Berlaku Mulai Tahun Ini, STNK Mati 2 Tahun Otomatis Data Kendaraan di Samsat Dihapus

16/08/2019
Peraturan mengenai pengahpusan data kendaraan apabila STNK mati 2 tahun akan mulai berlaku tahun ini. Seperti apa mekanismenya?

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan mulai memberlakukan secara nasional peraturan lalu lintas baru. Aturan tersebut adalah apabila STNK mati 2 tahun berturut-turut, maka data kendaraan tersebut akan dihapus. Peraturan baru ini akan berlaku bagi mobil dan sepeda motor.

>>> Cara Menghitung Pajak dan Denda STNK

Menurut Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra, ketetapan ini sudah lama digodok oleh pihak Kepolisian. Karenanya ditargetkan akan direalisasikan serta diberlakukan Nasional mulai tahun ini.

Diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009

STNK blokir

Sudah tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas

Menurut Halim, peraturan mengenai STNK mati 2 tahun ini sebenarnya sudah diatur dan tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 74 dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 110.

>>> Promo mobil baru cek disini

Pada Pasal 74 Ayat 1 tertulis: Kendaraan Bermotor yang telah diregistrasi sebagaimana diatur dalam pasal 64 Ayat (1) dapat dihapus dari daftar registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor atas dasar: a. Permintaan pemilik kendaraan bermotor, B. Pertimbangan pejabat yang berwenang melaksanakan registrasi kendaraan bermotor.

Kemudian Pasal 74 Ayat 2 tertulis: Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) b dapat dilakukan jika: a. Kendaraan bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan, b. Pemilik kendaraan tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Akan Diberi Surat Peringatan

STNK kendaraan

Akan ada surat peringatan resmi dari kepolisian

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas disini

Jika STNK mati 2 tahun dan kendaraan Anda belum juga diperpanjang STNK-nya, maka pihak Korlantas Polri akan memberikan surat peringatan. Surat peringatan ini akan dikirim tiga bulan sebelum waktu dua tahun habisnya masa berlaku STNK kendaraan Anda.

Jika pada surat peringatan pertama Anda tidak juga memperpanjang STNK kendaraan Anda, maka akan dikirim surat peringatan kedua untuk jangka waktu satu bulan. Jika surat peringatan kedua juga tidak digubris, maka akan dirkirim sudat peringatan ketiga.

Dan apabila dalam waktu sebulan setelah surat peringatan STNK mati 2 tahun dikirim Anda tidak juga menanggapinya, maka kendaraan Anda masuk dalam daftar penghapusan sementara.

>>> Tips & trik lainnya baca disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain