Begini Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

23/03/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Begini Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir
Dalam memilih mobil bekas harus pastikan bahwa mobil yang dibeli bukanlah mobil bekas banjir. Lalu bagaimana cara memeriksanya agar tidak tertipu?

Mobil yang memiliki sejarah pernah terendam banjir pastinya memiliki masalah pada bagian mesin, bodi dan kelistrikan yang tidak sepenuhnya benar-benar terbaiki dengan sempurna. Jadi jangan heran jika mobil bekas banjir akan dijual lebih murah dari harga di pasaran.

Gambar menunjukan Mobil bekas banjir

Jika ingin lebih yakin perksa di bengkel resmi

>>> Begini Perawatan Setelah Mobil Terendam Banjir

Cara Mengetahui Mobil Bekas Banjir

Banyak dari kita mungkin masih awam cara cek mobil bekas  banjir karena untuk bisa memeriksanya tidak semudah yang terpikirkan. Jika Anda coba lihat secara kasat mata saja kondisi mobil yang pernah terendam banjir akan terlihat sama saja dengan mobil yang belum pernah terendam banjir.

Akan tetapi pada umumnya walaupun mobil pernah terendam banjir sudah dipoles dan diperbaiki dengan sedemikian baiknya, mobil yang memiliki riwayat terendam banjir masih bisa diidentifikasi melalui beberapa cara. Berikut di bawah ini cara mendeteksi mobil bekas banjir yang bisa Anda praktikan ketika ingin membeli mobil bekas.

1. Cek Kondisi Mesin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan bisa melakukan pengecekan pada bagian ruang mesin mobil. Pada umumnya mobil yang memiliki riwayat pernah terendam air banjir warna ruang mesinnya akan telihat belang hal ini dikarenakan bekas air banjir yang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya.

2. Cek Kondisi Kabin Mobil

Langkah kedua yang bisa dilakukan yakni cek kondisi kabin mobil. Biasanya mobil yang memiliki riwayat pernah terendam banjir umumnya memiliki aroma yang tidak mengenakan atau tidak sedap untuk dihirup khususnya pada bagian jok dan karpet. Aroma ini akan sangat sulit dihilang jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar.

3. Cek Bagian Lainnya

Selanjutnya cek juga bagian mobil lainnya meliputi sisi-sisi pintu ataupun kap mesin. Pada umumnya ciri mobil bekas banjir akan terlihat karat atau kusam pada bagian tersebut.

4. Cek STNK Mobil

Hal terakhir yang bisa dilakukan yakni periksa alamat Surat Tanda Nomor Kendaraan pada mobil yang akan Anda beli. Jika alamat mobil yang tertera pada STNK berada di kawasan rawan banjir, ada kemungkinan mobil yang akan Anda beli pernah terendam. 

5. Cek Bagian Baut-batu di bawah kursi

Ketiga periksa baut-baut di bawah kursi. Jika Anda menemukan korosi atau karat pada baut di area bawah kursi, ada indikasi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir. Karena idealnya, baut-baut di dalam kabin selayaknya tidak mudah berkarat, karena jarang terkena kontaminasi dari luar.

6. Periksa elektrikal mobil

Keempat adalah periksa elektrikal mobil, untuk mobil generasi baru sudah menggunakan sistem elektrik yang kompleks. Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior hingga power window. Pastikan bagian yang Anda coba tersebut tidak mengalami kendala, seperti mati sebelah atau audio bersuara sember.

7. Pemeriksaan di bengkel resmi

Jika sudah lakukan cara cek mobil bekas banjir di atas, langkah selanjutnya adalah lakukan pemeriksaan bersama di bengkel resmi. Anda bisa membawa mobil yang akan dibeli untuk melakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif.

>>> Tips Cara Berkendara Ketika Banjir

Gambar menunjukan Mobil terendam banjir

Mobil terendam banjir layakah dibeli?

Kerugian Membeli Mobil Bekas Banjir 

Mobil murah bekas banjir memang biasanya cukup menggoda. Namun yang perlu diketahui juga kerugian yang akan didapatkan jika membeli mobil bekas  banjir.

Menurut pemaparan Masyogi Adhiputra selaku General Manager Operation Dealer mobil bekas CARRO mengungkapkan bahwa banyak kerugian yang akan diterima konsumen saat membeli mobil bekas  banjir

“Membeli mobil  bekas banjir yang harus diperhatikan adalah sistem elektrikal mobil itu sendiri.  Bisanya mobil bekas  banjir seringkali tiba-tiba mengalami kerusakan seperti pada bagian Engine Control Unit atau ECU. Misalkan ECU dan yang lainnya rusak perbaikannya bisa mencapai Rp 20 juta.” ungkapnya.

Selanjutnya yang harus diperhatikan menurut Masyogi adalah nilai mobil bisa berkurang. Ia menuturkan jika membeli mobil  bekas banjir membuat nilai mobil berkurang hingga 40 persen dari harga aslinya.

>>> Simak Untung Rugi Mobil Bekas Tabrak dan Banjir

Gambar menunjukan Mobil terendam banjir

Lalu bagaimana jika kita ingin membeli mobil bekas  banjir?

Bolehkah Membeli Mobil Bekas Banjir?

Membeli mobil bekas  banjir memang sejatinya sesuatu hal yang harus Anda hindari. Tapi sebenarnya Anda tidak perlu khawatir bahkan takut membeli mobil  bekas banjir tersebut, asalkan memenuhi tiga kriteria. Apa sajakah itu?

Jika Anda berniat untuk membeli mobil bekas  banjir karena budget yang terbatas pastikan terlebih dahulu mobil sudah dibersihkan secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi aroma bau lumpur yang akan masih tercium di kabin mobil. 

Kemudian saat pembersihan kondisi karpet dan karpet dasar harus dipastikan kering total. Umumnya jika tidak benar-benar kering hal itulah yang menyebabkan bau tak sedap pada interior mobil bekas  banjir. Terlebih mobil keluaran Eropa yang biasanya memiliki karpet dasar dan busa tebal-tebal tentunya memiliki treatment lebih.

Kemudian pastikan juga tidak ada kerusakan pada sistem kelistrikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pastikan bagian klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior hingga power window dan bagian lainnya bekerja dengan semestinya.

>>> Suzuki Beri Servis Kendaraan Gratis Bagi Korban Banjir di Jabodetabek

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top