Beli Mobil Bekas "Kilometer Rendah" Untung Atau Rugi?

19/02/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Beli Mobil Bekas "Kilometer Rendah" Untung Atau Rugi?
Mendapatkan mobil bekas dengan kilometer rendah atau simpanan memang menyenangkan, selain jarak tempuh masih sedikit, otomatis umur komponen bergerak dalam mesin "seharusnya" belum termakan. Lalu sebenarnya beli mobil bekas dengan kilometer rendah itu untung atau rugi?

Enggak bisa dipungkiri, salah satu faktor yang dapat membuat calon konsumen mobil bekas tertarik bahkan membeli mobil bekas adalah jarak tempuh kilometer rendah. Bagi sebagian besar orang, mendapatkan mobil bekas dengan kilometer rendah atau simpanan memang menyenangkan, asumsinya dengan jarak tempuh kilometer rendah alias jarak yang sedikit umur pakai komponen bergerak yang ada didalam mesin seharusnya masih belum terlalu termakan atau aus. Lalu sebenarnya apa benar membeli mobil bekas dengan iming-iming "kilometer rendah" atau "simpanan" menguntungkan?

>>> Dengan uang terbatas mana yang harus didahulukan? Mesin sehat atau bodi bagus?

Jarak tempuh Innova bensin tiinggi

Jarak tempuh tinggi seperti ini kerap menjadi momok bagi calon konsumen mobil bekas

Mobil bekas dengan kilometer rendah atau jarak tempuh odometer yang enggak tinggi dapat dilihat dari dua sisi mata koin, yang mana keduanya sangat berlawanan. Yang satu sisi memang menguntungkan, sementara sisi berlawanannya merugikan. Mengapa bisa demikian? Mari kita bahas satu demi satu, kita mulai dari sisi positif atau yang menguntungkan dahulu dari mobil bekas kilometer rendah. Dengan jarak tempuh mobil yang sedikit memang benar umur pakai komponen bergerak didalam mesin seharusnya masih baik dan belum afkir, keuntungan lainnya, biasannya mobil bekas dengan kilometer rendah itu kondisi interiornya masih baik sehingga Anda dapat memiliki mobil yang relatif segar.

>>> Ini dia cara mudah untuk mendeteksi kaki-kaki mobil bekas incaran Anda

Tampak kondisi interior Honda Estilo viral

Mobil bekas dengan kilometer rendah biasanya kondisi interiornya masih terjaga

Lalu apa kerugiannya? Dalam membeli mobil bekas kilometer rendah Anda harus lebih rinci dalam melakukan pengecekannya. Anda dapat mempraktekkan tips lengkap berikut ini. Yang krusial, sebenarnya Anda harus mengetahui alasan mengapa mobil bekas bertitel kilometer rendah tersebut apa benar mobilnya jarang dipakai? Atau jangan-jangan mobilnya bermasalah sehingga jarang dipakai. Dengan mobil yang sering dipakai, jika pemilik sebelumnya perhatian dengan mobilnya, otomatis kondisi mobilnya akan senantiasa terjaga dengan baik.

>>> Mobil bekas yang diiklankan dengan iming-iming ban serep belum turun mengapa lebih mahal?

Tampak odometer Toyota Avanza 1.3 G 2004

Jarak tempuh rendah dapat menguntungkan tapi juga bisa membuat buntung

Perlu diingat, mobil bekas dengan kilometer rendah atau simpanan juga memiliki resiko kerusakan, seperti oli mesin menggumpal sehingga menjadi sludge (lumpur), atau minimal perkabelan di mobil rawan digigit tikus yang dapat membuat malfungsi pada sistem kelistrikan mobil, ujung-ujungnya akan membuat pengeluaran untuk perbaikan besar. Yang terpenting, Anda harus mencocokkan catatan servis kendaraan dengan jarak tempuh mobil tersebut. Jadi, kesimpulannya beli mobil bekas dengan kilometer rendah atau simpanan itu menguntungkan, asal Anda harus lebih jeli dan skeptis terhadap kondisi mobil bekas yang Anda incar.

>>> Bisa lihat review mobil yang paling jujur dan paling lengkap hanya ada di Cintamobil.com sebelum beli mobil impian Anda!

Perawatan mobil Suzuki Karimun

Pastikan perawatan mobil bekas incaran Anda benar

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Beli Mobil Bekas Berbasis Jarak Tempuh Odometer, Apa Masih Layak?

07/02/2019

Jual beli

Enggak bisa dipungkiri, masih banyak dari konsumen mobil bekas juga penjual mobil bekas yang menggunakan basis jarak tempuh odometer dalam hal penentuan harga jual mobil bekas, pertanyaannya apa beli mobil bekas berbasis jarak tempuh odometer masih layak untuk dipertimbangkan?

Lihat juga

Review Toyota Avanza Veloz 2019

16/01/2019

Editor rate:

Inilah senjata pamungkas PT. Toyota Astra Motor untuk menghentikan hegemoni Mitsubishi Xpander. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2019 yang merupakan salah satu varian Avanza termahal yang saat ini dijual di Indonesia. Ini pendapat kami mengenai Toyota Avanza Veloz 2019

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019

Editor rate:

Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

Lihat juga

Inilah 3 Jenis Perbaikan Dengan Biaya Terbesar Pada Mobil Bekas

17/02/2019

Perawatan dan service

10 menit

Banyak yang berpikir biaya perbaikan terbesar pada sebuah mobil bekas adalah di sektor mesin, padahal bukan. Berikut ini adalah 3 jenis perbaikan dengan biaya terbesar yang biasa dilakukan pada mobil bekas.

Lihat juga

Ini 10 Cara Mempertahankan Harga Jual Mobil Bekas

17/02/2019

Jual beli

3 menit

Namanya juga manusia, tentu saja ogah rugi, tidak terkecuali soal mobil bekas, maunya untung terus, nah berikut kami kasih 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas untuk Anda

Lihat juga