Ban Serep Belum Turun Apakah Menambah Harga Jual Mobil Bekas?

06/02/2019

Jual beli
Share this post:
Ban Serep Belum Turun Apakah Menambah Harga Jual Mobil Bekas?
Di beberapa iklan mobil bekas kerap kita temui kata-kata iklan yang mempromosikan "ban serep belum turun". Seakan jika ban serep belum turun itu menjadi nilai tambah bagi mobil bekas yang dijual, lalu apakah benar jika ban serep belum turun itu menambah harga jual mobil bekas?

Pada beberapa iklan mobil bekas, seperti yang juga suka Anda temui di listing mobil bekas Cintamobil.com, cukup banyak pedagang mobil bekas ataupun individu yang menulis pada kolom deskripsi mobil bekas yang mereka akan jual dengan kata-kata "ban serep belum turun", atau "ban serep tidak pernah turun". Dan hal ini oleh pedagang mobil bekas seolah dijadikan senjata untuk membuat mobil bekas yang mereka jual tetap tinggi. Lalu, apakah benar demikian adanya? Jika ban serep pada mobil bekas belum turun akan lantas menambah harga jual ataupun menjadi nilai tambah tersendiri?

>>> Ini cara menggunakan ban serep ketika darurat

Sebuah ban serep New Toyota Hilux 2017

Ban serep, jika ukuran pelek dan bannya sama dengan standar, maka harus mengikuti skema rotasi ban yang juga melibatkan ban serep

Kita dapat meilhat dari dua sisi pandang, yaitu dari sisi nilai ekonomis dan kacamata teknis. Oke mari kita bahas yang pertama terlebih dahulu yaitu melihat secara nilai ekonomi. Dengan mendapatkan mobil bekas dengan ban serep yang belum turun, maka secara teori Anda akan mendapat keuntungan ekstra karena ban tetap dalam kondisi baru dan utuh, sehingga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan ban tersebut, Anda akan dapat menggunakannya atau malah dapat dijual jika Anda benar-benar kepepet. Namun ternyata secara kacamata teknis tidak demikian, sebab jika ban serep itu memiliki ukuran sama dengan ban lainnya, maka ban serep tersebut akan ikut skema rotasi mengikuti ban lainnya yang terpasang.

>>> Nih, cara mudah ganti ban cadangan Toyota Hilux

Tampak Iklan Cintamobil.com Ban serep belum turun

Ban serep belum turun kerap digunakan sebagai senjata pedagang mobil bekas dalam mempertahankan harga jual

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Lalu kesimpulannya bagaimana? Apakah membeli mobil bekas dengan dalih ban serep belum turun atau ban serep belum pernah dipakai akan menguntungkan Anda? Jawabannya adalah bisa ya bisa tidak, namun saran kami jangan terpaku harga hanya karena ban serep pada mobil yang Anda incar kondisinya belum pernah dipakai. Alasan harus dilakukannya rotasi ban dapat Anda gunakan sebagai senjata untuk menawar ke pedagang atau penjual mobil bekas guna mendapatkan harga yang lebih murah terhadap mobil yang menjadi incaran Anda.

Tampak Iklan Toyota Rush ban serep belum turun

Banyak pedagang maupun penjual individu memanfaatkan ketidak-tahuan konsumen mengenai skema rotasi ban

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Cara Mudah Ganti Ban Serep Double Cabin Toyota

30/05/2018

Pengemudian

Di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta ataupun Surabaya, jumlah pengguna mobil berjenis dual cabin memang tidak terlalu banyak. Alhasil tidak banyak yang tahu, bagaimana cara mengganti ban cadangan jika ban utama yang terpasang kempis. Jangan bingung ataupun panik, inilah empat langkah mudahnya.

Lihat juga

Ukuran Ban Serep Mobil Lebih Kecil Tak Masalah, Asal Kamu Perhatikan 3 Hal Ini

​Salah satu komponen wajib bagi produsen kendaraan roda empat adalah menyertakan ban serep pada setiap produk baru. Namun, ban serep terkadang tidak mesti sesuai dengan ukuran ban aslinya karena ukuran terkendala tempat penyimpanan yang terlalu sempit. Sebagai konsekuensi, ban serep yang disediakan oleh produsen ukurannya diperkecil menyesuiakn tempat penyimpanan yang ada.

Lihat juga

Cara Merawat Ban Serep

Kehadiran ban serep sangat banyak membantu pengemudi, khususnya pada saat mobil Anda melintasi medan jalan yang susah dan jarang terdapat bengkel. Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara merawat ban serep mobil yang benar? Berikut ini adalah caranya.

Lihat juga

Ini 5 Alasan Sebagian Orang Lebih Suka Membeli Mobil Bekas

04/02/2019

Jual beli

Meski berbagai model mobil baru terus bermunculan, sebagian orang masih setia dan lebih suka membeli mobil bekas. Dengan berbagai alasan yang ada mereka menganggap membeli mobil bekas lebih menguntungkan.

Lihat juga

Mau Aman Membeli Mobil Bekas Secara Online, Perhatikan 4 Tips Berikut!

26/01/2019

Jual beli

5 menit

Makin majunya dunia teknologi memberikan kemudahan di segala bidang. Salah satunya jual beli mobil yang bisa dilakukan secara online lewat sentuhan jari-jari tangan. Meski demikian, selalu saja ada kekurangan dan risiko yang selalu mengintai. So, diperlukan kehati-hatian buat Anda yang menginginkan membeli mobil bekas secara online agar tidak berujung kekecewaan.

Lihat juga