Bayar Pajak Tak Perlu Repot dengan Samsat Online

16/09/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Bayar Pajak Tak Perlu Repot dengan Samsat Online
Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di tengah pandemi seperti saat ini tentunya cukup mengkhawatirkan. Tetapi tenang saja Anda cukup mengakses Samsat Online.

Merebaknya wabah virus corona di Indonesia, pemerintah menyarankan agar masyarakat untuk diam di rumah agar tak tertular. Bagi anda yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor tahunan dianjurkan tak datang langsung ke Samsat. Maka dari itu manfaatkan e samsat online.

Kendati masih ada pelayanan Samsat yang masih beroperasi, tak ada salahnya agar untuk tetap di rumah saja guna meminimalisir penyebaran virus, sebab kini sudah ada samsat online lewat aplikasi. Dilansir dari laman NTMC Polri, agar tidak bingung simak berikut di bawah ini proses cara bayar pajak kendaraan lewat di samsat online nasional.

>>> Mau Beli Mobil Pakai Kredit BCA? Hitung Dulu Simulasi Pembayarannya

Gambar menunjukan Aplikasi samsat

Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di Android Playstore atau Apple Appstore

1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional

Anda cukup unduh aplikasi Samsat daring Nasional di Android Playstore atau Apple Appstore. Setelah diunduh Anda akan disajikan 8 kolom menu pada aplikasi.

2. Pilih menu pajak kendaraan bermotor

Selanjutnya pilih menu menu pajak kendaraan bermotor (PKB) dan tekan menu pendaftaran. Selanjutnya Anda akan ditampilkan pemberitahuan TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan stnk akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Lalu Kendaraan harus atas nama sendiri, jika tidak maka akan diminta balik nama terlebih dahulu

3. Tunggu sampai ada pemberitahuan

Nanti bakal ada pemberitahuan, TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Di sini kita diminta untuk mengambil keputusan, apakah setuju dan tidak setuju. Sepakat tentu tekan tombol setuju.

>>> Dibuka Terbatas, Ini Lokasi Samsat Keliling Selama PSBB di Jakarta

Gambar menunjukan Isi formulir

Isi formulir pendaftaran

4. Isi Formulir 

Lalu muncul formulir yang harus diisi wajib pajak (orang yang bayar pajak), yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon dan email.

5. Tunggu sistem memproses data

Bila sudah diisi tekan tombol lanjutkan. Sistem akan memproses data tersebut selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, sekaligus besaran pajak yang harus dibayarkan.

6. Pilih kolom setuju

Kemudian, wajib pajak tinggal menekan tombol setuju setuju untuk mendapatkan kode bayar, untuk digunakan buat membayar pajak melalui layanan E-Channel perbankan (e-Banking atau ATM).

Usai melakukan sesuai petunjuk di atas dan membayar, secara otomatis Samsat sudah mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) atau STNK-nya, yang nantinya akan diantar langsung ke rumah, paling lama 3 hari. Bagi Anda yang berniat mengunjungi samsat online jakarta, juga bisa mengikuti Samolnas sebagai gantinya.

>>> Dapatkan berbagai mobil baru dan bekas lainnya di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

7 Rombongan Viral Pesepeda Nekat Masuk Tol Jagorawi Diperiksa Polisi

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah viral di sosial media, 7 pesepeda nekat masuk Tol Jagorawi akhirnya diperiksa kepolisian. Ketidaktahuan, lengah dan kurang fokus jadi alasannya.

Lihat juga

Fitur Ini Mempermudah Toyota Hilux Facelift saat Diajak Off-Road

15/09/2020

Pengemudian

3 menit

Melakukan kegiatan off-road dengan Toyota Hilux Facelift akan semakin mudah dengan adanya fitur ini, pengemudi menjadi lebih yakin, begini cara kerjanya

Lihat juga

4 Masalah yang Mengintai Mobil karena Terlalu Lama Parkir di Rumah

15/09/2020

Perawatan dan service

4 menit

Penerapan PSBB Jakarta membuat mobil ikut WFH. Namun Anda tetap patut waspada potensi kerusakan mengintai bila mobil terlalu lama parkir di rumah saja.

Lihat juga

Toyota Yaris Punya Indikator Rem Darurat, Begini Cara Kerjanya

15/09/2020

Pengemudian

3 menit

Sebagai mobil kekinian Toyota Yaris Facelift yang baru saja rilis memiliki indikator rem darurat guna memperingatkan pengemudi di belakang, begini cara kerjanya

Lihat juga

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil di Leasing atau Kantor Samsat

15/09/2020

Pengemudian

8 menit

Berikut ini adalah beberapa contoh surat kuasa pengambilan BPKB di kantor Samsat, leasing, atau dealer tempat Anda membeli mobil tersebut.

Lihat juga