Baiknya Hindari Mobil Bekas Modifikasi, Berikut Ini Alasannya

25/10/2019

Jual beli

5 menit

Share this post:
Baiknya Hindari Mobil Bekas Modifikasi, Berikut Ini Alasannya
Salah satu faktor yang menentukan dalam memilih mobil bekas adalah faktor orisinalitas, di mana mobil yang masih standar biasanya akan dinilai lebih tinggi dibandingkan unit serupa yang sudah dimodifikasi. Kenapa demikian?

Biasanya, para pemilik mobil akan melakukan modifikasi terhadap mobil kesayangannya. Baik hanya sekedar penambahan aksesoris, penambahan atau penggantian part, atau bahkan perubahan sektor yang krusial seperti mesin, kaki-kaki, atau pengereman.

>>> Apa saja keunggulan mobil standar pabrikan dibanding modifikasi?

Mungkin, ada beberapa pemilik mobil yang masih sadar akan orisinalitas mobilnya, dan menyimpan komponen aslinya untuk berjaga-jaga jika suatu saat akan menjual mobilnya. Namun, akan memusingkan jika komponen tersebut sudah dijual atau hilang saat Anda ingin membayar mobil bekas modifikasi tersebut.

Tapi, seberapa pentingkah orisinalitas mobil saat memutuskan untuk membeli mobil bekas, dan kenapa lebih baik menghindari mobil bekas modifikasi? Simak fakta-faktanya di bawah ini.

1. Spare part asli sulit dicari

Ilustrasi Sparepart mobil VW Golf MK1

Akan sulit mencari suku cadang mobil di bawah tahun 2000-an

Seperti dijelaskan di atas, hal ini tidak akan jadi masalah jika pemilik sebelumnya telaten dan menaruh suku cadang aslinya secara rapih. Lain soal jika spare part orisinal yang dibutuhkan hilang, sementara kita membutuhkannya seandainya intin merestorasi tampilan mobil ke kondisi aslinya.

Cara mendapatkan spare partnya sudah tidak mudah, khususnya untuk mobil bekas modifikasi di bawah tahun 2000-an. Anda bisa hunting ke toko-toko, baik online ataupun offline, namun dengan harga yang cukup mahal karena barang yang semakin langka. Atau jika Anda ingin mencari dengan harga lebih murah, bisa mengandalkan kampakan atau tempat loakan mobil, di mana Anda bisa berburu spare part dengan harga miring.

2. Ubahan bagian krusial

Modifikasi mesin Honda Civic

Modifikasi mesin mobil berdampak perubahan performa secara drastis

Ini tidak akan menjadi masalah jika pemilik mobil sebelumnya hanya melakukan ubahan-ubahan standar seperti perubahan pelek atau penambahan bodykit saja. Namun, ceritanya akan berbeda jika pemilik sebelumnya melakukan ubahan pada bagian kelistrikan dan mesin mobil, yang tentu sangat krusial.

>>> Temukan mobil pilihan terbaik di sini

Sebaiknya, saat mengambil mobil bekas modifikasi, pastikan dulu bahwa ubahan yang dilakukan pada mobil hanya bersifat kosmetik, dan tidak mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.

3. Harga mobil jadi tidak standar

Ilustrasi membeli mobil

Harga mobil modifikasi biasanya berbeda dari model serupa namun masih standar

Biasanya, pemilik mobil sebelumnya juga memasukan biaya modifikasi ke dalam harga jual mobil. Alhasil, harga mobil bekas modifikasi jadi lebih mahal dari yang seharusnya.

Mungkin, ini tidak akan jadi masalah jika Anda merasa modifikasi dalam mobil incaran sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Namun, bagaimana jadinya jika kita lebih suka mobil dalam kondisi aslinya?

4. Fungsi mobil melenceng dari seharusnya

Honda Brio modifikasi pada Black Auto Battle 2017

Ubahan ekstrim terkadang membuat fungsi mobil melenceng dari seharusnya

Ini berlaku untuk mobil modifikasi ekstrim, yang biasanya membuat fungsi mobil melenceng jauh dari seharusnya. Sebagai contoh, Anda akan membeli sebuah sedan empat pintu. Standarnya mobil ini memiliki fungsi untuk menampung 4-5 orang dewasa, namun dengan modifikasi audio yang kelewat ekstrim maka kursi belakang dihilangkan, dan membuat mobil hanya bisa memuat dua orang saja.

>>> Tips jual & beli mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

5. Ada kemungkinan menyalahi aturan

Selain mengubah fungsi mobil, modifikasi ekstrim juga berpotensi menyalahi aturan kepolisian. Semisal untuk warna, bentuk, penambahan peranti tertentu, atau bahkan perubahan mesin.

Pastikan modifikasi yang ada di dalam mobil incaran Anda masih dalam batasan wajar menurut aturan yang ada, karena jika tidak maka Anda yang akan terkena imbasnya saat mengurus surat-surat.

Berikut alasan mengapa lebih baik menghindari mobil modifikasi, yang akan membantu Anda saat membeli mobil bekas pilihan. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat di bawah ini:

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Paket Modifikasi Suzuki Jimny Black Bison Edition dari Wald, Hapus Wajah Aslinya

13/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Suzuki Jimny Black Bison Edition merupakan modifikasi Suzuki Jimny terbaru dari Wald. Penampilannya jauh lebih agresif dibandingkan Jimny standar. Tertarik?

Lihat juga

Modifikasi Boleh, Tapi Hati-hati Jangan Sembarang Ganti Head Unit

20/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Modifikasi audio merupakan hal yang sering dilakukan pemilik kendaraan untuk memenuhi kebutuhan hiburan selama berkendara. Tidak sedikit pemilik mobil yang merasa kurang puas dengan kualitas sistem entertainment bawaan pabrik. Akhirnya mereka menggantinya dengan produk aftermarket. Tapi hati-hati, jangan sembarang ganti head unit Anda.

Lihat juga

Tips Modifikasi Setir Racing, Hati-hati Bikin Repot

09/08/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi setir racing juga butuh perhatian, jangan asal ganti setir standar dengan setir racing yang sesuai selera Anda. Salah-salah, bukanya gaya tapi malah repot di jalan.

Lihat juga

Jangan Sembarang, 4 Bagian Mobil Berbahaya Dimodifikasi

29/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Memodifikasi mobil menjadi hal biasa saat ini untuk orang-orang awam sekalipun. Mulai dari bodi hingga velg dimodif untuk tampil beda. Namun jangan sembarang memodifikasi mobil. Ini karena ada 4 bagian mobil berbahaya dimodifikasi. Apa saja itu?

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas Modifikasi, Bermanfaat atau Berbahaya?

08/08/2018

Jual beli

Tak jarang, pecinta mobil mengira bahwa membeli mobil bekas modifikasi merupakan pilihan terbaik. Namun, siapa sangka dalam memilih mobil tersebut, calon pembeli harus lebih berhati-hati serta harus memeriksa dengan seksama.

Lihat juga