Budget Avanza Dapat Innova, Yuk Lirik Toyota Kijang Innova J

24/05/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Toyota Kijang Innova J adalah salah satu mobil yang kami rekomendasikan untuk Anda yang berbudget cekak tapi ingin meminang sebuah Innova, seberapa menarik sih?

Toyota Kijang Innova J merupakan mobil yang tepat untuk Anda yang punya budget membeli Toyota Avanza namun menginginkan Toyota Innova. Yes, Innova tipe J ini merupakan trim terendah yang dijual oleh PT Astra Toyota Motor. Dari semua trim yang disediakan oleh Toyota untuk model Innova, inilah tipe yang paling terbawah dan tentunya paling murah.

Budget Avanza Dapat Innova

Gambar Toyota Kijang Innova J 2009

Toyota Kijang innova tipe J adalah Innova trim E yang lebih 'terondol'

Sekadar informasi, saat dalam keadaan baru di tahun 2009, Toyota Innova J dibanderol dengan harga Rp 179,9 juta, alias berbeda sekitar Rp 20 juta bila dibandingkan trim di atasnya yakni Toyota Innova tipe E yang bisa dibawa pulang dengan mengeluarkan uang Rp 198,5 juta. Saat itu, PT TAM sengaja membidik Innova tipe ini untuk bersaing di kelas penjualan fleet yang tentunya tak terlalu membutuhkan kemewahan maupun gimmick fitur.

Gambar brosur Toyota Kijang 2014

Saat Grand New Kijang Innova facelift tahun 2014, trim J tidak mendapatkan ubahan tampang

Toyota Innova J tetap tersedia hingga tahun 2014 sebelum PT TAM memperkenalkan All-New Toyota Kijang Innova Reborn. Sebagai catatan, saat model facelift tahun 2014, bumper depan, bumper belakang, dan grille Toyota Innova J 'sengaja' tidak difacelift oleh TAM, dan tetap mengikuti model Grand New Kijang Innova yang lahir tahun 2012. Namun, itu tentunya bukan masalah bagi Anda yang tidak menyukai Innova bertampang 'Barong'.

>>> Fenomena Mobil Bekas: Harga Toyota Kijang Kapsul LGX Lebih Tinggi Dari Innova Di Tahun Yang Sama, Benarkah?

Kelengkapan Fitur Toyota Kijang Innova J

Gambar mesin Toyota 1TR-FE

Mesin legendaris 1TR-FE tetap dipertahankan di Innova termurah ini

Toyota Innova tipe J hanya tersedia varian bermesin bensin 4-silinder 2.000 cc berkode 1TR-FE. Tidak ada versi diesel. Cukup masuk akal, sebab di trim J ini beberapa peredam kabinnya juga dilucuti untuk menekan harga. Tapi PT TAM sepertinya tidak ingin mengurangi ketangguhan yang sudah menjadi ciri khas dari Toyota Kijang, sebab konstruksi kaki-kakinya masih sama persis dengan tipe lain di atasnya.

Gambar brosur Toyota Kijang Innova J

Beginilah tampang Innova tipe J tahun 2009

Desain gril sama dengan Innova lain. Namun, seperti tipe E, gril sewarna dengan bodi. Rodanya juga sedikit berbeda kendati sama-sama menggunaan pelat baja yang dipres (steel). Kalau tipe E dilengkapi dop untuk semua roda, pada Toyota Innova J, dop hanya untuk menutup mur roda saja. Masuk ke bagian interior sepintas tak ada beda, masih tetap dua warna (two tone), nah baru diketahui saat melongok ke dasbor, sebab tidak ditemukan lagi audio, alias kosong melompong.

Gambar interior Toyota Kijang Innova J 2009

Umumnya dalam kondisi bekas, pemilik sebelumnya sudah menambahkan peranti audio di Innova J mereka

Perlengkapan lain yang juga hilang dari interior adalah konsol boks yang membentang dari dasbor, tongkat transmisi dan celah antara kedua jok depan. Interior MPV medium ini pun tampak lapang dan polos. Kendati demikian, fitur lain masih dipertahankan. Hal itu antara lain door trim moulding dengan tombol-tombol untuk power window dan menaruh botol minuman.

Gambar interior Toyota Kijang Innova J 2009

Pengendalian tetap mudah dan cukup lincah khas Kijang

AC sendiri masih ada, tetapi blower-nya cuma satu. Jok, kendati bentuknya sama, materialnya berbeda. Pada Innova tipe J, bahan yang digunakan vinyl yang lebih gampang dibersihkan. Sabuk pengaman juga tersedia pada jok deret kedua dan ketiga. Lampu interior kini tinggal satu, di depan jok tengah. Secara umum, Toyota Innova J ini ibarat rumah tumbuh. Nanti, setelah ada uang, pemiliknya bisa menambahkan perlengkapan untuk membuat penampilannya semakin bergaya.

>>> Toyota Kijang Innova Reborn Pantas Diincar, Harganya Kini Rp 200 Juta

Harga Toyota Kijang Innova J

Gambar tampilan depan Toyota Kijang Innova J

Innova J layak Anda buru

Dengan budget yang hanya cukup untuk membeli Toyota Avanza bekas, Anda bisa memboyong Toyota Innova tipe J yang lebih lapang dan tentunya powerful. Berikut ini adalah kisaran harga Toyota Innova tipe J yang Cintamobil.com himpun di listing kami dan jaringan dealer terpercaya yang tergabung dengan kami. Harga di bawah ini tentunya tidak mengikat, karena sangat tergantung dengan kondisi aktual kendaraan.

ModelHarga
Toyota Innova tipe J 2009mulai Rp 95.000.000
Toyota Innova tipe J 2010mulai Rp 100.000.000
Toyota Innova tipe J 2011mulai Rp 105.000.000
Toyota Innova tipe J 2012mulai Rp 108.000.000
Toyota Innova tipe J 2013mulai Rp 115.000.000
Toyota Innova tipe J 2014mulai Rp 125.000.000

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top