Cari Honda Brio Bekas Rp 70 Juta? Ini Pilihannya

12/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Cari Honda Brio Bekas Rp 70 Juta? Ini Pilihannya
Ada beberapa pilihan untuk mendapatkan Honda Brio bekas Rp 70 juta. Mulai dari memilih yang produksi tahun 2012 atau 2013, atau mendapatkan Honda Brio tahun muda namun dengan cara kredit.

Honda Brio merupakan mobil compact dari Honda untuk pasar di negara-negara berkembang. Karenanya Brio dipasarkan di Indonesia, Thailand, Filipina, dan juga India. Namun khusus Indonesia, ada juga tipe Honda Brio yang masuk kategori mobil program Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah, namanya Brio satya.

Sedikit mengulik kembali sejarah kehadiran Honda Brio, mobil ini awal kali muncul pada tahun 2010 di Thailand International Motor Expo. Saat itu nama yang melekat pada mobil ini adalah Honda New Small Concept. Selanjutnya sekitar awal Maret 2011, Honda Thailand resmi meluncurkan Brio untuk merespon adanya program eco car dari pemerintah negara tersebut. Ada dua varian yang ditawarkan di Negeri Gajah Putih itu, yakni Honda Brio tipe S yang menggunakan transmisi manual, dan Honda Brio tipe V yang hadir dengan pilihan tranmisi manual serta otomatis CVT.

Di Indonesia sendiri PT Honda Prospect Motor (HPM) baru resmi meluncurkan Brio pada Agustus 2012. Saat itu Honda Brio diimpor secara utuh (built up) dari Thailand. Namun karena permintaan akan mobil mungil ini begitu besar, tepat setahun berikutnya Honda Brio diproduksi di Indonesia. Kehadiran Honda Brio hasil produksi dari pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat ini ditandai pula dengan munculnya Honda Brio Satya.

Brio Satya merupakan jawaban dari Honda untuk program LCGC dari pemerintah Republik Indonesia. Sehingga kemudian varian tipe untuk Honda Brio di Indonesia yakni Brio Satya tipe A, Brio Satya tipe S, Brio Satya tipe E, Honda Brio tipe S, dan Honda Brio tipe E. Pada perkembangannya HPM menambah lagi varian Honda Brio dengan tipe RS. Brio pun sukses jadi salah satu volume maker Honda di Indonesia.

Anda tengah mencari Honda Brio bekas Rp 70 juta? Atau mau mencari Honda Brio tapi cuma punya dana cuma Rp 70 jutaan? Tenang, Cintamobil.com akan berikan solusinya di artikel kali ini.

>>> Penjualan Mobil Murah Meningkat, Brio Satya Jadi yang Terlaris

Pilihan Honda Brio Bekas Rp 70 Juta

Honda Brio bekas 2012

Honda Brio bermesin 1.300 cc sering disebut Brio Sport

Ketika pertama kali tiba di Indonesia dari Thailand, Honda Brio menggendong mesin 1.300 cc L13Z1 berteknologi i-VTEC. Mesin ini sanggup menghasilkan daya puncak 100 PS yang menjadi mobil paling bertenaga di kelas small hatchback. Namun saat diproduksi di Indonesia, mesinnya diganti jadi 1.200 cc L12B berteknologi i-VTEC. Langkah ini ditempuh HPM karena kebijakan pembatasan kapasitas mesin untuk program LCGC. Padahal sebenarnya mesin 1.200 cc ini juga dipasarkan untuk Thailand dan India.

Tetapi Honda tersandung regulasi lainnya yang berkaitan dengan program LCGC. Yaitu perihal konsumsi bahan bakar yang wajib minimal 20 km/liter. Untuk Honda Brio transmisi otomatis, ternyata tak sanggup melampaui target konsumsi bahan bakar ini. Pada akhirnya hanya Honda Brio bertransmisi manuallah yang ikut dalam program LCGC. Sehingga kemudian Honda Brio Satya cuma hadir dalam transmisi manual 5 percepatan.

Kalau Anda berniat membeli mobil paling mungil dari Honda di Indonesia ini, maka harga barunya sudah di atas Rp 140 juta. Tapi kalau cari yang lebih terjangkau, tentu bisa pilih unit dalam kondisi bekas pakai. Ini karena ada Honda Brio bekas harga Rp 70 jutaan yang banyak beredar baik di dealer mobil bekas maupun pemakai pribadi.

