Proses dan Tata Cara Over Kredit Mobil yang Tepat

25/05/2021

Jual beli

6 menit

Bagaimana proses dan cara untuk melakukan over kredit mobil yang tepat? Berikut ini adalah tata cara yang resmi dan tips agar Anda terhindar dari penipuan over kredit mobil.

Ketika Anda membeli mobil bekas akan ada pilihan over kredit mobil yang bisa Anda pilih. Over kredit mobil adalah salah satu cara yang sering diambil pembeli ketika mobil yang dijual masih memiliki cicilan kredit mobil. Over kredit mobil ini sering dilakukan ketika pemilik mobil tidak bisa melanjutkan cicilan mobil.

Dengan over kredit mobil, Anda bisa mendapatkan mobil impian Anda dan meneruskan cicilan pemilik sebelumnya. Tentunya akan ada proses dan tata cara over kredit mobil yang harus dilakukan dengan tepat agar prosesnya berjalan sesuai hukum.

Cara Pindah Leasing Kredit Mobil

Salah satu cara over kredit untuk kendaraan mobil yang cukup sering dilakukan adalah dengan pindah leasing kredit mobil. Untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus bisa cara menghitung over kredit mobil karena setiap leasing memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Agar tidak terjadi salah perhitungan, ada baiknya Anda mengetahui kebijakan masing-masing leasing.

Agar proses over kredit mobil lancar serta legal di mata hukum, Anda perlu mengikuti proses dan aturannya. Berikut ini adalah contoh aturan dan cara menghitung over kredit mobil untuk kasus pindah leasing:

  • Total sisa hutang di leasing saat ini tidak lebih besar dari pencairan di leasing yang dituju.
  • Angsuran sudah berjalan sekitar 50% – 60% dari total tenor yang diambil.
  • Jika belum jalan setengah angsuran? Biasanya leasing hanya mau jika Anda mengambil DP yang cukup tinggi sekitar 30% dari harga jual kendaraan.
  • Riwayat pembayaran angsuran jelas.

Aturan di atas tentu saja berbeda-beda antara satu dan leasing yang lainnya. Jadi Anda perlu menanyakan dengan leasing yang Anda tuju untuk melakukan over kredit mobil.

over kredit adalah salah satu alternatif untuk membeli mobil bekas

Over kredit menjadi alternatif untuk membeli mobil bekas yang masih bagus 

>>> Simulasi Kredit Mobil BRI untuk Mobil Brio & Avanza

Cara Over Kredit Mobil Melalui Notaris

Cara over kredit mobil resmi yang lainnya adalah dengan cara over kredit melalui notaris. Over kredit mobil melalui notaris adalah cara resmi yang bisa Anda lakukan agar langkah-langkah yang dilakukan tepat. Jika Anda khawatir tentang kondisi leasing atau legalitas over kredit, menggunakan jasa notaris bisa menjadi solusi.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk over kredit mobil melalui notaris: 

  • Fotokopi surat perjanjian kredit.
  • Fotokopi surat berharga, seperti BPKB mobil terkait barang untuk over kredit.
  • Fotokopi surat bukti pembayaran angsuran.
  • Fotokopi/asli slip gaji Anda.
  • Asli buku tabungan untuk mengetahui jumlah rekening selama tiga bulan terakhir sekaligus dijadikan referensi rekening pembayaran angsuran.
  • Data lengkap identitas penjual dan pembeli, misalnya KTP/SIM/Paspor dan kartu keluarga.

Untuk proses over kredit melalui notaris, semuanya akan dikerjakan oleh notaris. Jadi Anda hanya perlu menyerahkan dokumen di atas dan selanjutnya berkonsultasi dengan notaris yang Anda percaya.

over kredit lewat notaris secara resmi

Over kredit melalui notaris adalah cara yang resmi yang bisa Anda lakukan

>>> Intip Skema Kredit Daihatsu Rocky 2021, TDP Mulai Rp 20 Jutaan

Take Over Kredit Mobil ke Bank Syariah

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah take over kredit mobil ke bank syariah. Over kredit mobil ke bank syariah ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin membeli mobil yang angsurannya bebas dari bunga.

