Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Tanpa KTP Pemilik Sebelumnya

07/05/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Tanpa KTP Pemilik Sebelumnya
Ada banyak kasus dimana pembelian mobil bekas tanpa disertai KTP pemilik sebelumnya. Berikut cara bayar pajak mobil tanpa KTP yang bisa Anda terapkan saat ini.

Membayar pajak kendaraan merupakan kewajiban setiap warga negara. Sayangnya bagi pembeli mobil bekas, banyak yang merasa kesulitan jika harus bayar pajak mobil tanpa KTP pemilik mobil sebelumnya pertama. Tapi tenang saja, ternyata permasalahan ini bisa dengan mudah diatasi. Berikut Cintamobil.com tunjukkan cara pembayaran pajak kendaraan tanpa KTP yang bisa Anda lakukan.

Proses balik nama dokumen kendaraan

Peraturan tentang pembayaran pajak sambil menyertakan KTP asli yang sesuai dengan data di dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) tercantum dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2012. Tapi Anda masih bisa membayar pajak kendaaan tanpa KTP pemilik. Apalagi untuk pembeli mobil bekas.

STNK dan BPKB kendaraan berwarna kuning dan hitam
Pembayaran pajak kendaraan bermotor diatur oleh Perkap No. 5 Tahun 2012

Sebenarnya, peraturan ini diterapkan untuk menghindari percaloan atau kecurangan ketika membayar pajak kendaraan. Namun tidak sedikit pemilik kendaraan baru tidak bisa menyertakan KTP pemilik yang sesuai dengan STNK dan BPKB. Jika salah satu caranya adalah dengan ‘nembak’, atau menggunakan calo, Anda bisa melakukan balik nama kendaraan agar mendapatkan surat kendaraan sesuai dengan KTP Anda saat ini.

>>> Cara Jitu Menghindari Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

1. Proses balik nama STNK

Proses balik nama STNK dan BPKB juga bisa dengan mudah dilakukan di Samsat (Sistem administrasi manunggal satu atap) di kota Anda. Syarat yang perlu dibawa cukup BKPB dan STNK asli kendaraan serta fotokopinya, kuitansi pembelian, dan tak lupa fotokopi KTP Anda sebagai pemilik baru kendaraan. Berikut cara dan tahap balik nama kendaraan:

  • Lakukan verifikasi di Samsat dengan membayar biaya administrasi Rp30 ribu.
  • Setelah melakukan cek fisik, fotokopi hasil cek fisik.
  • Mendaftar pada loket balik nama dan serahkan semua berkas di atas kepada petugas; fotokopi STNK, BPKB, KTP, serta kuitansi pembelian dan hasil tes fisik kendaraan. Anda akan mendapatkan tanda terima pengajuan balik nama.

masyarakat yang sedang mengantri di samsat Jakarta Utara
Balik nama STNK bisa Anda lakukan di Samsat terdekat di kota Anda

Setelah proses tersebut, Anda tinggal menunggu konfirmasi selesainya proses balik nama. Anda bisa langsung mendapatkan STNK yang sudah menggunakan nama Anda. Sayangnya untuk proses balik nama di BPKB membutuhkan waktu beberapa hari. Untuk proses pengambilan STNK baru, Anda diwajibkan membayar;

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB),
  • Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB),
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDDKLLJ),
  • Biaya administrasi sebesar Rp25 ribu, dan
  • Denda jika ada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan sebelumnya.

2. Proses balik nama BPKB

Berbeda dengan STNK, Anda perlu mengurus balik nama BKPB di Kepolisian Daerah (Polda) setempat. Persyaratan yang dibutuhkan masih sama dengan kepengurusan balik nama STNK, namun ada beberapa tambahan. Dokumen yang perlu dilengkapi adalah;

  • BPKB asli dan fotokopi,
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi STNK yang baru,
  • Fotokopi hasil tes fisik kendaraan, dan
  • Fotokopi kuitansi pembelian.

