Bisakah Mobil Offroad Ditanggung Asuransi?

04/02/2019

Jual beli
Share this post:
Bisakah Mobil Offroad Ditanggung Asuransi?
Bertualang di alam bebas memang menyenangkan dengan melintasi hutan. Terlebih ketika dilakukan dengan mobil offroad. Tetapi bisakah mobil offroad ditanggung asuransi?

Membawa mobil ke medan offroad yang mempunyai jalan ekstrem seperti berbatu, bergelombang, lumpur, ataupun jalanan rusak menjadi tantangan serta memacu adrenalin. Umumnya medan offroad ditemui pada perkebunan atau pertambangan. Dalam hal ini kami akan bahas bukan balap offroad. Lantas bagaimana bila mobil offroad tersebut digunakan untuk balap offroad? Apakah masih bisa ditanggung asuransi?

>>> Baca juga: Suka Bermain Off-road? Hati-hati Bekas Lumpur Berbahaya Untuk Cat Mobil

Mobil offroad yang digunakan balap tidak bisa ditanggung asuransi

Bila mobil Anda digunakan untuk balap offroad maka tidak bisa ditanggung asuransi

Menurut Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra, dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) BAB II tentang pengecualian pasal 3 ayat 1 butir 1.1.2 yang berbunyi “Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan oleh turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, konvoi, pawai kampanye. Sehingga mobil tidak bisa diasuransikan karena bukan untuk aktivitas normal melainkan balapan mobil offroad.

>>> Dapatkan berbagai informasi memilih asuransi mobil lainnya hanya di sini

Namun lain cerita bila mobil offroad yang dimaksud adalah melalui medan cukup ekstrem. Selama penggunaan mobil masih sebagai mobil pribadi tetap bisa dilindungi asuransi. Meskipun mobil tersebut memang digunakan untuk perkebunan atau pertambangan. Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan mobil offroad di medan ekstrem ini mempunyai batas waktu, maksimal satu bulan atau saat musim-musim tertentu yang ditentukan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Bila masih digunakan untuk pribadi bisa dilindungi asuransi

Bila hanya sesekali mobil Anda melintasi medan offroad masih bisa ditanggung asuransi

Adapun perhitungan preminya sama dengan mobil yang digunakan untuk situasi perkotaan. Bagaimana bila pemakaian mobil melebihi batas waktu yang ditentukan? Bila mobil yang dipakai memang sehari-hari melintasi jalur ekstrem, maka pemilik mobil harus melakukan perluasan asuransi. Hal ini selain berpengaruh kepada perhitungan premi juga berisiko klaim ditolak apabila tidak dilaporkan oleh pemilik mobil.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Terus Berinovasi, Garda Oto Dinobatkan Sebagai Asuransi Mobil Terbaik 2018

27/12/2018

Event - Promosi

Berbagai inovasi produk yang dihadirkan oleh Asuransi Astra pada Garda Oto membuatnya terpilih sebagai Asuransi Mobil terbaik 2018 dalam ajang Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2018.

Lihat juga

Hati-hati Membeli Mobil Impor, Tidak Semua Diterima Asuransi

Membeli mobil melalui importir umum (IU) yang tidak dijual oleh agen pemegang merek (APM) memang memberi kesan eksklusif tersendiri. Tapi hati-hati, karena tidak semua mobil impor diterima oleh perusahaan asuransi ketika Anda mengajukannya.

Lihat juga

Ketika Waktu Dan Tempat Bukan Lagi Halangan Untuk Beli Asuransi

Transaksi jual beli saat ini semakin mudah dengan banyaknya e-commerce di era digital. Waktu dan tempat pun bukan lagi halangan untuk Anda membeli produk yang diinginkan, termasuk asuransi mobil.

Lihat juga

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

04/02/2019

Editor rate:

Medium Duty Truck adalah salah satu kelas yang 'berdarah-darah' lazimnya seperti kelas di pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle. Setiap pabrikan truk macam UD Trucks, Mitsubishi, Hino, hingga Isuzu melakukan berbagai strategi untuk memenangi pasar. Dan, di pertengahan bulan Januari 2019 ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan New Isuzu Giga untuk bertarung dikelas ini. Dan kini kami berkesempatan untuk mengulas lebih dalam mengenai New Isuzu Giga Tractor Head tipe GXZ 60 K ABS.

Lihat juga

Mitsubishi New Triton 2020: Daftar Harga Mobil Triton Terbaru Oktober

01/10/2020

Mitsubishi

Tepat pada tanggal 2 Juli 2019, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan model terbaru, New Triton. Sosoknya benar-benar berbeda, tampil sangat kokoh dipadu performa semakin tangguh. Penasaran akan harganya? Inilah daftar harga Mitsubishi Triton terbaru.

Lihat juga