Cara Mengatasi Mobil Bekas Tidak Lengkap Dokumen

09/08/2017

Jual beli

10 menit

Share this post:
Cara Mengatasi Mobil Bekas Tidak Lengkap Dokumen
Sebelum sampai ke tangan pemilik pertama, mobil dilengkapi dengan berbagai dokumen misalnya BPKB, STNK. Dokumen-dokumen tersebut adalah bukti sah tentang kepemilikan mobilnya secara hukum. Namun kadang-kadang sang pemilik mobil menghilangkan dokumen-dokumen mobil atau dokumennya mati jadi mobilnya sulit dijual. Jika Anda jatuh dalam kondisi ini, inilah cara mengatasi saat membeli mobkas yang bermasalah dengan dokumen.

Gambar dua sisi surat tanda nomor kendaraan

Gimana saat STNK mati?

1. STNK mati

Jika membeli mobil bekas dengan STNK sudah mati, cara mengatasi masalah ini sangat mudah.  Anda hanya perlu membayar pajak yang tertunggak dengan membawa BPKB serta KTP sesuai atas nama kendaraan.

Karena Anda telat dalam membayar pajak kendaraan jadi Anda diwajibkan untuk membayar denda keterlambatan kira-kira 25%-50%, tergantung berapa lama tunggakan. Bila masa berlaku STNK 5 tahunnya juga sudah habis, maka Anda juga mesti melakukan cek fisik kendaraan.

Untuk lebih mudah, seharusnya Anda minta si penjual mengurus masalah ini sendiri sebelum melakukan transaksi jual beli saja.

Gambar surat tanda nomor kendaraan dengan tulisan HILANG berwarna merah di atas

STNK hilang, apa yang harus lakukan?

2. STNK hilang

Sama seperti STNK mati, jika STNK kendaraan hilang, Anda harus bawa mobil ke kantor SAMSAT tempat dikeluarkannya STNK, kemudian wajib melakukan cek fisik serta menunjukkan BPKB mobil.

KTP sesuai nama pemilik di STNK juga merupakan persyaratan yang wajib ada. Namun jika tidak ada KTP, pihak kepolisian bisa menerbitkan STNK langsung atas nama Anda dan Anda harus melakukan proses balik nama.

>>> Baca juga: Cara mengurus STNK hilang dan biayanya

Gambar seorang gadis polisi yang cantik dengan tulisan BPKB HILANG berwarna kuning di sampingnya

BPKB mobil Anda hilang

3. BPKB hilang

Berbeda dengan kehilangan STNK, BPKB hilang membutuhkan beberapa syarat lainnya. Sebelum ke kantor Samsat, Anda harus membuat surat keterangan kehilangan dari kantor polisi terdekat dan meminta surat keterangan dari satuan reserse. Setelah itu, Anda harus membuat iklan di surat kabar mengenai kehilangan BPKB(minimal pada 2 surat kabar).

Setelah selesai syarat-syarat di atas, sekarang Anda baru membawa mobil ke kantor Samsat dengan seluruh dokumen tadi serta ditambah fotokopi STNK dan KTP sesuai atas nama STNK. Di kantor Samsat Anda juga harus melakukan cek fisik kendaraan.

BPKB baru yang nanti Anda terima akan memiliki label ‘Duplikat sebagai bukti sah yang menunjukkan bahwa BPKB asli sudah tidak bisa dipakai lagi meski ditemukan nantinya.

>>> Baca juga: BPKB Anda hilang, inilah cara mengurusnya

Gambar kertas dengan beberapa kubik di atas serta tulisan TAX berwarna coklat

Pernah Anda membeli mobkas namun fakturnya sudah hilang?

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman jual beli mobil

4. Faktur hilang

Faktur pajak merupakan dokumen yang dikeluarkan Agen tunggal pemegang merek (ATPM) saat mobil dibeli dan ini sebagai bukti kalau mobil telah membayar pajak dan layak untuk pengurusan BPKB serta STNK. Setelah mobil dimiliki seseorang, faktur sebetulnya tak ada fungsinya lagi.

Oleh karena itu, Anda tak perlu takut membeli mobil dengan faktur hilang. Namun kalau Anda menginginkan faktur ada kembali, Anda harus membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian ke ATPM bersangkutan. Nantinya Anda akan mendapat foto kopi yang dilegalisir oleh ATPM tersebut.

Itulah cara mengatasi mobkas tidak lengkap dokumen yang kami hendak sampaikan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat!

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman

Share this post:

Berita lain

Cara Beli Mobil Bekas Tanpa Perantara

17/07/2017

Jual beli

10 menit

Bagaimana dengan pembelian secara langsung pada penjual mobil bekas tanpa perantara? Tentunya jika Anda bisa melakukannya, itu akan lebih baik. Selain harga yang akan Anda dapatkan akan jauh lebih murah karena tidak ada bagi komisi yang harus ditanggung, Anda juga berpeluang besar mendapatkan mobil dengan kondisi yang bagus dan berkualitas. Dengan banyaknya media massa yang bisa dimanfaatkan dan kemudahan dalam mendapatkan informasi, membeli mobil tanpa perantara bukanlah menjadi hal yang sulit.

Lihat juga

Inilah Pilihan Mobil Bekas MPV Rp 100 Jutaan, Harga Terjangkau Dengan Kondisi Spesial

29/08/2018

Jual beli

10 menit

Pangsa pasar mobil MPV masih menjadi primadona. Terbukti dengan hadirnya Mitsubishi Xpander yang mendapat respon positif dari masyarakat. Mampu menampung banyak orang menjadi alasan utama MPV menjadi model terlaris di Indonesia. Nah, untuk Anda yang berencana mencari mobil bekas MPV dengan harga Rp 100 jutaan, inilah pilihannya.

Lihat juga

Inilah 3 Jenis Perbaikan Dengan Biaya Terbesar Pada Mobil Bekas

17/02/2019

Perawatan dan service

4 menit

Banyak yang berpikir biaya perbaikan terbesar pada sebuah mobil bekas adalah di sektor mesin, padahal bukan. Berikut ini adalah 3 jenis perbaikan dengan biaya terbesar yang biasa dilakukan pada mobil bekas.

Lihat juga
 
back to top