Cara Jual Mobil Yang Masih Dalam Masa Kredit

08/03/2019
Kebutuhan mendesak memang seringkali butuh penanganan taktis. Apalagi jika butuh dana sesegera mungkin, tentunya dimasa kini hal tersebut tidak mudah. Menjual aset adalah salah satu jalan pintas mendapatkan dana. Lalu bisakah mobil yang masih dalam masa kredit, dapat dijual segera?

Menjual mobil memang relatif mudah, apalagi kami dari Cintamobil.com sudah banyak sekali mengulas tentang tips jual beli mobl bekas dari aspek teknis maupun non teknis, baik itu dalam kondisi bekas maupun baru. Namun, mobil yang dijual dalam masa kredit tentunya membutuhkan tips dan trik tersediri ketika hendak menjualnya. Kami dari tim Cintamobil.com akan memberikan tips cara jual mobil yang masih dalam masa kredit atau masih ada kewajiban mengangsur.

Tampak sebuah Suzuki WagonR FZ 2019 berwarna biru

Membeli mobil dengan cara kredit memang mudah, namun apakah menjualnya juga semudah membelinya?

Masalah menjadi rumit ketika mobil yang Anda punya berstatus kredit, atau masih dalam masa angsuran. Ini jadi handicap tersendiri ketika ingin menjual mobil bekas. Tidak seperti mobil yang status pembeliannya hard cash alias cash keras. BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dipegang langsung oleh Anda saat pembelian, sementara untuk mobil yang pembeliannya dengan cara kredit BPKB akan “ditahan” oleh pihak leasing atau bank sebagai jaminan.

Baca dahulu perjanjian yang Anda tanda tangani di leasing agar tidak repot di kemudian hari

Anda wajib membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan kesepakatan pembiayaan yang Anda tanda tangani bersama pihak leasing

Tips ini merupakan sudut pandang dari tim redaktur Cintamobil.com yang pernah mengalami sendiri proses jual beli mobil yang masih dalam masa kredit. Sebenarnya cara jual mobil yang masih dalam masa kredit itu mudah, asal mengetahui caranya. Oh ya, harap diingat kali ini kami membahas cara menjual ya (beli putus) bukan cara overkredit ataupun refinancing seperti yang sering dibahas pada media lainnya.

>>> Nih, 5 cara cepat untuk tahu kondisi mesin mobil bekas

1. Pastikan Sisa Angsuran & Cara Menebus BPKB

Pastikan sisa utang Anda ke pihak penjamin untuk menebus BPKB

Tanyakan ke pihak leasing, berapa pokok sisa utang Anda untuk dapat menebus BPKB

Hal pertama yang harus dilakukan untuk cara jual mobil yang masih dalam masa kredit adalah bertanya kepada leasing atau pihak bank yang menjamin pembelian mobil Anda. Tanyakan pada pihak yang bersangkutan berapa utang pokok Anda yang musti dilunasi ketika ingin melakukan pelunasan dipercepat dan juga jangan lupa tanya ke pihak penjamin (leasing dan bank) jika utang tersebut ingin dilunasi apakah BPKB dapat diambil hari itu juga. Hal ini penting, karena akan mempengaruhi proses selanjutnya.

>>> Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Bekas Tidak Lengkap Dokumen

Inilah pentingnnya membaca klausul terms and conditions sebelum Anda tanda tangani

Baca lagi klausul perjanjian yang Anda tanda tangani sebagai akad kredit dari debitur yang menjamin mobil Anda

Oh ya, Anda perlu tahu, tidak semua leasing atau bank mengizinkan pelunasan dipercepat ini. Bisa jadi akan ada denda ketika Anda mengajukan pelunasan dipercepat. Besaran denda atau penalty sangat tergantung dari leasing atau bank penjamin Anda. Maka dari itu, sebelum membeli mobil secara kredit, ada baiknya Anda benar-benar mempelajari syarat dan ketentuan yang berlaku. Memang, poin yang tertera banyak sekali, dan bagi yang malas baca akan berat melakukannya, namun pada saat mendesak ini akan membantu Anda.

>>> Dengan uang terbatas, mana yang harus jadi prioritas? Bodi bagus atau mesin bagus?

