mobil yang terkena banjir adalah pada bagian interior bau apek yang sulit dihilangkan. Jika Anda terjebak membeli mobil yang terkena banjir, akibatnya part mobil jadi cepat keropos dan tinggal menunggu waktu untuk rusak. Apalagi jika Anda membeli mobil bekas dalam kondisi kaki atau sistem kemudi rusak. Anda perlu menyiapkan biaya tambahan untuk service mengingat menyetir akan jadi tidak nyaman karena mobil kurang stabil. Jika kaki-kaki rusak, biaya yang perlu dikeluarkan bisa berkisar Rp 5 juta hingga puluhan juta.

>>> Toyota Luncurkan Land Cruiser Spesial Untuk Rayakan Ulang Tahun ke-70

Jangan Tertipu KM Rendah

km rendah

Jangan tertipu KM rendah saat beli mobil bekas

Pernahkah melihat iklan mobil KM rendah tapi kondisinya kurang bagus di foto? Jika iya, pemilik mobil sebelumnya mengganti settingan KM ke mile yang lebih rendah. Pasalnya beberapa mobil Eropa, pemilik bisa mengganti mil ke KM sehingga banyak calon pembeli tertipu.

Untuk mengetahui KM yang wajar atau tidak, Anda bisa melihat dari kondisi interior mobil. Seperti joknya, pedal rem botak atau tidak, bagian setir apakah sudah botak atau justru masih kinclong atau kulit jeruk. Namun, hati-hati juga karena bisa jadi interior sudah di-repaired leather, seperti pada bagian door trim.

Cek bagian tombol-tombol. Karena tombol sering ditekan pastinya gampang botak. Jika Anda tertipu KM rendah, akibatnya saat ingin service mobil KM tidak tepat sehingga service jadi tidak akurat. Jadi, pastikan juga Anda mengecek track record di dealer resmi saat membeli mobil.

Tonton video selengkapnya!

Hindari Mobil Bekas Perusahaan atau Ex Leasing

Hal terakhir yang perlu Anda hindari adalah mobil perusahaan, ex leasing, dan bekas pemakaian sopir. Mengingat mobil tersebut bukan milik pribadi sehingga penggunaannya tidak hati-hati sehingga gampang rusak di bagian interiornya. Sementara untuk mobil tarik leasing, biasanya saat mobil akan ditarik debt collector, pemilik sebelumnya bisa mengganti part dari mobil atau karena mobilnya akan ditarik leasing, mobil akan dijemur lama di bawah matahari.

mobil bekas leasing

Hindari beli mobil leasing

Menurut tim Cintamobil TV, hindari juga mobil yang pengendaranya adalah wanita dan dokter. Pasalnya belum tentu semua merawat mobilnya. Biasanya mobil dokter digunakan hanya untuk praktek dan pulang sehingga belum tentu ada waktu untuk merawat mobil.

Jadi, hal apa lagi yang perlu diperhatikan saat membeli mobil ? Jika Anda ingin membeli mobil bekas, pastikan kondisinya sesuai dengan kilometernya. Memang jika mobil di jalan KM tinggi, pasti ada baret-baret halus berbeda dengan KM rendah. Namun, mencari KM tinggi atau KM wajar dengan kondisi yang masih bagus terawatt itu cukup susah tetapi pilihan itu yang paling baik untuk dibeli.

Jangan takut membeli mobil yang KM-nya tinggi dan pastikan mobil terawat. Itulah deretan mobil-mobil yang sebaiknya Anda hindari saat membeli mobil bekas. Membeli mobil memang ada triknya tersendiri. Jangan terburu-buru, apalagi menemukan mobil yang harga di bawah harga pasar. Anda bisa menemukan mobil bekas berkualitas dan terpercaya di Cintamobil.com!

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top