Prosesnya sendiri hampir sama dengan tahapan balik nama STNK. Berikut proses yang bisa Anda lakukan;

  1. Datangi loket balik nama BPKB yang ada di Polda dan mengisi formulir Bea Balik Nama BPKB. Anda diharuskan membayar biaya administrasi Rp80 ribu melalui bank BRI.
  2. Fotokopi bukti pembayaran dan tempelkan pada formulir pendaftaran. Serahkan semua berkas pada petugas dan Anda akan mendapatkan dokumen tanpda terima serta tanggal pengambilan BPKB baru.
  3. Pada saat pengambilan BKPB baru di waktu yang telah ditentukan, serangkan bukti pembayaran dan fotokopi KTP kepada petugas. Petugas akan menyerahkan BKPB baru yang sudah menggunakan nama Anda.

>>> Baca juga:

Bayar pajak mobil tanpa KTP

Dengan kecanggihan teknologi dan perkembanga digital, bayar pajak mobil tanpa KTP asli juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya mealui jaringan daring dari minimarket serta SMS yang dilayangkan ke Polda. Hanya saja cara tersebut masih terbatas di beberapa tempat saja.

1. Melalui Alfamart dan Indomaret

Saat ini, Anda sudah bisa membayar pajak kendaraan bermotor melalui Alfamart dan Indomaret di tempat Anda. Tapi sayang cara ini hanya bisa dilakukan jika pembayaran dilakukan bagi kendaraan yang berada di provinsi Banten dan Jawa Timur.

konsumen yang sedang mengantri di Indomaret Point
Alfamart dan Indomaret bisa digunakan untuk membayar pajak

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyebutkan pelat nomor dan nomor telepon untuk konfirmasi pembayaran. Maksimal enam hari setelah pembayaran, Anda bisa ke gerai Samsat terdekat (atau Samsat keliling) dan menyelesaikan proses pembayaran dengan menyerahkan bukti pembayaran.

2. Melalui SMS

Anda juga bisa membayar pajak kendaraan langsung tanpa KTP menggunakan teknologi SMS (Short Message System). Caranya dengan mengisim SMS ke nomor 08112119211 kepada SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat dengan format “esamsat (nomor rangka kendaraan) (nomor identitas/KTP) (email)”.

tangan yang sedang membayar pajak melalui ATM
Bayar pajak melalui ATM dan Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi

Anda akan mendapatkan balasan berupa SMS. Setelah membayar pajak melalui ATM, Anda juga akan mendapatkan SMS konfirmasi pembayaran. Kunjungi kantor Samsat terdekat dan menukar struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dalam jangka waktu 14 hari. Tapi cara ini baru bisa dilakukan di 5 daerah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Aceh.

Proses pembayaran pajak kendaraan bermotor memang tidak terlalu ribet dibandingkan sebelumnya. Bagi Anda yang ingin bayar pajak mobil tanpa KTP pemilik pertama, ada baiknya untuk langsung melakukan balik nama agar memudahkan Anda untuk mengklaim kepemilikan kendaraan serta membayar pajak kendaraan nantinya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Warga Yogya, Ada Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Hingga 30 Juli 2020

02/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Polda DIY memebrikan kebijakan penghapusan denda pajak kendaraan yang akan memperpanjang pajak PKB dan BBNKB namun terhalang akibat pandemi Covid-19.

Lihat juga

Jadilah Pahlawan Perangi Corona dengan Bayar Pajak Anda Sekarang Juga

09/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Sumber utama Pemda DKI adalah pajak, agar penanganan Covid-19 optimal, bayar pajak sekarang dengan begitu Anda berkontribusi sebagai pahlawan perangi corona.

Lihat juga

Telat Bayar Pajak Kendaraan saat Masa Darurat Corona Tak Akan Didenda

02/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Jika Anda terlambat bayar pajak mobil saat musim corona, maka pihak Korlantas Porli memberikan keringanan dengan menghapus dendanya sampai 29 Mei 2020.

Lihat juga

Mobil Mahal Pajaknya Mahal? Lihat Dulu Harga Pajak Lamborghini Gallardo LP550-2 Ini

11/06/2019

Jual beli

4 menit

Sebagai salah satu mobil terlaris Lamborghini, Gallardo memiliki banyak fans di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, lihat dulu harga pajak salah satu Gallardo yang cukup marak di jalanan Tanah Air, Lamborghini Gallardo LP550-2.

Lihat juga

Cara Jitu Menghindari Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

20/01/2020

Pengemudian

3 menit

Beratnya kena pajak progresif kendaraan bermotor karena harus membayar dengan nominal lebih tinggi. Jangan khawatir, Anda bisa kok menghindari pajak progresif!

Lihat juga