Jadi Model Baru, Harga Avanza Veloz Bekas Dibanderol Rp 100 Jutaan

29/11/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Dengan eksistensinya sekarang berubah menjadi model baru Toyota, Toyota Avanza Veloz bekas masih tetap mengesankan dengan harga mulai dari Rp 100 jutaan saja.

PT Toyota Astra Motor akhirnya memperkenalkan All New Veloz baru, menjadikannya model tersendiri yang terlepas dari All New Avanza terbaru. Dibuat lebih modern, namun versi lama dari Avanza Veloz bekas masih menjadi model yang cukup banyak ditemui di pasar mobil bekas Tanah Air. Apalagi harganya yang cukup rendah, mulai dari Rp 100 jutaan.

Avanza Veloz bekas

Avanza Veloz pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dimana PT TAM merilis generasi kedua dari Toyota Avanza. Avanza Veloz merupakan tipe tertinggi dari Toyota Avanza, menggantikan tipe Avanza S yang menjadi tipe tertinggi pada generasi pertama Toyota Avanza. Sehingga mobil ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan Toyota Avanza biasa.

mobil bekas Avanza Veloz bekas 2012 berwarna putih
Avanza Veloz bekas edisi pertama keluaran tahun 2011

Desainnya dibuat elegan dengan grille tipe pada bagian atas dan bumper terlihat lebih dinamis. Dipadukan dengan air dam besar di bawah grille untuk mengalirkan angin agar mesin tidak cepat panas. Ada emblem Veloz di pintu belakang, termasuk bumper yang menawan, membuatnya sering ditanam pada Avanza maupun Xenia biasa.

Ada banyak pilihan fitur menarik yang memberikan kenyamanan tersendiri, walaupun memang tak bisa disandingkan dengan mobil Veloz terbaru. Berbagai ruang penyimpanan bisa ditemukan di door trim serta konsol tengah yang bisa digunakan untuk meletakkan dompet maupun smartphone.

Dan hanya Veloz yang sudah mendapatkan setir multifungsi untuk memudahkan pengemudi ketika harus mengatur volume, memindahkan channel radio, dan berbagai pengaturan lainnya. Ada pula head unit 2DIN yang sudah bisa digunakan untuk memutar MP3, radio AM/FM, hingga pengaturan AC dengan knop putar.

interior Toyota Avanza Veloz 2011 berwarna hitam
Desain interior dari Avanza Veloz tahun 2011

Sistem operasi mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghadirkan tenaga maksimal 107 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.400 rpm. Mesinnya enak dibawa berkendara di putaran rendah dan bisa dibilang cukup irit BBM serta mampu memberikan pengendaraan yang mengesankan ketika harus dibawa menanjak.

>>> Tips Lengkap Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas 2011, MPV Sejuta Umat Bergaya Sporty

1. Avanza Veloz 2013

Pembaruan pertama yang diberikan pada Avanza Veloz terlihat pada tahun 2013, dimana TAM meningkatkan berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan berkendara. Salah satunya yaitu pemberian Dual SRS Airbag yang menjadi standar pada setiap model.

Sebagai pembantu pengendaraan, ada sistem pengereman dan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) yang membantu ketika berkendara di jalanan licin. Begitu pula dengan kemudi rack and pinion dengan kelengkapan Electronic Power Steering (EPS) serta pengaturan Tilt steering untuk mendapatkan posisi berkendara yang lebih baik.

2. Avanza Veloz 2017

Ancang-ancang TAM untuk membagi Avanza dan Veloz menjadi dua model yang berbeda mungkin bisa jelas terlihat dari facelift Toyota Avanza tahun 2017. Dimana Avanza Veloz diperkenalkan dengan julukan Grand New Veloz.

mobil baru Toyota Veloz 2017 berwarna putih
Facelift pertama yang dirilis pada tahun 2017

Fascia depan sudah mendapatkan lampu depan dengan proyektor dan desain grille yang sama dengan varian Avanza lainnya. Namun yang membedakan kedua tipe ini yaitu lubang udara yang dibuat terpisah dan dudukan lampu kabin dengan aksesori chrome. Ada pula aksen Smoothing Panel dan lampu belakang berbentuk vertikal di buritan belakang.

Pembeda di edisi kali ini termasuk penggunaan head unit berukuran 6,1 inci dengan pemutar MP3 dan Audio serta konektivitas AUX, Bluetooth, dan iPod. Di baris kedua pun sudah ada fitur One Touch Tumble untuk memudahkan melipat bangku di baris kedua.

