Mau Tukar Tambah Mobil? Simak Dulu Hal Ini

12/08/2021

Jual beli

3 menit

Salah satu transaksi dalam kepemilikan kendaraan yakni tukar tambah mobil lama dengan yang baru. Sebenarnya bagaimana sih proses transaksi yang satu ini?

Pembelian kendaraan dengan cara tukar tambah mobil merupakan hal yang lumrah dilakukan di dealer mobil baru atau showroom mobil bekas. Cara kerja transaksi ini cukup sederhana harga mobil lama Anda akan ditentukan oleh appraisal. 

>>> Tampilan Sporty dan Elegan ala Toyota Yaris Hitam

Gambar menunjukan Mobil bekas banjir

Pastikan mobil Anda tidak memiliki riwayat bekas banjir dan tabrak agar mendapatkan harga terbaik

Proses Tukar Tambah Mobil 

Proses penafsiran harga mobil atau appraisal ini umumnya dilakukan oleh dealer mobil baru atau showroom mobil bekas. Apabila harga yang ditentukan tidak cocok dengan yang diharapkan, Anda bisa mencoba berpindah ke beberapa dealer dan showroom yang bisa memberikan penawaran terbaik. Setelah menyetujui harga yang ditawarkan, Anda bisa memilih mobil baru yang diinginkan.

Proses selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membayarkan yakni selisih dari nominal harga mobil yang telah disetujui sebelumnya dengan harga mobil baru yang akan Anda beli. Jumlah sisa tersebut bisa Anda melunasi langsung atau dicicil sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak.

"Jadi harus deal dulu harganya untuk mobil lamanya berapa, jika sudah sesuai lalu sisa dari harganya mobil barunya bisa dibayarkan dengan proses dicicil atau langsung cash," kata pramuniaga diler Toyota kepada Cintamobil.com, Kamis (8/12/2021).

Namun perlu diingat sebelum Anda menukar mobil lama Anda dengan yang baru dan ingin mendapatkan harga jual mobil lama dengan harga terbaik, ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni merapikan eksterior dan interior mobil, pengecekan pada mobil lama Anda termasuk surat-surat kendaraan dan pastikan juga mobil Anda punya asuransi dan servis record di bengkel resmi.

>>> Ini Cara Mengatasi Karat pada Bodi Mobil

Gambar menunjukan Beli mobil online

Bisa juga tukar tambah kendaraan ama dengan proses online

Cara Tukar Tambah Mobil Online 

Ada beberapa situs yang menawarkan jual beli mobil online. Salah satunya adalah Auto2000 Digiroom. Sebelum melakukan tukar mobil lama dengan cara online, pastikan dulu Anda mempunyai akun di Auto2000 Digiroom. Cara membuatnya bisa dengan membuat sendiri atau memakai akun Google atau Facebook yang dimiliki. Selanjutnya Anda dapat masuk ke menu PURNA JUAL dan lanjut memilih menu TRADE IN.

Auto2000 Digiroom akan menyodorkan formulir dalam bentuk drop box yang bisa langsung diisi oleh Anda, mulai dari jenis mobil lama yang ingin di-trade-in, waktu dan tempat penilaian mobil yang bisa ditentukan sendiri oleh pelanggan, mobil baru yang ingin dibeli, hingga data pribadi untuk administrasi.  Setelah di-submit, Petugas Auto2000 akan menghubungi Anda untuk konfirmasi dan membantu proses tukar tambah, termasuk memanfaatkan promo penjualan lainnya.

>>> Wah! Di Negara Ini Toyota Hilux Bisa Dibarter dengan Hasil Panen

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top