2. Pasarkan Mobil Anda Di Cintamobil.com

Jual mobil bekas Anda hanya di Cintamobil.com

Jual mobil bekas Anda hanya di Cintamobil.com agar lebih cepat laku

Jika Anda sudah memiliki gambaran angka utang pokok Anda yang harus dilunasi plus dendanya ketika ada, Anda dapat langsung memasarkan mobil Anda di Cintamobil.com. Cintamobil.com sebagai salah satu marketplace mobil terbaik dan terbesar di Indonesia sedikitnya mempunya 4,5 juta visitor setiap bulannya. Otomatis kans mobil Anda untuk terjual dalam waktu singkat semakin besar. Yang harus diperhatikan adalah, jangan tulis pada iklan Anda “BPKB masih di leasing.” Hal ini untuk menghindari kemungkinan mobil Anda lama terjual, penjelasan lengkap ada di poin ketiga.

>>> Ini pendapat kami mengenai All New Nissan Livina, mobil kelas LMPV yang sempat jadi buah bibir saat debutnya di pasar mobil Indonesia

3. Beri Penjelasan Kepada Calon Pembeli

Berikan penjelasan pada calon pembeli mobil Anda tentang kondisi sebenarnya

Beri penjelasan kepada calon pembeli mobil Anda tentang kondisi sebenarnya, seharusnya calon pembeli akan paham

Ini adalah hal yang paling kruisal. Karena tak jarang BPKB tidak ada ditangan penjual mobil bekas dianggap sebagai batu sandungan dalam proses menjual kendaraan. Maklum saja, salah satu syarat sahnya mobil dijual adalah surat-suratnya harus ‘akur’, artinya antara STNK, BPKB, faktur dan nomor mesin serta nomor rangka kendaraan harus cocok untuk membuktikan surat-surat mobil Anda bukanlah surat 'kawinan'. Sementara pada mobil yang masih berstatus kredit, otomatis BPKB-nya masih ditahan oleh pihak leasing atau bank sebagai jaminan. Calon pembeli yang tidak paham, biasanya akan mengurungkan niatnya membeli mobil Anda.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Surat-surat kendaraan : STNK, BPKB, Faktur

Untuk dapat mengeluarkan BPKB dari leasing, Anda harus membayar penuh total utang Anda

Tapi Anda tidak perlu khawatir, kami dari tim Cintamobil.com dapat memberikan solusi untuk Anda, jika calon pembeli menanyakan perihal BPKB tersebut. Anda dapat menjawab BPKB mobil yang Anda jual disimpan pihak leasing atau bank tapi siap ditebus hari ini juga bila telah tercapai deal harga. Dengan jawaban tersebut seharusnya pihak calon pembeli akan mengerti bahkan merasa aman. Karena pihak bank atau leasing pasti sudah melakukan pengecekan berlapis mengenai keabsahan BPKB mobil. Jadi kemungkinan adanya BPKB tidak akur dengan mobil semakin kecil.

>>> Ingin mobil bekas dengan usia tua? Simak tips lengkapnya disini

4. Lakukan Transaksi Dengan Aman

Pastikan menjual mobil Anda secara aman

Jual mobil Anda secara aman, ajak calon pembeli mobil Anda bertransaksi di bank atau bayar langsung ke leasing sekalian ambil BPKB

Bila langkah pertama hingga ketiga sudah lancar, serta calon pembeli mobil Anda sudah deal harga dengan Anda. Maka Anda tinggal melakukan transaksi saja dengan aman. Caranya mudah, ajak calon pembeli Anda ke leasing atau bank yang menjamin surat-surat mobil Anda, lalu tebus lah BPKB mobil Anda. Jangan lupa persilahkan calon pembeli Anda untuk mengecek nomor rangka, nomor mesin mobil bekas yang sudah dibeli. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan calon pembeli mobil Anda bahwa surat-surat di mobil benar-benar akur.

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

5. Jangan Berharap Untung Atau Impas Saja Sudah Cukup

Skoda Fabia di diler Skoda Motorsport

Jangan harapkan untuk besar, belajarlah untuk ikhlas, tidak ada hutang akan membuat hati tenang

Satu tips dari kami yang tidak kalah penting dan wajib masuk dalam cara jual mobil yang masih dalam masa kredit adalah jangan berharap untung besar, atau impas saja sudah cukup. Anda perlu ingat, mobil yang masih dalam masa kredit ada kewajiban bagi Anda untuk melakukan pembayaran cicilan tiap bulannya. Semakin lama mobil laku, maka akan semakin lama pula Anda harus melakukan pembayaran cicilan tersebut. Saran dari kami, belajar-lah untuk ikhlas menjual mobil dibawah harga pasar agar unitnya cepat laku.

>>> Temukan ragam pilihan mobil bekas hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain