Apakah Angka Odometer Digital Bisa Dipalsukan?

29/10/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Apakah Angka Odometer Digital Bisa Dipalsukan?
Praktik pemalsuan angka odometer mobil sering dilakukan, khususnya pada jenis analog yang masih konvensional. Apakah hal serupa bisa dilakukan ke jenis digital yang lebih modern?

Odometer mobil merupakan penjunjuk jarak tempuh kendaraan secara keseluruhan, sejak keluar pabrik sampai digunakan saat ini. Awalnya, model odometer hanya ada satu yakni model analog, tapi seiring berkembangnya zaman, penggunaan odometer digital mulai marak.

Biasanya, Odometer jadi parameter para pencari mobil bekas, di mana sering kali mobil dengan angka odometer lebih rendah kerap jadi incaran.

>>> Agar Tak Tertipu, Begini Cara Memeriksa Keaslian Odometer Mobil Bekas

Odometer rawan diotak-atik

Oleh karena itu, ada beberapa oknum nakal yang melakukan cara curang dengan memalsukan angka odometer mobil sehingga jarak tempuh mobil jadi lebih rendah, dan membuatnya jadi lebih mahal di pasaran.

Odometer mobil jenis analog dipalsukan

Odometer jenis ini masih gampang dipalsukan, meski meninggalkan bekas berupa lecet

Praktik seperti ini cukup sering ditemukan pada mobil dengan odometer model analog. Biasanya dengan membongkar panel instrumen dan memutar angkanya. Tapi, hasil pembongkaran tersebut meninggalkan bekas goresan atau lecet.

Pertanyaanya, apakah hal sama bisa dilakukan juga ke odometer digital? Ataukah odometer yang modern seperti ini lebih susah diotak-atik?

>>> Kenapa sih mobil harus diservis rutin? Ini alasannya

Odometer digital lebih susah dibobol, tapi…

Pada dasarnya, pabrikan sudah merancang agar odometer digital tidak bisa diotak-atik, apalagi dipalsukan. Usut punya usut, bengkel resmi pun tidak memiliki alat untuk mengubah angka odometer modern.

Oleh karena itu, pemalsuan odometer digital sangat susah. Kalaupun rusak, maka harus diganti utuh satu panel instrumen, dan angkanya kembali ke 0, itupun harganya sama sekali tidak murah.

Instrument cluster mobil

Odometer jenis digital bisa diotak-atik dengan metode OBD

Pun demikian, ternyata odometer jenis ini bisa diotak-atik dengan metode on-board diagonistic (OBD). Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada saat membeli mobil bekas, jangan langsung tergiur dengan mobil dengan KM rendah, periksa dulu kondisi mobil secara keseluruhan.

Pastikan selalu memeriksa riwayat servis di bengkel resmi, atau bengkel umum untuk memastikan mobil incaran Anda terawat dengan baik. Selain itu, periksa beberapa detail mobil. Misal suku cadangnya sudah banyak diganti, atau sudah terlihat aus di bagian seperti lingkar kemudi, pedal, ban, hingga karet pintu, bisa jadi odometer mobil tersebut sudah diotak-atik.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top