Bedah Keunggulan dan Kelemahan Toyota New Agya Facelift 2020

05/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Bedah Keunggulan dan Kelemahan Toyota New Agya Facelift 2020
Toyota New Agya Facelift 2020 baru saja diluncurkan dengan membawa beberapa perubahan dibanding Agya sebelumnya. Dengan harga mulai dari Rp143 juta, layakkah mobil ini dibeli?

Selain Low MPV, segmen Low Cost Green Car (LCGC) juga memiliki persaingan yang sengit. Diisi oleh pabrikan Jepang, baik Toyota, Daihatsu, Honda, maupun Suzuki semuanya terus menyodorkan produk-produk terbaik.

Dan sebagai pemimpin di kelas ini, Toyota pun berusaha untuk tetap menjadi yang terdepan. Oleh karena itu inovasi demi inovasi digenjot demi memuaskan dahaga para konsumen setianya. Model New Agya facelift 2020 pun digelontorkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Walau hanya sebatas facelift alias minor change, namun suguhan tambahan aksesoris dan fitur baru membuat LCGC berlogo burung garuda ini kian menarik. Lalu apa saja kelebihan dan kelemahan Toyota New Agya facelift 2020? Berikut ulasan lengkapnya dari tim Cintamobil.com

1. Eksterior

Toyota New Agya Facelift 2020 belakang

Bagian yang paling banyak berubah adalah sisi eksterior

Ada banyak perubahan dari Toyota Agya facelift ini dbanding model sebelumnya. Paling terlihat adalah tampilan depan. Bentuk bemper sekarang dipenuhi lekuk-lekuk tajam, sementara aliran udara dibuat lebih lebar dengan penutup motif sarang lebah. Kemudian bentuk gril depan juga sekarang pakai warna Black Gloss bukan lagi chrome.

Lampu utama juga sudah pakai projector walaupun masih menggunakan lampu tipe halogen belum LED. Sementara lampu sein dan foglamp masih memakai tipe bulb. Meski begitu bentuk rumah foglamp kini lebih besar dan lebih agresif dibanding sebelumnya. Beralih ke bagian sisi, New Agya facelift 2020 juga sudah pakai velg dengan model palang baru namun ukurannya tetap 14 inci.

Selanjutnya jika diperhatikan, dimensi spion luar pada sisi kiri dan kanan juga dibuat lebih besar dari Agya sebelumnya. Lalu untuk tampilan belakang, hal berbeda yang paling mudah terlihat adalah model lampu kombinasi. Lampu ini pakai mika bening dengan lampu stop memakai LED, sedangkan lampu sein dan lampu mundur tetap pakai bulb. Lalu pada bagian atap belakang juga terdapat spoiler yang pakai warna Black Gloss bukan senada body.

Jika Anda tertarik dan ingin membeli mobil Toyota Agya terbaru ini, jangan lupa simak beberapa tips ini dulu

2. Interior

Toyota New Agya Facelift 2020 interior

Ada beberapa perubahan juga di bagian dashboard

Secara garis besar sebenarnya nuansa pada kabin Toyota Agya facelift masih sama dengan Agya sebelumnya. Hanya saja tetap ada beberapa sentuhan baru yang dilakukan Toyota demi Agya anyar ini terlihat lebih menarik. Misalnya pada lingkar kemudi, kini sudah tersedia tombol pengaturan audio. Lalu pada bagian kanan setir terdapat juga tombol Engine Start/Stop untuk menghidupkan dan menonaktifkan mesin.

Lantas motif kain fabric pelapis jok juga berbeda dibanding Agya sebelumnya. Paling menonjol adalah bagian tengah dashboard yang kini pakai warna Black Gloss. Dibagian ini terdapat kisi-kisi AC, headunit audio, serta tombol AC yang sudah berbentuk digital. Tentu saja perubahan ini menjadi pusat perhatian ketika Anda pertama kali masuk ke New Agya facelift 2020.

>>> Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor

3. Spesifikasi Teknis

Toyota New Agya Facelift 2020 depan

Agya masih tersedia dalam mesin 1.0-liter dan 1.2-liter

Toyota membagi Agya terbaru masih dalam dua tipe mesin. Tipe pertama menggunakan mesin KR 998 cc 3 sillinder DOHC 12 katup. Mesin ini di atas kertas sanggup meletupkan tenaga puncak 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Kemudian tipe mesin kedua yang dipakai berkode NR 1.200 cc 4 silinder DOHC 16 katup yang bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 107 Nm di 4.200 rpm. Kedua mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Sedangkan untuk sistem suspensi yang dipakai adalah MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Semi-Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring untuk bagian belakang. Suspensi ini demi menopang roda berukuran 175/65/R14 yang sudah dilengkapi sistem pengereman model disc brake pada bagian depan dan drum brake pada roda belakang.

Ingin kredit mobil Toyota Agya, simaklah daftar ini dahulu

4. Fitur

Toyota New Agya Facelift 2020 Engine Start/Stop

Fiturnya semakin lengkap dibanding Agya sebelumnya

Toyota semakin melengkapi fitur dari tiap generasi Agya. begitu pun dengan New Agya facelift 2020 yang fiturnya bisa dibilang paling lengkap diantara Agya-Agya sebelumnya. Misalnya saja kehadiran kunci model Keyless yang ditunjang juga dengan tombol Engine Start/Stop sehingga untuk menyalakan mesin tak perlu lagi memutar kunci kontak.

Kemudian ada juga sistem AC yang kini tampilannya sudah digital yang membuatnya terlihat lebih mewah. Kemudian untuk tipe tertinggi juga sudah pakai headunit layar sentuh yang sudah mampu melakukan Mirroring dengan ponsel. Kemudian pengaturan audio ini juga sudah bisa melalui Audio Steering Switch pada lingkar kemudi.

Kemudian untuk fitur keselamatan sudah tersedia Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, serta Seatbelt di setiap jok. Untuk jok belakang juga dilengkapi Isofix untuk memasang carseat, dan saat akan mundur sudah tersedia juga Parking Sensor. Agar pengendalian lebih presisi disediakan fitur Anti-lock Braking system (ABS) dan Electronic Brake distribution (EBD).

>>> Simaklah tips dan trik jual beli mobil lainnya di sini

5. Harga

Tertarik dengan Toyota New Agya facelift 2020? Berikut harga Toyota New Agya facelift 2020 lengkap per Juni 2020:

Tipe Harga
Toyota Agya 1.0 G M/T Rp143.800.000
Toyota Agya 1.0 G A/T Rp156.810.000
Toyota Agya 1.2 G M/T Rp148.100.000
Toyota Agya 1.2 G A/T Rp161.640.000
Toyota Agya 1.2 G M/T TRD Rp153.445.000
Toyota Agya 1.2 G A/T TRD Rp169.290.000

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya seputar mobil disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top