Begini Tips Memilih Ford Fiesta Bekas yang Punya Harga Mirip LCGC

18/03/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Begini Tips Memilih Ford Fiesta Bekas yang Punya Harga Mirip LCGC
Ford Fiesta 2014 bisa jadi alternatif menarik bagi Anda yang mencari mobil entry level di bawah Rp 150 juta. Namun saat memilih hatchback Amerika tersebut, ada hal yang harus diperhatikan, apa saja?

Berbicara soal membeli mobil budget di bawah Rp 150 juta, tentu pilihan akan terbatas pada LCGC jika yang dicari merupakan sebuah mobil baru. Namun jika Anda memilih mobil bekas, banyak sekali opsi bertebaran di rentang harga tersebut, salah satunya Ford Fiesta.

Ford Fiesta dijual di Indonesia dari tahun 2011-2016 dengan pilihan empat mesin, yakni tiga mesin empat silinder 1.400cc, 1.500cc dan 1.600cc, serta satu mesin tiga silinder 1.000cc 3 silinder, yang lebih dikenal dengan Ecoboost.

Ford Fiesta 2014 tampak samping

Di Indonesia, Ford Fiesta hadir dalam empat pilihan mesin

Meski tidak sepopuler Toyota Yaris dan Honda Jazz yang mendominasi kelas hatchback 1.500cc, Ford Fiesta punya beberapa kelebihan yang jadi daya tarik. Mulai dari karakteristik pengendaraan yang lincah dan direct, sampai audio standar yang sudah bagus dengan koneksi lengkap dan suara impresif, dan juga  performa mesin apik jika Anda mencari varian Ecoboost dengan mesin 1.000cc turbo.

Namun saat memilih Ford Fiesta bekas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, apa saja? Simak terus artikel ini sampai habis.

>>> Anda berjiwa muda? Simak lima pilihan hatchback tahun 2017 ini

1. Perhatikan transmisi

Transmisi otomatis Dual-Clutch yang dipakai Ford Fiesta

Ford Fiesta memakai transmisi DCT yang halus serta responsif, namun ringkih

Ford Fiesta hadir mengusung transmisi otomatis DCT (Dual Clutch Technology), yang memiliki karakteristik perpindahan gigi yang lebih halus dan responsif dibandingkan transmisi matic konvensional. Namun, saat memilih Ford Fiesta bekas komponen ini justru harus mendapat perhatian ekstra

Menurut pengguna Ford Fiesta, girboks DCT Fiesta justru rentan bermasalah, khususnya bagian Transmission Control Module (TCM). Anda bisa memeriksa kondisi transmisinya saat berjalan, apakah perpindahan giginya terasa halus atau menghentak, atau cek head unit untuk memastikan tak ada masalah pada TCM.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda simak di sini

2. Cek fitur

Desain interior Ford Fiesta

Untuk mobil di zamannya, Ford Fiesta bisa dibilang kaya akan fitur

Untuk mobil di zamannya, Fiesta dibekali dengan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari head unit dengan voice command dan fitur audio yang mumpuni, sampai hill launch assist. Tentu saja, hal ini harus masuk ke dalam prioritas saat memilih Ford Fiesta bekas. Pastikan semua fungsi dari fitur dapat berjalan dengan baik, periksa juga bagian kelistrikan secara teliti.

3. Cek jarak tempuh dan buku servis

Buku manual sekaligus servis Ford Fiesta

Anda harus memeriksa buku servis mobil untuk memastikan history kepemilikan terdahulu

Selain mengecek fungsionalitas fitur, kamu juga dapat memeriksa sejarah mobil lewat buku servis. Dari buku servis ini kamu dapat mengetahui riwayat perawatan Ford Fiesta bekas incaran kamu dari pemilik mobil sebelumnya, termasuk penggantian komponen dan spare partnya.

Dan sama seperti membeli mobil bekas pada umumnya, saat memilih Ford Fiesta bekas, Anda sebaiknya menjadikan jarak tempuh sebagai acuan, perhatikan juga bagian penting seperti kaki-kaki, transmisi, dan mesin mobil incaran Anda.

Usahakan membeli Ford Fiesta bekas yang kaki-kakinya tidak berisik, periksa juga bagian mesin dan hindari mobil dengan kebocoran pada mesin. Yang jelas, Anda juga harus test drive agar tahu bagaimana kondisi Fiesta bekas yang Anda incar.

>>> Tips memilih mobil bisa Anda lihat di sini

4.Jangan berharap resale value

Emblem Ford Fiesta

Saran kami, ambil mobil ini jika Anda tidak terlalu memusingkan resale value

Sebelum membeli Ford Fiesta bekas, baiknya Anda memahami hal ini. Pertama, Ford tidak memiliki kekuatan brand sebaik Toyota dan Honda di Indonesia, terlebih setelah APM merek Amerika Serikat itu cabut dari Indonesia 2016 lalu.

Kedua hal ini bisa dibilang sangat mempengaruhi resale value, jadi Anda tak bisa berharap banyak harga Ford Fiesta bekas akan tetap stabil ketika mobilnya Akan dijual lagi.

Berikut empat hal yang bisa Anda perhatikan saat memilih Ford Fiesta bekas, dan jangan lewatkan tips & trik yang tak kalah menariknya pada link di bawah ini.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips & trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

5 Alasan Memilih Suzuki New Baleno 2020

20/12/2019

Mobil baru

3 menit

Suzuki Baleno akan jadi lawan tangguh Toyota Yaris dan Honda Jazz. Setelah berhasil kami spyshoot mobil itu, ini adalah 5 alasan memilih Suzuki New Baleno 2020

Lihat juga

Butuh Mobil Perkotaan? Ini 5 Mobil Hatchback Murah di Bawah Rp50 Juta

18/03/2020

Jual beli

3 menit

Bagi Anda yang menginginkan mobil perkotaan dengan harga yang sangat terjangkau, Cintamobil.com menawarkan pilihan mobil hatchback murah di bawah Rp50 juta.

Lihat juga

Cintamobil TV: Seharga Low MPV, 5 Hatchback hingga Sedan Bekas Terbaik di Daftar Cintamobil.com

07/10/2019

Event - Promosi

4 menit

Bayangkan mendapatkan sedan bekas terbaik seharga tak lebih dari Rp300 juta? Semua ada di daftar mobil bekas Cintamobil.com. Ragu pilih yang mana? Cintamobil TV menghadirkan pilihan untuk Anda.

Lihat juga

Hatchback Terjangkau Dibawah Rp 100 juta, Simak Tips Beli Mazda2 Bekas

30/04/2019

Jual beli

Mobil model hatchback masih menjadi primadona untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dimensi compact membuatnya lincah untuk bermanuver serta irit bahan bakar. Salah satu hatchback menarik adalah Mazda2 bekas. Berikut tips beli Mazda2 bekas dari Cintamobil.com.

Lihat juga

Hatchback AS Pilihan di Bawah 100 Juta

21/04/2019

Jual beli

Hatchback buatan Amerika Serikat cukup digemari di Indonesia meski sempat terjadi peristiwa hengkangnya Ford dari Indonesia tiga tahun lalu. Cintamobil.com memberi empat hatchback Amerika Serikat pilihan dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Lihat juga