Dengan over kredit mobil ke bank syariah, Anda bisa membayarkan angsuran dengan rutin tanpa khawatir dikenakan bunga. Untuk syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi Fotokopi KTP
  2. Memiliki sumber penghasilan tetap. Bank akan meminta Anda menyertakan slip gaji dan rekening koran 3 bulan terakhir.
  3. Mempunyai SIM A
  4. Bila Anda pengusaha, lampirkan keterangan usaha yang Anda jalankan.
  5. Membayar DP atau uang muka untuk mobil yang Anda inginkan.
  6. Membayar biaya asuransi sesuai dengan ketentuan Bank.
  7. Membayar biaya administrasi bank
  8. Membayar biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).
  9. Khusus untuk mobil bekas, Anda perlu membayar biaya cek fisik.

Perlu diketahui bahwa persyaratan setiap bank syariah berbeda satu sama lain. Tetapi sebagian besar bank syariah memiliki aturan dan over kredit mobil yang hampir sama. Jadi Anda perlu berkonsultasi dengan bank syariah yang Anda pilih.

perjanjian over kredit mobil

Anda diwajibkan untuk menandatangani dokumen saat melakukan over kredit mobil 

>>> Refinancing Mobil, Solusi Kesulitan Cicilan Kredit

Cara Over Kredit Mobil Bawah Tangan

Cara over kredit mobil lainnya yang cukup sering dilakukan adalah over kredit mobil bawah tangan. Cara ini terbilang cukup sederhana dan praktis. Tetapi cara ini bisa dikatakan ilegal berdasarkan peraturan hukum.

Cara ini bisa mengakibatkan kerugian tidak hanya untuk penjual, tetapi juga untuk pembeli mobil yang melakukan over kredit mobil bawah tangan. Karena proses ini ilegal, maka kedua pihak bisa terancam hukuman penjara.

Pihak leasing bisa menggugat penjual dan pembeli karena telah melanggar peraturan yaitu melakukan take over kredit mobil bawah tangan tanpa sepengetahuan leasing padahal leasing masih berjalan. Oleh karena itu, penting sekali agar Anda melakukan konsultasi dengan pihak finance leasing sebelum melakukan take over kredit mobil.

>>> Simulasi Harga Kredit Honda Brio, Mobil Murah Paling Diburu

Tips Agar Tidak Tertipu Over Kredit Mobil

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuver kredit mobil acc dan tetap resmi di mata hukum. Salah satunya adalah beberapa cara di atas dengan cara over kredit mobil lewat leasing terpercaya, lewat bank syariah, dll.

Tetapi masih banyak orang yang melakukan penipuan tentang over kredit mobil. Agar Anda tidak tertipu over kredit mobil, perhatikan tips berikut ini:

1. Pastikan dengan Pihak Leasing

Cara yang paling mudah untuk mengetahui bagaimana kondisi angsuran mobil yang ingin Anda beli adalah dengan memastikan kepada pihak leasing. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui apakah angsuran dibayar dengan rutin atau tidak. Jadi Anda tidak perlu khawatir apakah mobil yang Anda beli dalam kondisi angsuran menunggak cukup lama atau tidak.

penyerahan kunci mobil

Penyerahan kunci mobil setelah akad over kredit 

>>> Simulasi Kredit Mobil Mandiri VS KKB BCA, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

2. Memeriksa Dokumen Mobil

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa dokumen mobil. Dengan memeriksa surat-surat mobil, Anda bisa mengetahui apakah mobil dalam keadaan terawat dan juga bisa mengecek kelengkapan mobil.

3. Memeriksa Bukti Pembayaran Angsuran

Anda juga bisa meminta bukti pembayaran angsuran kepada penjual mobil. Cara ini untuk melihat apakah mobil diangsur dengan lancar atau tidak.

Pastikan Anda mengetahui cara over kredit mobil yang tepat dan tidak melanggar hukum. Terutama jika proses leasing tersebut melibatkan pihak finance yang terpercaya. Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga lebih murah dengan cara ini. Jadi pastikan Anda memahami cara over kredit mobil yang legal dan tepat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa itu over kredit mobil?
Membeli mobil bekas yang masih memiliki angsuran kemudian melanjutkan angsuran yang tersisa.
Bagaimana cara over kredit mobil?
Dengan cara pindah leasing, lewat bank syariah, ataupun notaris.
Bisakah mobil bekas dilakukan over kredit?
Bisa selama memenuhi persyaratan.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top