Cara Negosiasi Ketika Membeli Mobil untuk Harga yang lebih Murah

22/02/2018

Jual beli
Cara Negosiasi Ketika Membeli Mobil untuk Harga yang lebih Murah
Para dealer merupakan salah satu pekerjaan yang membuat mereka bernegosiasi sepanjang hari untuk mencari nafkah. Dan tentu saja, terkadang mereka mempunyai pengalaman yang banyak dalam bernegesosiasi. Lalu, bagaimana cara negosiasi ketika membeli mobil yang tepat?

Beberapa taktik negosiasi sederhana bisa Anda temukan untuk membuat Anda bisa mengemat beberapa Rupiah ketika akan membeli mobil baru maupun mobil bekas. Cintamobil akan memberikan cara negosiasi ketika membeli mobil dan trik terbaik untuk mendapatkan harga termurah yang bisa Anda minta.

1. Tahu harga mobil

Orang yang mudah terpeleset adalah orang yang tidak memperhatikan jalan yang akan mereka tempuh. Tentu saja, jika Anda ingin membeli sebuah mobil, Anda seharusnya mempunyai pengetahuan yang cukup tentang harga mobil yang ingin Anda beli. Jika dealer atau penjual menawarkan mobil seharga Rp. 150 Juta ketika Anda mengetahui harga mobil di pasaran hanya Rp. 130 juta, tentu Anda harus berfikir lebih lanjut.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna merah dengan logo Cintamobil

Perhatikan situs jual beli mobil untuk mengetahui harga pasaran

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang harga mobil

  • Harga pasar saat ini dari mobil yang ingin Anda beli. Anda bisa melihat pada situs seperti Cintamobil yang menawarkan harga mobil baru dan bekas.
  • Insentif yang Anda inginkan, seperti cashback atau pembiayaan berbunga rendah
  • Nilai perdagangan mobil saat ini
  • Taksiran biaya dan pajak penjualan

2. Negosiasi jarak jauh

Dengan hadirnya situs jual beli secara online di Indonesia, Anda bisa melihat harga yang dipatok oleh penjual mobil. Tentu saja Anda bisa mengendarai mobil dengan bertemu langsung dengan penjual dan mengetes mobil tersebut, tapi Anda juga bisa melakukan negosiasi via telepon atau jarak jauh dengan internet.

Gambar yang menunjukan seorang wanita sedang mengetik pada sebuah laptop

Anda juga bisa bernegosiasi jarak jauh dengan smartphone Anda

Untuk mencapai kesepakatan, Anda tidak harus mengatakan iya ketika bertemu dengan penjual. Bisa saja Anda akan menghubungi penjual kembali untuk melakukan negosiasi. Bukan hanya untuk membeli mobil bekas, Anda juga bisa melakukan hal ini ketika membeli mobil di dealer mobil.

>>> Baca juga 3 Mobil LCGC terbaik di Indonesia tahun lalu

3. Tanya harga kepada beberapa tempat

Dengan banyaknya penjual yang menjual mobil, baik mobil bekas maupun mobil baru, Anda tidak boleh hanya berpangku kepada salah satu tempat ketika akan membeli mobil. Anda bisa menemukan perbedaan harga yang bisa membuat Anda berbelanja lebih mahal atau lebih murah.

Gambar yang menunjukan ilustrasi seorang sales mobil sedang memberikan kunci kepada pembeli mobil

Anda bisa menanyakan harga kepada beberapa tempat

Cobalah untuk memeriksa harga dari beberapa tempat dan bandingkan harga yang Anda terima. Bisa jadi Anda bisa menggunakan konsep, “toko sebelah lebih murah” untuk mengatakan kepada penjual untuk mengurangi harga mereka. Tips ini bisa dipakai ketika Anda sudah meneliti harga mobil di pasaran dan di tempat tinggal Anda.

4.Negosiasi tanpa diprediksi

Tenaga penjualan didorong untuk mengendalikan pelanggan dengan menekannya ke dalam test drive atau ketika pengujian mobil. Penjual akan membawa pembeli ke kantor penjualan dan bekerja untuk menutup kesepakatan dengan waktu yang cepat. Untuk itu, cobalah untuk menjadi tanpa terprediksi.

Gambar yang menunjukan seorang wanita sedang melakukan negosiasi kepada seorang sales pada sebuah mobil

Jadilah tak terprediksi ketika bernegosiasi

Cara cepat untuk menunjukan bahwa Anda tidak dapat dikendalikan adalah dengan menjadi tidak terprediksi. Anda dapat membuat penawaran pada mobil dan pergi tanpda penjelasan atau berjalan-jalan di sekitar showroom. Jangan terlalu fokus kepada membeli mobil serta jangan ragu untuk pergi jika harga yang diberikan tidak sesuai dengan prediksi dan pengetahuan Anda.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

5. Negosiasi dengan kaki

Apa yang dilakukan ibu-ibu ketika berbelanja di pasar sepertinya bisa kita terapkan ketika membeli mobil di dealer atau perorangan. Ketika memeriksa mobil, Anda bisa berbicara dengan sales yang menawarkan mobil dan keluar. Ada indikasi sales akan memanggil Anda dan menawarkan harga terendah yang bisa mereka tawarkan.

Gambar yange menunjukan seorang pelanggan sedang berinteraksi dengan sales pada dealer mobil

Anda bisa berpura-pura pergi untuk menarik penjual

Ada beberapa contoh dimana seorang pembeli membawa anaknya yang berumur dua tahun di dealer mobil. Ketika negosiasi berhenti, dia mengambil anaknya untuk bersiap pergi, dan sales akhirnya mengurangi beberapa juta untuk mobil tersebut. Tentu saja bisa Anda coba ketika membeli mobil.

Banyak penawaran menark yang ditawarkan oleh sales pada dealer atau ketika Anda membeli mobil pada penjual perorangan. Namun, menemukan harga yang paling minim untuk kualitas yang paling bagus merupakan inti dari cara negosiasi ketika membeli mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top