Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan

04/10/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan
Adakah dari Anda yang berniat untuk membeli mobil bekas? Sebaiknya lebih teliti lagi dan jangan tergiur harga. Begini cara mengecek mobil bekas tabrakan.

Membeli mobil bekas bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau tak teliti tentu, Anda yang berniat membeli mobil berkualitas bagus dengan harga miring justru malah sebaliknya. Setiap penjual mobil bekas tentunya telah memoles mobilnya agar kembali mulus dan menarik layaknya baru. Tapi tak jarang juga di balik penampilan mulus mobil ada bekas polesan lantaran pernah mengalami kecelakaan. 

Belum lagi kalau mendapat yang bekas tabrakan. Tidak semua jejak-jejak tabrakan bisa dibetulkan secara sempurna. Lebih parahnya lagi kalau ternyata kondisi itu mengakibatkan sebagian fungsi kendaraan jadi terganggu. 

Nah, supaya tak tertipu saat tembeli mobil bekas berikut cara mengecek mobil bekas tabrakan dikutip dari Otospector, Minggu (4/10/2020).

>>> Ternyata Ini Hasil Uji Tabrak Kendaraan pada Kecepatan 200 Km/jam 

1. Mengecek Riwayat

Cek riwayat mobil

Jangan lupa untuk mengecek riwayatnya secara keseluruhan

Biasanya kasus kecelakaan terdata di pika kepolisian, bengkel, ataupun asuransi. Anda bisa sedikit mencari tahu agar lebih dalam agar sejarah mobil diketahui. Dengan begitu, mengecek mobil bekas tabrakan akan lebih mudah. 

>>> KPK Lelang 7 Mobil Bekas Koruptor, Ada Volvo Mulai Rp 22 Jutaan!

2. Cek Bagian Belakang

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa mobil bekas tabrakan tak bisa dihilangkan sepenuhnya. Biasanya tanda bekas tabrakan di bagian belakang ini tak bisa dihilangkan secara total. Anda bisa mengecek di bagian belakang utamanya dari dalam untuk memastikan kondisinya masih mulus. 

3. Memperhatikan Cat Panel Bodi

Pengecekan cat panel butuh ketelitian, karena harus mencermati satu per satu dengan detail. Contohnya, pada bagian tutup tangki dengan bagian dekat lampu belakang. Jika pernah terjadi tabrakan, maka cat akan berbeda.

>>> Merasa Jago Nyetir, Sering Jadi Penyebab Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

4. Cek Permukaan Bodi

Mengecek kondisi mobil

Perhatikan dengan seksama kondisi bodinya

Cara mengecek mobil yang pernah mengalami tabrakan selanjutnya adalah melihat kondisi bodi. Pengecekan pada permukaan bodi juga harus dilakukan secara teliti dan mendetail. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa memperlihatkan kualitas catnya. Jika terdapat perbedaan warna dan tekstur pada panel, maka itulah indikasi pernah dicat ulang atau pernah tabrakan.

Permukaan bodi juga harus diraba. Cat yang asli akan terasa halus dan lembut. Sementara bagian yang pernah dicat ulang akan terasa kasar.

5. Kap Mesin

Mengecek kondisi mobil

cek juga bagian kapnya

Pada saat mengecek kap mesin, Anda harus memeriksa engselnya. Cek juga kondisi baut-bautnya. Jika terdapat goresan, itu menjadi indikasi beberapa bagian sudah diganti atau berubah dari kondisi normal.

6. Mengecek Bekas Karat

Karat mungkin saja muncul di beberapa bagian mobil. Adanya karat menjadi indikasi pernah ada cat yang mengelupas. Hal itu dimungkinkan karena mobil pernah mengalami benturan.
 
Tentu saja butuh ketelitian ekstra saat mengecek kondisi mobil bekas tabrakan. Bila Anda memang tak punya kemampuan tersebut, ada baiknya untuk meminta bantuan teman yang berprofesi teknisi dalam mengeceknya. 

>>> Mampu Menyelamatkan Nyawa Ketika Tabrakan, Mari Pahami Cara Kerja Crumple Zone

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Jadi Korban Tabrakan Beruntun, Bagaimana Cara Klaim Asuransinya?

05/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat menjadi korban tabrakan beruntun, Anda bisa mengajukan klaim ke pihak kendaraan penabrak, atau dengan mekanisme lainnya. Tergantung situasi saat Anda menjadi korban.

Lihat juga

Trik Menghindari Tabrakan Beruntun di Jalan Biar Tak Ikut Jadi Korban

01/10/2019

Pengemudian

5 menit

Penting bagi pengemudi untuk mengetahui cara menghindari tabrakan beruntun yang mungkin terjadi di hadapannya. Ini agar si pengemudi tidak ikut menjadi korban tabrakan tersebut.

Lihat juga

Memiliki Sistem Keselamatan Tinggi, Mobil ini Juga Tercatat Paling Sering Mengalami Tabrakan

13/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Untung saja Subaru Crosstrek mendapatkan peringkat keselamatan yang cukup tinggi dari Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Pasalnya, mobil yang dianggap aman dalam meredam benturan ini malah tercatat sebagai salah satu mobil yang paling sering mengalami tabrakan.

Lihat juga

Pentingnya Sistem Pengereman Darurat Otomatis: Mengurangi Tabrakan 43 Persen!

06/12/2018

Pengemudian

Teknologi pengemudian swakemudi berjanji untuk meningkatkan keamanan secara signifikan, tetapi tidak berarti sistem saat ini harus diabaikan, seperti sistem pengereman darurat otomatis.

Lihat juga

Mercedes-Benz Siapkan Mobil yang ‘Tidak akan Mengalami Tabrakan’

30/01/2019

Pasar mobil

Bertujuan untuk memproduksi mobil yang tidak akan mengalami tabrakan, Mercedes-Benz mengembangkan mobil konsep IAA dengan teknologi ESF yang akan mempelajari gaya mengemudi untuk menghindarkan kendaraan dari tabrakan yang mungkin terjadi.

Lihat juga
 
back to top