Tentunya untuk Honda Brio bekas Rp 70 juta tidak bsia mengincar Brio yang produksi tahun 2019 atau 2018. Unit Honda Brio di rentang harga ini adalah Brio produksi awal, yaitu tahun 2012 atau 2013. Pilihannya bisa Brio tipe E, tipe S atau Brio Satya. Namun kalau Anda mendapatkan Honda Brio bekas Rp 70 juta Surabaya atau di kota besar lain yang produksi 2012, maka besar kemungkian Anda mendapatkan Honda Brio yang masih bermesin 1.300 cc. Tentunya ini unit Honda Brio yang cukup langka, karena cuma diimpor di awal kemunculan mobil tersebut.

>>> Choice of Used Honda Brio Below IDR 100 Million

Kredit Honda Brio DP Rp 70 Juta Cicilannya Rp 1 Jutaan

Honda Brio Satya bekas dijual

Honda Brio Satya generasi pertama yang sudah mengalami facelift

Lalu bagaimana kalau Anda ingin mengincar Honda Brio tahun muda baik kondisi bekas atau bahkan Honda Brio 2020. Padahal dana yang tersedia cuma Rp 70 jutaan. Tenang, bisa kok mimpi ini diwujudkan. Anda tinggal mencari lembaga pembiayaan atau bank yang dapat memberikan kredit Honda Brio DP Rp 70 juta.

Misalnya untuk Honda Brio bekas tahun 2017 harganya ada dikisaran Rp 100 juta - Rp 130 juta. Kemudian untuk Honda Brio bekas tahun 2018 harganya Rp 110 juta - Rp 135 juta, kemudian untuk Honda Brio bekas tahun 2019 harganya Rp 145 juta sampai Rp 170 juta. Atau bisa juga Anda membeli Honda Brio 2020 saat ini harganya dipatok mulai Rp 146 juta.

Maka dengan uang muka total Rp 70 jutaan, Anda bisa membayar cicilan bulanannya sekitar Rp 1,8 juta. Perhitungan itu dengan asumsi DP yang Anda berikan tersebut besarnya 43 persen dari harga Honda Brio 2020 termurah dengan tempo angsuran 5 tahun. Namun tentunya, beda lembaga pembiayaan maupun bank, beda pula perhitungan bunga kreditnya.

>>> Review of the All New Honda Brio Export Version 2019

Berikut Daftar Harga Honda Brio Terbaru 2020

  • All New Brio S M/T : Rp 146.000.000
  • All New Brio E M/T : Rp 154.700.000
  • All New Brio E CVT : Rp 170.100.000
  • All New Brio RS M/T : Rp 184.300.000
  • All New Brio RS CVT : Rp 199.600.000

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengenal Honda Amaze, Kembaran Honda Brio untuk Pasar India

19/02/2018

Mobil baru

2 menit

Honda Cars India baru-baru ini meluncurkan Amaze generasi terbaru di Auto Expo 2018. Dengan gaya yang baru dan berani, sedan subkompak Honda Amaze baru akan mulai dijual di India pada pertengahan tahun mendatang.

Lihat juga

10 Hal yang Membuat Honda Brio Satya Diminati Kawula Muda

28/06/2020

Pasar mobil

5 menit

Honda Brio Satya menjadi salah satu most wanted car kawula muda atau orang berusia muda yang baru berkeluarga. Ternyata 10 hal ini menjadi penyebabnya..

Lihat juga

Toyota Agya vs Honda Brio Satya, Mana Paling Asik Buat Harian?

05/06/2020

Jual beli

8 menit

Antara Toyota Agya vs Honda Brio Satya keduanya memang cocok sebagai kendaraan dalam menemani mobilitas Anda sehari-hari. Namun sebelum membeli satu diantaranya, berikut faktor yang harus dipertimbangkan.

Lihat juga

Ini 5 Alasan Honda Brio Tetap Laris Saat Pandemi Corona

21/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Honda Brio tetap mencatatkan prestasi penjualan yang menggembirakan di tengah pandemi virus Corona, ini 5 alasan teknis Honda Brio tetap laris penjualannya

Lihat juga

Menilik Harga Honda Brio Bekas, Pilihan Mobil Kota yang Lincah

31/12/2019

Jual beli

3 menit

Selain harga Honda Brio bekas yang menarik, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli salah satu city car terpopuler milik Honda ini.

Lihat juga