Berburu Mobil Bekas Terawat, Bagaimana Cek Kondisi Cat Mobil?

01/12/2019

Jual beli

4 menit

Berburu Mobil Bekas Terawat, Bagaimana Cek Kondisi Cat Mobil?
Jika sudah berpengalaman dengan mobil bekas, tentu Anda tahu mobil dengan cat orisinil akan lebih mahal dari yang sudah dicat ulang. Lalu, bagaimana cara membedakannya?

Mobil bekas yang masih menggunakan cat orisinil sedari baru tentu akan lebih dihargai jika dibanding mobil yang sudah dicat ulang. Apalagi jika catnya masih terlihat rapih, meski usia kendaraanya sudah tidak muda lagi. Biasanya, hal ini dapat menandakan bagaimana pemilik sebelumnya merawat mobil. Jika kondisi cat aslinya masih terjaga, tentu bagian lainnya sama baiknya.

>>> Jadi faktor penting, apa sih istimewanya mobil tangan pertama?

Pilihan mobil bekas dipajang di dealer

Mobil bekas dengan kondisi cat orisinil cenderung lebih mahal

Sayangnya, tidak semua orang dapat membedakan mana mobil bekas dengan car orisinil dan yang sudah dicat ulang. Sulit memang, namun bukan berarti tidak bisa. Dengan empat langkah ini, Anda dapat mengecek kondisi cat mobil, apa saja? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Meraba bagian atas bumper

Bagi yang sudah terbiasa, tentu dapat membedakan apakah permukaan body kasar atau tidak, catnya belepotan atau tidak dari bagian atas bumper. Meski terlihat bersih, biasanya mobil yang sudah dicat ulang di bagian pinggirnya terasa kasar karena sudah diampelas.

2. Perhatikan gradasi warna bodi

Mobil dengan cat warna hitam yang kinclong

Secara kasatmata, kita dapat mengetahui gradasi cat jika panel body memakai fiber

Secara kasatmata, kita bisa melihat gradasi cat bodi dari luar. Kita bisa langsung melihat keaslian cat karena mobil kekinian pada umumnya menggunakan material fiber, contohnya bumper.

>>> Pilihan mobil bekas terbaik bisa Anda lihat di sini

Biasanya, material fiber memiliki daya serap berbeda dibandingkan logam dan besi, tentu Anda memerlukan cukup cahaya untuk memperhatikan gradasi warna mobil dengan seksama.

3. Cek pintu mobil bagian dalam

Pemeriksaan kondisi karet pada pintu bagian dalam

Biasanya, bagian dalam pintu tidak terkena proses cat ulang

Langkah ketiga saat mengecek kondisi cat mobil adalah melihat pintu mobil bagian dalam, biasanya posisi ini tertutup oleh daun pintu dan jarang terkena pengecatan ulang.  Coba Anda buka pintu, cek bagian dalam pintu mobil bekas incaran Anda dengan bagian bodi mobil lainnya.

>>> Tips jual beli mobil lainya bisa Anda temukan di sini

Selain itu, coba cek juga di dekat bagian karet pintu, pada bagian pinggir biasanya ada titik yang menandakan apakah cat mobil bekas incaran Anda masih orisinal atau tidak.

4. Gunakan Coating Thickness Gauge (CTG)

Alat pemeriksa ketebalan cat mobil, CTG

Anda dapat memeriksa ketebalan cat dengan CTG

Anda juga bisa menggunakan alat khusus untuk mengecek kondisi cat mobil Anda, yakni Coating Thickness Gauge (CTG) yang berfungsi mengukur ketebalan cat di permukaan suatu material atau benda yang akan dicat.  Cukup ditempelkan saja di panel bodi mobil, jika ada lapisan cat yang lebih tebal dari biasanya, berarti mobil pernah dicat ulang.

Dengan empat langkah di atas, Anda bisa mengecek kondisi cat mobil, dan mengetahu orisinalitas cat mobil dengan mudah. Untuk tips & trik otomotif lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top