Cara Mengecek Mobil Bekas Berturbo

20/01/2019

Jual beli
Cara Mengecek Mobil Bekas Berturbo
Mobil dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger memang memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan mobil naturally aspirated. Berikut ini kami beri pandauan cara mengecek mobil bekas berturbo.

Mobil dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger memang memilki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan mobil dengan sistem naturally aspirated. Keunggulan mobil bekas berturbo yang paling terasa antara adalah akselerasi yang lebih baik bila dibandingkan dengan mobil tanpa turbo. Tidak heran, saat ini dipasaran banyak sekali mobil bekas berturbo yang mesinnya dilengkapi dengan peranti tersebut pada jajaran produk mereka. Dari mulai produk Jepang, hingga Eropa bahkan Amerika. Tidak hanya akselerasi saja yang dapat diperoleh lebih kencang jika incaran Anda adalah mobil bekas berturbo, namun kehematan bahan bakar juga mampu terbantu sehingga konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih irit. Namun, tidak semua orang mampu mendeteksi mobil dengan sistem induksi udara dalam keadaan baik atau tidak. Berikut ini kami berikan panduan mudah untuk mengecek mobil bekas berturbo.

>>> Toyota Fortuner Diesel adalah salah satu mobil bekas berturbo yang kami rekomendasikan untuk Anda, mengapa?

1. Cek Kebocoran

Tampak Mesin Lexus NX300T F-Sport

Mesin berturbo memiliki output tenaga yang baik

Kalau Anda rajin baca artikel tips dan trik membeli mobil bekas hampir sama dengan mengecek mesin mobil secara umum, untuk mobil bekas berturbo pastikan tidak ada kebocoran oli disekitar turbocharger. Karena turbo menggunakan seal yang menjaga oli pada bilah turbo agar tidak bocor. Oh ya, kami punya satu tips mudah untuk mengecek apakah ada kebocoran pada turbo atau tidak, Anda bisa colek ujung knalpotnya, pastikan tidak ada lengket (bukan kotor). Jikalau lengket berarti kemungkinan besar mobil bekas berturbo yang Anda incar ada oli  mesin yang 'bablas' dari ruang bakar.

>>> Ini dia Honda HR-V dengan turbo yang paling dtunggu oleh penggemar SUV kompak di dunia

>>> Temukan banyak pilihan mobil bekas disini

Tampak Mesin KIA Grand Sedona Diesel 2019

Lihat bagian turbonya, apakah ada lelehan oli merembes

2. Coba Mobilnya Dijalan Dan Berakselerasi

Tampak sebuah All New KIA Grand Sedona Diesel 2018

Ajak mobil bekas berturbo incaran Anda untuk berakselerasi

Satu hal yang pasti adalah hampir semua mobil standar yang dilengkapi dengan turbo itu bertenaga. Dan mobil bekas berturbo tenaganya akan terasa berbeda sekali jika turbonya sudah 'kena'. Gampangnya adalah kalau turbo gagal bekerja pasti tenaga akan terasa sangat lemah atau sering disebut boyo. Jangan sungkan-sungkan untuk melakukan akselerasi mendadak untuk membutikan turbocharger yang ada di mobil bekas berturbo yang Anda incar tidak mengalami masalah. Anda juga harus ingat, bahwa jika sampai terjadi kerusakan di mobil bekas berturbo yang Anda incar, perbaikan turbo itu tidak murah dan juga tidak mudah. Maka Anda haruslah hati-hati dalam memilih mobil bekas incaran Anda.

>>> Ini pendapat kami mengenai Honda HR-V turbo

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top