Cintamobil TV: Fitur Canggih 3D View Camera & Reversing Assistant BMW X7, Bikin Mundur Lebih Mudah

25/10/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Cintamobil TV: Fitur Canggih 3D View Camera & Reversing Assistant BMW X7, Bikin Mundur Lebih Mudah
Kelebihan BMW X7 dengan ukuran bodinya yang besar sekaligus menjadi kekurangan tersendiri karena butuh area besar untuk bisa bermanuver baik maju maupun mundur. Tapi tenang, fitur 3D View Camera dan Reversing Assistant membuatnya seolah punya banyak mata, bahkan untuk mundur mobil bisa melakukannya secara otomatis.

BMW X7, model SUV atau Sport Activity Vehicle (SAV) terbaru dari BMW resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akhir Juli 2019 lalu dan dijual dengan harga Rp 2.399.000.000 off the road. Mobil ini jadi line up terbongsor diantara mobil BMW lain. Dengan dimensi panjang 5151 mm, lebar 2000 mm, tinggi 1805 mm dan jarak sumbu roda 3105 mm, BMW X7 paling besar diantara model-model SUV lain yang dijual di Indonesia.

Sebagai pembanding Toyota Land Cruiser yang sama-sama dijual lebih dari Rp 2 miliar punya dimensi panjang 4950 mm, lebar 1970 mm, tinggi 1905 mm dan jarak sumbu roda 2850 mm. Masih lebih besar BMW X7.

>>> Cintamobil TV: Mengintip Lebih Dekat Fitur Hyundai Santa Fe XG CRDi 2019

Foto menunjukkan BMW X7 2019 tampak dari samping depan

BMW X7 resmi dijual di Indonesia

Dimensi bongsor menjadi kelebihan tersendiri bagi BMW X7. Interior jadi lebih luas, lebih lapang, dan tentu saja lebih nyaman. Di sisi lain, dimensi besarnya juga jadi kekurangan. Area blind spot-nya jadi lebih besar yang membuat pengoperasian harus lebih berhati-hati. Dalam hal kegesitan juga berbeda dengan model BMW lain yang dimensinya lebih kecil. BMW X7 tidak bisa menyelinap di gang-gang kecil dan yang pasti membutuhkan area luas untuk bermanuver baik berbelok maupun putar arah.

Memang, dari awalnya rancangan awalnya BMW X7 tidak untuk dipakai di jalanan kecil. Hanya saja, pengemudi terkadang tidak mengetahui kondisi aktual daerah yang akan dituju serta kondisi jalanan yang dihadapi. Apakah itu menyempit, jalan buntu, ditutup karena digunakan suatu acara atau sedang dilakukan perbaikan, hingga kondisi lain yang mengharuskan berputar balik seperti tersesat dan yang lain.

>>> Modifikasi BMW X7 Lumma Design, Ceper dan Sangar

Nah, BMW memahami kondisi-kondisi tersebut dan menyematkan fitur unggulan yang sangat membantu, 3D View Camera dan Reversing Assistant. Fitur ini ibarat mata-mata yang mampu memandangi seluruh area kendaraan baik depan, belakang, samping kiri dan kanan. Kinerjanya mengandalkan empat kamera di semua sisi kendaraan serta 12 sensor, 6 di depan dan 6 di belakang. Kamera menangkap gambar sekitar mobil yang kemudian dikirim ke head unit dalam kabin dan divisualkan secara realtime.

Foto bagian belakang BMW X7 2019

Kinerja fitur 3D View dan Reversing Assistant pada BMW X7 mengandalkan sensor-sensor dan 4 kamera di semua sisi mobil

3D View Camera

Melalui tool yang tersedia pengemudi bebas memilih mode visual yang diinginkan, Parking atau 3D View. Untuk Parking layar akan menampilkan gambar standar lengkap dengan linear guidance garis petunjuk seperti hal-halnya kamera parkir mobil lain. Untuk tampilan lebih istimewa, pengemudi bisa memilih tombol 3D View. Layar akan menampilkan gambar 3 dimensi bagai melihat mobil dari luar beserta objek di sekitarnya. Sudut 3 dimensinya juga bisa dipilih dari arah depan, kiri, kanan, belakang, depan kanan, depan kiri, belakang kanan dan belakang kiri, tergantung area mana yang ingin ditampilkan.

