Bagi yang Duitnya Pas-Pasan, Ini Cara Memilih Mobil dengan Efisien

23/11/2018

Jual beli

4 menit

Share this post:
Efisiensi dalam memilih mobil tidak hanya berdasarkan bahan bakar yang hemat, tetapi sesuai dengan gaya hidup serta kebutuhan pemiliknya. Lalu, bagaimana cara memilih mobil dengan efisien?

Membeli mobil baru merupakan sebuah keputusan besar. Terlebih bagi mereka yang harus menyisihkan uangnya bertahun-tahun. Karena itu, memilih mobil dengan efisien penting dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari. Karena itu, perhatikan tips dari Toyota berikut untuk membantu Anda memilih mobil idaman Anda.

1. Ketahui apa yang Anda butuhkan

Yang paling penting ketika memilih mobil adalah mengetahui kendaraan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Meskipun mobil kompak bisa memberikan desain yang mungil dan sangat membantu untuk keuangan Anda, tetapi akan sia-sia jika Anda memiliki keluarga besar.

Gambar mobil untuk keluarga

Pilih mobil sesuai dengan kebutuhan sehari-hari Anda

Ketika memilih mobil, putuskan apa yang terbaik untuk Anda. Ada banyak pilihan, seperti MPV, SUV, sedan, hingga coupé​. Pastikan model yang ingin pilih sesuai dengan pengendaraan sehari-hari. Setelah itu, Singkirkan model yang harganya diluar kisaran keuangan Anda. Kemudian Anda bisa membandingkan kendaraan yang hemat bahan bakar yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

>>> Produk Sudah Discontine, Berikut Tips Lengkap Membeli Chevrolet Captiva Bekas

2. Pilih ukuran mesin

Jika Anda akan mengangkut banyak barang seperti pada mobil niaga atau digunakan untuk mengangkut empat orang anak setiap hari, Anda mungkin ingin memiliki kekuatan di bawah kap mesin. Namun perlu diingat, Anda akan membayar lebih besar untuk tenaga yang lebih tinggi.

Mobil sporty cocok untuk digeber di jalanan

Sebuah mobil dengan mesin 4 silinder akan mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin 6 silinder atau 8 silinder. Jangan buru-buru, pilih salah satu yang cocok dengan Anda.

>>> Dapatkan tips membeli mobil lainnya hanya di sini

3. Bandingkan beberapa mobil

Banyak situs otomotif yang memberikan berbagai perbandingan untuk beberapa mobil secara bersandingan, mulai dari jarak tempuh gas atau fitur lainnya. Salah satunya Cintamobil.com yang memberikan review berbagai mobil terupdate di Indonesia.

Perbandingan harga dan fitur dari Xpander dan Avanza

Dengan banyaknya lini produk kendaraan dalam berbagai segmen di pasar otomotif Indonesia, membandingkan mobil menjadi cara termudah untuk mengetahui semua kelebihan dan kekurangan kendaraan yang ingin Anda beli. Dengan begitu, Anda bisa menemukan kendaraan paling hemat untuk pemakaian sehari-hari.

>>> Komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, Apa Iya Masih #MendingWuling?

4. Pertimbangkan kendaraan hibrida

Ketika menyangkut penghematan bahan bakar, teknologi hibrida merupakan pilihan yang pas. Namun entah kenapa pilihan mesin ini terkesan terabaikan. Kendaraan hibrida berteknologi maju saat ini menawarkan keandalan berkendara dan hadir dalam berbagai jenis, mulai dari mobil sedan kompak hingga SUV.

Toyota Prius, salah satu kendaraan hibrida di Indonesia

Namun tentu saja, Anda harus membayar harga yang cukup tinggi di awal untuk membeli mobil ini. Dengan masih sedikit pilihan untuk kendaraan hibrida di Indonesia, dan semuanya masih cukup mahal jika dibandingkan mobil lain di pasaran, tentu saja konsumen masih berpikir untuk membeli varian ini. Tetapi dengan penghematan yang besar setelahnya, membeli mobil hybrid tentu saja patut dipertimbangkan.

>>> Ulasan seputar teknologi otomotif bisa Anda baca disini

5. Beli mobil baru atau yang lebih baru

Setiap tahun, produsen mobil selalu memperbarui bagian dalam dan luar kendaraan mereka. Selama beberapa tahun terakhir, produsen telah menambahkan berbagai teknologi untuk meningkatkan jarak tempuh dan menciptakan kendaraan paling efisien yang tersedia.

Tiga mobil resmi meluncur di dunia tahun ini

Dibandingkan dengan mobil tahun ini, tentu saja mobil keluaran tahun 2019 akan mendapatkan teknologi dan fitur yang lebih banyak. Tetapi tidak harus menunggu lama karena tentunya setiap tahun mobil baru akan bermunculan dengan teknologi yang lebih baru. Pastikan untuk membandingkan dengan mobil yang baru untuk memilih mobil dengan efisien.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top