Berencana Ganti Mobil? Simak 4 Tips Membeli Mobil Baru Di Akhir Tahun

30/12/2018

Jual beli
Share this post:
Berencana Ganti Mobil? Simak 4 Tips Membeli Mobil Baru Di Akhir Tahun
Memang kami akui, bulan Desember menjadi momentum pas ketika hendak membeli mobil baru. Selain karena adanya promo menarik, para perusahaan otomotif juga berlomba-lomba menghadirkan diskon besar-besaran. Merespon hal tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan 4 tips membeli mobil baru di akhir tahun.

Memahami lapangan sebelum menghadapi Sales mobil terbilang perlu. Apalagi jika kita hanya datang ke diler tanpa memahami apapun tentang produk yang hendak kita beli. Hal tersebutlah menjadi salah satu aspek yang banyak tidak dipahami oleh para konsumen. Berikut simak 4 tips membeli mobil baru di akhir tahun.

1. Teliti Segala Hal Tentang Mobil Impian Anda

Mobil apa yang Anda butuhkan? Apakah sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) berdesain kekar dan maskulin? Ataukah mobil keluarga, Multi Purpose Vehicle (MPV) yang harus akomodatif menampung 7 orang? Ya, hal ini harus Anda pertimbangkan matang-matang dan tidak terfokus pada satu pilihan saja.

Membeli mobil baru di akhir tahun harus diawali dengan meneliti segala hal tentangnya

Meneliti segala hal tentang mobil yang hendak Anda beli mulai dari fitur, performa, kelebihan dan kekurangannya

Tak jarang kita semua mengetahui bahwa setiap diler akan menjagokan produknya masing-masing. Sebagaimana istilah tentang penjual kecap yang notabene mengunggulkan produknya selalu nomor 1. Menjawab hal ini, banyak artikel Cintamobil.com hadir sebagai salah satu solusi untuk membandingkan mobil satu dengan yang lain. Sehingga, tak terfokus pada satu pilihan saja namun kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan di masing-masing kompetitor.

2. Cari Tahu Promo Di Setiap Modelnya

Membeli mobil sejatinya membutuhkan dana besar yang diharapkan dapat terus awet hingga 6 tahun ke depan. Supaya terkesan tak rugi, tak jarang banyak konsumen juga mengincar promo menarik ketika hendak membeli mobil impiannya. Sesuai prinsip ekonomi “pendapatan besar, pengeluaran kecil”, sekilas bisa menggambarkan bahwa mengetahui promo menjadi hal yang dipertimbangkan.

Promo Mobil Akhir Tahun menjadi salah satu penawaran menarik yang harus Anda pertimbangkan

Salah satu contoh promo menarik dari All New Suzuki Ertiga yang mendapatkan hadiah langsung iPhone X

Jujur saja, kami yang selalu update promo di kolom “Harga Mobil” setiap bulannya, menilai bahwa promo di bulan November dan Desember merupakan promo paling fantastis daripada bulan lainnya. Sebagai contoh saja, pembelian Mitsubishi Xpander di bulan Desember 2018, Anda langsung mendapatkan Samsung Galaxy Tab. Hal serupa juga ditemui pada All New Suzuki Ertiga yang memberikan secara langsung iPhone X.

>>> Ingin Beli Mobil Baru? Simak Dulu Daftar Promo Mobil Lengkap Di Akhir Tahun 2018

3. Pastikan Test Drive Mobil Impian Anda

Setelah melakukan dua tahap tadi, kami percaya Anda sudah menemukan beberapa opsi mobil impian. Pastikan Anda melakukan uji coba mobil atau mengajukan Test Drive ke diler terdekat. Hal ini seringkali dilupakan oleh konsumen, padahal tahap ini sangat penting untuk menilai seberapa nyaman mobil impian Anda nantinya. Supaya memudahkan Anda, berikut beberapa hal yang bisa Anda cek selama Test Drive:

  • Mesin Dan Kesenyapan Kabin

Langkah pertama yang sering kami lakukan adalah duduk di kursi pengendara dan menyalakan mesin. Pastikan Anda merasakan sensasi yang nyaman dan tanpa adanya kebisingan dari mesin atau sekitar Anda. Tentu jika mobil berada di keadaan diam namun Anda mendengar suara bising, lantas bagaimana jika berada di kecepatan tinggi? Terasa mengganggu, bukan?

  • Ergonomis

Pastikan dari posisi duduk Anda, Anda bisa meraih segala fitur pada dashboard secara mudah. Hal inilah yang kami sebut ergonomis. Tekan tombol dan beberapa fitur lainnya, pastikan semua halnya berfungsi normal dan bisa dijangkau dengan mudah.

  • Kenyamanan Kursi

Kursi menjadi salah satu komponen penting dalam berkendara. Pastikan ruang kaki di setiap bangkunya terasa lega sehingga penumpang dapat berselonjoran dengan nyaman. Namun perlu menjadi catatan, beberapa mobil memiliki definisi akomodatif tersendiri baik dalam hal bagasi, kelegaan kabin hingga ruang kaki.

  • Melaju Di Area Test Drive

Terakhir, Anda rasakan sensasi dari pedal gasnya. Apakah cukup responsif ketika berada di kecepatan rendah hingga tinggi? Di sisi lain, amati perpindahan gigi di setiap tahapnya serta penggunaan rem. Jika semuanya normal dan sesuai dengan gaya berkendara Anda, saatnya melakukan negosiasi.

Test Drive mobil dan rasakan segala hal tentangnya mulai dari kenyamanan kabin, performa mesin dan kelengkapan fiturnya

Pastikan untuk selalu melakukan Test Drive mobil sebelum memutuskan membeli kendaraan tersebut

>>> 6 Pilihan Mobil Bekas Ini Punya Harga Stabil dan Depresiasi Rendah

4. Negosiasi Harga

Saran kami, jangan langsung tergiur dengan Down Payment (DP) murah atau cicilan ringan. Pastikan secara langsung, berapa harga yang harus Anda bayarkan secara penuh? Setelah itu konsultasikan berapa bunga yang diberikan oleh Sales mobil, biaya asuransi, biaya pajak hingga biaya tambahan lainnya. Hal ini seringkali tidak akan dikemukakan oleh pihak Sales mobil jika Anda tidak menanyakannya.

Negosiasi harga mobil merupakan hal yang penting dilakukan tanpa harus tergiur program DP rendah ataupun cicilan ringan

Jangan sungkan untuk melakukan negosiasi harga mobil kepada pihak sales mobil hingga Anda menemukan harga yang ideal

Setelah menanyakan semua pembiayaan, pastikan berapa diskon yang diberikan oleh Sales tersebut. Jika Anda ingin harga lebih terjangkau, hadiah dalam program promo yang diberikan bisa Anda hapuskan dan menjadi potongan harga. Namun perlu menjadi catatan, pastikan hal tersebut menjadi kesepakatan bersama antara Anda dengan pihak Sales mobil.

>>> Cara negosiasi ketika membeli mobil untuk harga yang lebih murah

Ya, itulah 4 tips membeli mobil baru di akhir tahun versi Cintamobil.com. Kini saatnya Anda coba mempraktekkannya di lapangan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa menginformasikannya kepada keluarga dan kerabat terdekat ya sobat. Apabila Anda memiliki tips lain yang lebih menarik, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

>>> Jangan lupa untuk terus mengikuti tips dan trik memilih mobil terbaru hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top