Bukan hanya itu, kamera juga bisa menampilkan garis petunjuk mengikuti arah roda untuk mengetahui kemana arah kendaraan akan mundur dan seperti apa areanya. Ini sangat membantu pengemudi menghindar dari terperosok ke dalam lobang atau terbentur objek lain karena besarnya area blind spot.

>>> Tertarik membeli BMW, Cek harganya di sini!

Foto Tombol 3D View BMW X7 2019

3D View akan menampilkan visual mobil seperti dalam games

Reversing Assistant

Sesuai dengan namanya, fitur Reversing Assistant memberi kemudahan kepada pengemudi saat ingin berjalan mundur. Sistem kerjanya mengandalkan hasil tangkapan sensor-sensor bagian depan dan belakang mobil yang tersimpan dalam memori komputer. Dalam kondisi dimana pengemudi terpaksa harus mundur dan butuh kehati-hatian fitur ini akan sangat berguna. Cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi R (Reserve) dan mengaktifkan fitur Reversing Assistant di layar monitor, head unit akan memberikan visual area belakang kendaraan dimana mobil akan mundur. Lepas pedal rem, maka mobil bakal berjalan mundur secara otomatis sampai jarak 50 meter mengikuti jejaknya saat masuk. Berapa sisa jarak yang belum dilewati bisa diketahui melalui layar monitor.

Foto Reversing Assistant BMW X7 2019, fitur mundur otomatis

Aktifkan Refersing Assistant, mobil akan mundur otomatis

Yang perlu diperhatikan, meski setir bisa memutar sendiri sesuai data yang tersimpan di memori, pengemudi tetap harus waspada dengan pedal rem. Barangkali mobil mundurnya terlalu cepat atau tiba-tiba ada objek yang melintas seperti hewan dan manusia, pengemudi bisa langsung melakukan pengereman secara manual.

Catatan; baik 3D View Camera atau Reversing Assistant, keduanya harus diaktifkan dulu secara manual melalui tombol P yang terletak di samping tuas transmisi sampai layar menampilkan visual kamera.

>>> Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Silahkan simak cara menggunakan fitur 3D View Camera dan Reversing Assistant BMW X7 pada video berikut!

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Modifikasi BMW X7 Lumma Design, Ceper dan Sangar

15/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi BMW X7 Lumma Design menawarkan desain BMW X7 terbaru yang jauh lebih agresif. Selain itu bodi mobil pun dibuat lebih ceper dari standar.

Lihat juga

Harga BMW X7 di Indonesia Selangit, Bagaimana Isi Dalamnya?

01/08/2019

Jual beli

4 menit

Meskipun harga BMW X7 di Indonesia mencapai lebih dari Rp2 miliar, 20 unit mobil ini sudah ludes dibeli. Dengan harga yang selangit, apa saja yang ditawarkan oleh salah satu varian terbaru dari BMW di Indonesia tersebut?

Lihat juga

Bukan Abal-Abal, BMW Perkenalkan Konsep Truk Pikap BMW X7

06/07/2019

Mobil baru

2 menit

Bukan hasil karya abal-abal dan bukan rendering. BMW Group akhirnya memperkenalkan konsep baru bagi mereka penyuka tantangan dan kemewahan: mobil konsep truk pikap BMW X7 dengan bagian belakang langsung dipotong untuk barang-barang outdoor Anda.

Lihat juga

Diperkenalkan, Lexus GX 460 Model 2020 Dengan Grill Besar Mirip BMW X7

20/06/2019

Mobil baru

3 menit

Lexus memperkenalkan model terbaru SUV GX 460 model 2020 pada Selasa, (18/6/2019) sebagai pembaruan dari model sebelumnya yang telah lima tahun tidak tersentuh perubahan. Satu yang terlihat sangat mencolok dari Lexus GX 460 model 2020 ini adalah ukuran grillnya yang besar mirip grill BMW X7.

Lihat juga

Penantang BMW X7, Tampilan Mercedes-Benz GLS 2019 Terungkap

16/04/2019

Mobil baru

Dengan semua fokus pada Mercedes-Benz EQC yang sepenuhnya listrik, SUV berukuran sedan dari pabrikan Jerman ini akhirnya diperkenalkan. Sebelum debut pertamanya di New York Motor Show 2019, foto tampilan Mercedes-Benz GLS 2019 bertebaran secara online.

Lihat juga