>>> Jadi Model Baru, Intip Lagi Inspirasi Modifikasi Avanza Veloz Lama

3. Avanza Veloz 2019

Perubahan paling besar juga terlihat pada facelift kedua yang diperkenalkan pada Januari 2019 lalu. Tampilannya terinspirasi dari Toyota Voxy dan Vellfire, membuatnya semakin mewah dan bergaya sporty. Termasuk pengaturan lampu depan yang sudah memiliki teknologi LED.

mobil baru Toyota Avanza Veloz 2019 berwarna putih
Facelift kedua dari Veloz tahun 2019

Desain layout dashboard masih sama seperti mode sebelum facelift. Tapi ada kluster instrument dengan desain baru dan pengaturan AC Digital walaupun belum dilengkapi dengan fitur auto climate control. Untuk kepraktisan, ada 2 power slot berkapasitas 12V/120W disematkan pada bangku baris pertama dan kedua.

Dan yang membuat mobil ini semakin mewah adalah fitur infotainment untuk penumpang belakang berupa layar lipat yang terletak di bawah AC Double Blower. Peningkatan lainnya termasuk tombol Start/Stop Engine dan Keyless Entry yang membuat mobil ini lebih condong pada model MPV premium.

4. New Veloz 2021

Tepat sebelum Toyota memperkenalkan Veloz terbaru yang terpisah dari All New Avanza, PT TAM sebelumnya merilis versi yang lebih sporty bernama Veloz GR Limited. Mobil ini merupakan edisi terbatas yang diproduksi sejalan dengan 50 tahun Toyota di Indonesia. Hanya ada 3.700 unit yang tersedia dan diproduksi hingga penghujung tahun 2021 nanti.

Sesuai dengan tampilannya, mobil ini tetap mengesankan dengan tampilan bergaya sporty dibandingkan versi standar. Ada spoiler bemper depan dengan desain khusus milik Toyota GR. Grille depannya juga menerima ornamen GR dan emblem GR. Di bagian belakang ada pula spoiler bemper belakang dan emblem GR khusus lainnya.

mobil baru edisi khusus Toyota Avanza Veloz GR Limited
Desain baru New Veloz GR Limited

Ubahan lainnya terletak pada bagian samping dimana kaca spion mendapatkan kelir berwarna hitam pun begitu dengan velg yang didominasi oleh warna hitam untuk membuatnya terlihat lebih maskulin.

Masuk ke dalam kabin, dominasi warna hitam tentunya berpengaruh pada tampilan sporty yang ditemukan pada eksterior Avanza Veloz. Sedangkan pada bagian fitur maupun spesifikasi mesin, tidak ada perubahan berarti yang membedakan versi khusus ini dibanding model standar.

>>> Jangan Sampai Kehabisan, Avanza Veloz GR Limited Cuma Ada 3.700 Unit!

Harga Avanza Veloz bekas

Dengan kemunculan All New Veloz, kemungkinan besar harga Avanza Veloz bekas jadi lebih terjangkau di pasar mobil bekas. Misalnya saja harga Avanza Veloz 2011 saat ini sudah berada di angka Rp 100 jutaan. Depresiasi bisa membuat harganya menjadi kurang dari Rp 100 jutaan.

Namun bagi mobil yang lebih baru, misalnya Avanza Veloz bekas keluaran 2017 saat ini masih berada di kisaran Rp 150 jutaan hingga Rp 160 jutaan. Sedangkan Veloz 2019 dibanderol tidak begitu jauh dengan harga barunya, yaitu mulai dari Rp 160 jutaan hingga Rp 190 jutaan. Harga di atas bisa berbeda-beda tergantung dengan kondisi mobil yang Anda temui.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil bekas Avanza Veloz 2012?
Merupakan model dari edisi perdana Avanza Veloz, mobil bekas keluaran tahun 2012 bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp 110 jutaan hingga Rp 125 jutaan.
Kapan pertama kali Toyota Avanza Veloz dipasarkan?
Toyota Avanza Veloz mulai dipasarkan mulai dari tahun 2011 di Indonesia.
Berapa cc Toyota Avanza Veloz 2012?
Menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter sehingga membuat Avanza Veloz 2012 memiliki mesin 1.496 cc.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top