Cek Interior Mobil, Periksa Kondisi Lima Bagian Ini

13/12/2019

Jual beli

4 menit

Cek Interior Mobil, Periksa Kondisi Lima Bagian Ini
Salah satu cara menilai kondisi mobil secara keseluruhan adalah dengan cek interior mobil. Nah, lima bagian ini bisa dijadikan ukuran bagaimana kondisi interior mobil, apa saja?

Ketika mobil baru keluar dari pabrik dan dijual oleh dealer, kondisi interior tentu masih sempurna tanpa cela. Perlakuan para pemakai dan pemilik yang kemudian berpengaruh pada kondisi interior mobil, bahkan terhadap nasibnya kelak.

Ilustrasi interior di dalam mobil

Kondisi mobil secara keseluruhan bisa dilihat dari bagaimana interiornya

Sebagai calon pembeli mobil bekas, kita harus bisa memeriksa kondisi mobil secara seksama untuk meminimalisir risiko kerusakan di masa mendatang. Khusus untuk bagian kabin, Anda bisa cek interior mobil dengan memeriksa lima hal ini, apa saja?

1. Dashboard

Ilustrasi dashboard mobil

Jika tak dirawat, dashboar mobil bisa lecet atau bahkan retak

Jika mobil sudah berumur, wajar jika kondisi dashboard sudah tidak sebaik saat baru. Beberapa bagian mungkin sudah kusam, lecet, atau retak. Namun, sebaiknya mencari kondisi dan fitur yang masih berfungsi sebagaimana mestinya.

>>> Material apa saja yang sering digunakan pada interior mobil?

Memeriksa dashboard adalah hal pertama yang harus dilakukan saat cek interior mobil, karena memperbaiki dashboard bisa dibilang cukup sulit. Oleh karena itu, pilihlah mobil dengan kondisi dashboard yang masih relatif sempurna.

2. Laci dashboard dan konsol tengah

Glove box mobil terbuka

Digunakan sebagai tempat penyimpanan utama, kondisi glove box juga tak kalah pentingnya

Bagian ini jadi salah satu indikasi bagaimana kondisi interior mobil secara keseluruhan karena sering bersinggungan dengan pemakai kendaraan. Laci yang berfungsi baik, serta konsol tengah minim kerusakan memberikan nilai tersendiri.

3. Setir dan tuas persneling

Ilustrasi mengganti gigi mobil dengan tuas transmisi

Tuas transmisi dan setir jadi bagian yang paling sering bersentuhan dengan tangan pengemudi

Setir dan tuas persneling adalah bagian interior yang selalu berhubungan dengan tangan pengemudi. Jika pemilik memperhatikan mobilnya secara baik, tentu kedua bagian ini mendapat perawatan secara seksasma.

4. Jok mobil

Jok mobil berbahan kulit

Biasanya, pemilik mobil melapisi jok mobilnya dengan sarung berbahan kulit

Biasanya, pemilik mobil melapisi kursi atau jok mobilnya dengan sarung berbahan kulit atau plastik. Jika ingin menilai, coba intip bagian dalam jok untuk melihat kondisi aslinya. Untuk jok kulit, biasanya sudah muncul sedikit retak-retak, busa jok pengemudi juga kadang sudah kempes.

>>> Banyak pilihan mobil menarik ada di sini, lihat yuk

Beberapa fungsi jok juga harus diuji, seperti sandaran kepala, setelan punggung, gerak maju-mundur, serta sabuk pengamannya. Biasanya, jok yang tidak terawat juga menimbulkan aroma kurang sedap.

5. Panel, plafon, dan doortrim

Door trim Ford Mustang

Door trim juga jadi bagian interior yang tak kalah pentingnya

Hal terakhir, namun tak kalah pentingnya untuk diperiksa saat cek interior mobil adalah bagian panel, plafon, dan doortrim. Jika kendaraan kurang terawat, plafon dan doortim biasanya terlihat cacat, baik itu rusak ataupun sobek.

>>> Masih bingung pilih mobil? Baca dulu tipsnya di sini

Saat Anda membeli mobil bekas, biasanya akan mengganti atau melapisi ketiga bagian itu dengan fabric ataupun kulit. Namun, akan sulit untuk memperbaiki material aslinya, khususnya yang menggunakan kain atau kulit.

Dengan mengecek lima hal ini, Anda dapat mengetahui kondisi interior mobil yang juga mempengaruhi kondisi mobil secara keseluruhan. Untuk tips & trik lainnya dapat Anda lihat di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top