Begini Tips Beli Mobil Lewat Media Sosial

31/07/2021

Jual beli

5 menit

Banyak cara membeli mobil, salah satunya dengan beli mobil lewat media sosial (medsos), berikut ini tim Cintamobil.com coba rangkum cara beli mobil lewat medsos

Ada beragam cara untuk membeli mobil bekas, saat ini yang lagi ramai adalah jual beli mobil via media sosial seperti Instagram dan juga Facebook. Lantas bagaimana sih tips beli mobil lewat media sosial? Berikut ini tim Cintamobil.com coba rangkum tips jual beli mobil lewat media sosial.

Gambar ini mnenunjukkan salah satu postingan jual mobil di Facebook

Beli mobil melalui media sosial saat ini sedang tren

Tips Beli Mobil Lewat Media Sosial

1. Persiapkan Budget Dan Jenis Mobil

Budget tentunya menjadi faktor penting ketika ingin membeli mobil baru atau bekas. Saat tidak mempersiapkan budget kemudian mencoba menawar mobil bekas dan ternyata deal, maka akan kerepotan sendiri. Banyak alasan untuk membuatnya gagal  atau mencoba mencari uang untuk membayarnya.

Tidak lupa pula memilih jenis mobil yang diinginkan seperti MPV, SUV, Sedan dan lainnya. Tujuannya adalah agar tidak kemana-mana dan saat mencari mobil di media sosial hanya fokus terhadap jenis yang diinginkan.

>>> Orang Kaya Mulai Beralih Beli Mobil Mewah Bekas, Kenapa Ya?

2. Memilah Postingan Mobil

Setelah budget telah siap dan jenis mobil telah ditentukan, selanjutnya adalah memilih postingan yang paling meyakinkan dan sesuai jenis yang diinginkan serta budget yang dimiliki. Dalam hal ini sebaiknya Anda memilih postingan dengan penjelasan yang rinci dan lengkap.

Gambar ini menunjukkan mobil dijual di media sosial instagram

Pilih postingan dengan informasi yang lebih lengkap

Karena tidak sedikit penjual yang hanya menyebutkan "kondisi apa adanya" atau "kondisi bisa dipantau di TKP (Tempat Kejadian Perkara)" dan lainnya. Meskipun nantinya tetap mendatangi kendaraan untuk cek kondisi, namun dengan informasi yang lebih lengkap tentu membuat Anda lebih yakin untuk datang ke tempat penjual.

3. Membandingkan Mobil

Tips selanjutnya adalah membandingkan postingan satu dengan lainnya. Biasanya terdapat nomor WA yang disertakan pada postingan penjual, meskipun begitu ada juga yang tetap memberikan jawaban ketika ada yang bertanya di kolom komentar.

Coba lakukan chat lebih dahulu melalui kolom komentar, apakah ada tanggapan atau tidak. Umumnya jika penjual menanggapi maka postingan akan ramai komentar, dari mulai menanyakan soal kondisi mobil lebih dalam sampai nego harga.

Sementara itu, apabila tidak menjawab lewat komentar bisa langsung menanyakannya melalui nomor yang telah disertakan. Cobalah menghubunginya dan menanyakan kondisi mobil seperti minusnya apa, bagaimana riwayat servisnya, apakah ada yang keropos, apakah bekas tabrakan dan pertanyaan lainnya.

Ini juga bertujuan untuk mencari penjual yang jujur, karena saat penjual yang jujur akan membeberkan info tentang kendaraannya baik itu baik ataupun buruk. Jika cocok buat janji untuk pemeriksaan lebih lanjut dan test drive.

>>> 4 Mobil Bekas Terpopuler di Cintamobil.com, Intip Kelebihannya

4. Lihat Langsung Kondisi Mobil & Cek Riwayat Servis

Setelah menghubungi pihak penjual dan membuat janji, dilanjutkan dengan mendatangi langsung mobil yang diincar. Biasanya terdapat beberapa mobil yang akan didatangi, namun usahakan ke tempat dimana menurut Sobat mobil yang akan didatangi memiliki kondisi paling baik.

Hal ini bertujuan untuk memangkas waktu, siapa tahu hanya mendatangi satu mobil sudah sesuai keinginan. Atau bisa juga karena hati kurang sreg, sehingga Anda harus mendatangi beberapa penjual mobil bekas.

Gambar ini 2 orang melakukan pengecekan mobil bekas

Cek dengan teliti untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas

Pengecekan secara langsung perlu dilakukan dengan teliti, apakah yang disebutkan dalam postingan benar-benar sama dengan kondisi asli mobil. Jika tidak tahu menahu soal mobil, sebaiknya mengajak teman atau saudara yang paham tentang pengecekan kendaraan supaya mendapatkan mobil yang benar-benar dalam kondisi baik.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jika ditemukan salah satu hal yang tidak sesuai dengan postingan, maka menunjukkan ada indikasi si penjual tidak jujur. Dengan begitu lebih baik pindah ke unit lain yang diincar, karena bisa saja ada bagian-bagian lain yang bermasalah masih disembunyikan.

Namun jika ternyata sesuai, Sobat bisa menanyakan masalah servis yang dilakukan. Apakah rutin di bengkel resmi atau melakukannya di bengkel non resmi. Kalau di bengkel resmi biasanya terdapat riwayat penggantian dan juga perbaikan yang dilakukan.

>>> Tips Mudah dan Aman Membeli Mobil Secara Kredit

5. Test Drive

Melakukan test drive menjadi salah satu faktor penting untuk mengetahui kenyamanan dan kondisi kaki-kaki serta bagian lain kendaraan yang tidak terlihat. Seperti  misalnya cek transmisi apakah masih baik atau tidak, kekedapan kabin, kondisi kemudi dan juga fitur-fitur yang berada di dalamnya.

Saat test drive jangan melulu melewati jalanan yang mulus dan rata. Cobalah melewati polisi tidur, tanjakan, tikungan serta turunan. Sobat juga bisa berpindah tempat duduk dari mengemudi kemudian penumpang depan dan berada di jok paling belakang. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kaki-kaki benar-benar dalam kondisi yang baik.

Gambar ini menunjukkan seseorang mengemudi mobil

Test drive perlu dilakukan saat beli mobil bekas

6. Cek Kelengkapan Surat & Nego Kembali

Pengecekan surat perlu dilakukan untuk memastikan kelengkapan dan keasliannya. Cek nomor rangka, nomor plat dan juga pajak kendaraan. Jika sudah sesuai bisa kembali menawar harganya, meskipun bersedia membayar sesuai yang ditawarkan tidak ada salahnya menawarnya kembali. Siapa tahu  masih bisa turun sedikit dan bisa digunakan untuk jajan atau beli bensin.

Selain soal tips beli mobil lewat media sosial, Sobat juga bisa membeli melalui Cintamobil. Banyak mobil yang dijual dengan beragam merek, jenis dan tipe dengan informasi lengkap terkait kendaraannya. Jika ada yang cocok langsung dapat menghubungi penjual. Jadi tunggu apalagi, segera masuk ke menu “Mobil Dijual” di Cintamobil.com.

>>> Cuma Punya Duit Rp 30 Jutaan, Bisa Beli Mobil Bekas Apa?

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top