BMW X3 M Garapan Manhart Bertenaga 626 HP Cuma Dijual 10 Unit

01/11/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
BMW baru saja meluncurkan X3 M terbaru dengan tampilan lebih segar. Tetapi, jika SUV kencang itu masih terasa biasa saja untuk Anda, Manhart punya solusinya.

Berjuluk Manhart MHX3 600, mobil ini merupakan penyempurnaan dari BMW X3 M dengan serangkaian peningkatan pada sektor performa dan estetika. MHX3 600 didasari oleh X3 M Competition pre-LCI (Life Cycle Impulse).

Seperti mobil spesial Manhart lainnya, tuner asal Jerman ini hanya memproduksi MHX3 600 sebanyak 10 unit. Hal tersebut menjadi nilai tambah tersendiri bagi kolektor mobil-mobil langka. Cukup untuk basa-basinya, mari kita lihat lebih dekat ubahan-ubahan yang sudah dilakukan pada BMW X3 M Competition ini.

Peningkatan Tenaga Hingga 626 HP

Dalam kondisi standard, BMW X3 M Competition menghasilkan tenaga 503 HP dengan torsi 650 Nm. Manhart pun menyematkan MHTronik Powerbox untuk mengubah mapping ECU bawaan mobil menjadi lebih agresif.

>>> Tesla Model 3 Racikan Manhart Buktikan Mobil Listrik Bisa Dimodifikasi

Gambar Mesin X3 M Competition

Meski mesin dibiarkan standar, ubahan pada mapping ECU sudah cukup untuk meningkatkan tenaganya hingga 626 HP

Hasilnya, mesin S58 2.993 cc twin-turbo yang tersemat di balik kap mesin mobil kini mampu meletupkan tenaga hingga 626 HP dan torsi 785 Nm. Artinya, ada peningkatan tenaga sebesar 126 HP dan torsi 135 Nm.

Saluran gas buang juga disempurnakan dengan sistem yang berbahan stainless steel dengan valvetronic dan empat buah muffler tip berbahan serat karbon. Jika Anda menginginkan suara yang lebih sporty, Anda bisa memilih opsi downpipe dengan catalytic converter HJS 300 sel atau 200 sel.

Tampil Lebih Berkelas

Gambar Manhart MHX3 600

Tampilan eksterior Manhart MHX3 600

Untuk tampilan eksterior, Manhart tidak banyak melakukan ubahan terhadap basis X3 M Competition. Perubahan yang paling signifikan adalah penggunaan warna biru tua doff dengan striping berkelir abu-abu di sekujur bodi.

Selain itu, tuner asal Jerman ini juga memberikan tambahan body kit serat karbon di antaranya splitter dan aksen intake depan, ventilasi udara fender samping, cover spion, serta diffuser belakang. Tak ketinggalan, semua logo BMW pada mobil diganti dengan emblem Manhart.

Bagian kaki-kaki dipercantik dengan velg lansiran Alpina berwarna hitam ukuran 22 inci yang dibalut ban performa Pirelli P Zero berukuran 255/35 ZR di depan dan 295/30 ZR di belakang.

>>> BMW X3 M Competition dan X4 M Competition Resmi Diluncurkan

Gambar MHX3 600

Lebih tampan dengan ground clearance rendah dan penggunaan velg Alpina

Bodi mobil juga dibuat lebih merunduk dengan per racikan H&R yang menurunkan ground clearance sebanyak 30 mm yang menjanjikan handling lebih asyik serta mengurangi gejala body roll.

Jika mengintip ke dalam kabin, aksen karbon juga melapisi beberapa panel seperti setir, konsol tengah, dan aksen di dasbor. Logo BMW di tengah tombol klakson juga kini berganti dengan logo Manhart sebagai pengingat bahwa ini bukanlah sebuah BMW X3 M biasa.

Gambar Interior X3 M

Ubahan interior terbilang lebih sederhana

Manhart MHX3 600 ini dibanderol sekitar US$ 138.795 atau setara Rp 1,96 miliar dengan kurs saat ini. Bagaimana, tertarik untuk membeli SAV BMW yang hanya diproduksi 10 unit ini?

>>> Tertarik Untuk Membeli Mobil Baru? Simak Harga dan Promonya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top