Cari Mobil Sedan? Simak Tips Lengkap Membeli Honda City Bekas

24/11/2018

Jual beli
Cari Mobil Sedan? Simak Tips Lengkap Membeli Honda City Bekas
Mempunyai mesin yang andal, Honda City bisa menjadi opsi menarik untuk Anda yang mencari mobil sedan bekas. Sebelum memboyongya, simak dulu tips lengkap membeli Honda City bekas.

Populasi Honda City khususnya produksi tahun 2014-2015 cukup banyak di pasar mobil bekas. Dalam listing Cintamobil.com saja, ada lebih dari 460 unit Honda City bekas yang sedang dijual oleh para pemiliknya. Salah satu keunggulan dari mobil ini adalah performa mesinnya yang menggunakan mesin 4 silinder 1.500 cc yang mampu menghempaskan tenaga 120 dk. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT yang membuat rasa berkendara lebih nyaman.

Hadirnya fitur paddle-shift dengan mode manual hingga 7-speed mengakomodir Anda yang rindu dengan perpindahan gigi. Satu hal yang menarik pada panel instrumen Honda City ini adalah ambient meter yang menjadi indikator pengemudi dalam berkendara. Bila warna pada ambient meter menunjukkan warna hijau, artinya pengemudi dalam gaya berkendara hemat.

>>> Baca juga: Incar SUV Bekas? Simak Tips Lengkap Membeli Honda CR-V Bekas Generasi Keempat

Desain eksterior terlihat modern

Honda City generasi keenam mempunyai tampilan eksterior yang modern dengan garis tegas dan lampu pipih

Soal kenyamanan tentu posisi mengemudi Honda City cukup ergonomis seperti sedan pada umumnya. Pun desain kabin yang terlihat modern membuatnya tidak cepat bosan meskipun berkendara jarak jauh. Untuk akses ke seluruh panel, pengemudi juga dengan mudah menjangkaunya seperti headunit atau tombol pengaturan AC. Bila Anda ingin membawa keluarga, baris kedua juga masih lapang baik pada legroom maupun headroom. Namun ada beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum membeli Honda City bekas tahun produksi 2014-2015.

>>> Mungkin Anda tertarik: Kelebihan Dan Kekurangan Honda City 2016

Teknis

Usia mobil yang mencapai 3-4 tahun umumnya sudah lepas masa garansi pabrik. Agar tidak ada masalah kedepannya, periksa bagian mesin mobil. Salah satu cara termudah adalah dengan melihat catatan servisnya. Anda bisa mengeceknya melalui buku catatan servis atau ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan service record. Dari catatan servis tersebut bisa terlihat apakah pernah ada komponen mobil yang diganti atau tidak.

Teknologi i-VTEC menjadi andalan Honda

Performa mesin menjadi andalan Honda City baik untuk tenaga maupun konsumsi bahan bakar yang irit

Honda City tahun 2014-2015 merupakan generasi keenam dan sudah mempunyai banyak fitur, seperti mode berkendara ECO, paddleshift, serta beberapa fitur canggih lainnya. Lakukan test drive untuk mencoba seluruh fitur-fitur tersebut dan pastikan berfungsi dengan baik. Anda bisa memastikan bahwa ketika mobil melaju dalam keadaan konstan attay gaya berkendara hemat, maka ambient meter berubah menjadi hijau. Atau paddle shift berfungsi dengan normal untuk menaikkan atau menurunkan gigi saat sedang digunakan.

Komponen lain yang juga harus Anda periksa adalah bagian kaki-kaki. Cara sederhananya adalah memastikan bantingan suspensi terasa empuk saat melalui jalan berlubang. Tidak kalah penting adalah ban yang terpasang pada setiap roda masih dalam kondisi layak jalan. Anda bisa memeriksa bagian tapak ban apakah keausannya merata atau tidak sebagai indikasi bahwa kaki-kaki tidak ada masalah.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

Tampak belakang terlihat melebar

Periksa kaki-kaki untuk memastikan tidak ada kerusakan atau aus pada ban

Non-teknis

Meski mobil bekas, namun Honda City 2014-2015 ini sudah mengadopsi teknologi mesin yang modern. Menjadi kewajiban untuk pemiliknya menggunakan bahan bakar minimal oktan 90 agar performa tidak menurun. Namun akan lebih baik menggunakan bahan bakar RON 92 atau setara Pertamax agar mencapai performa maksimalnya.

Komponen lain yang juga harus diperiksa adalah karet-karet mengingat cuaca di Indonesia berkarakter tropis. Bergantinya cuaca dari panas ke hujan bisa membuat usia karet-karet mobil lebih pendek sehingga lebih cepat getas. Komponen karet-karet ini sangat sensitif dengan suhu tinggi, sehingga saat terlihat ada retakan segera ganti dengan karet baru. Bila tidak diganti, maka air dari luar bisa merembes ke dalam kabin dan menimbulkan bau tidak sedap.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Periksa dengan teliti bagian interior

Bagian interior juga wajib diperiksa seluruh sisi, mulai dari kursi, door trim, kolong kursi hingga dasbor

Terakhir, bagian interior juga wajib Anda periksa karena biasanya mobil sedan digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Cek dengan teliti seluruh bagian interior, mulai dari kursi apakah tidak ada yang sobek atau bolong, kolong jok apakah ada banyak kotoran atau serangga, hingga door trim apakah masih berpenampilan baik atau tidak. Kebiasaan pemilik sebelumnya juga tercermin pada kebersihan interior.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top