Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Membeli Mobil Bekas Rental?

27/08/2018

Jual beli
Share this post:
Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Membeli Mobil Bekas Rental?
Meski bekas, namun bila seseorang pintar memilihnya, maka bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas dan performa mesin prima yang tidak kalah dengan mobil baru. Mobil bekas rental juga bisa menjadi pilihan dengan beberapa pertimbangan juga tentunya.

Agar bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan budget dan keinginan Anda, ada beberapa hal dari segi keuntungan dan kerugian membeli mobil bekas rental. Oleh karena itu disini kita akan membahas apa yang harus dipertimbangkan membeli mobil bekas penyewaan ini.

A. Kelebihan Membeli Mobil Bekas Rental

Beberapa kelebihan membeli mobil bekas rental berikut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membelinya:

1. Perawatan yang teratur

Keuntungan utama dari membeli mobil bekas yang pernah dijadikan mobil rental adalah perawatan yang dilakukan sebelumnya. Bisnis rental adalah bisnis layanan sehingga banyak perusahaan rental yang memiliki aturan ketat terkait perawatan mobilnya, misalnya mulai dari pergantian oli, servis tahunan, dan perawatan lainnya.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang diperiksa dan dirawat di bengkel

Biasanya mobil bekas dari rental memiliki perawatan yang baik karena sering digunakan (foto: Asap Mobil)

2. Harga yang Relatif Murah

Secara umum, harga yang ditawarkan untuk mobil bekas rental ini lebih murah dibandingkan dengan harga di diler mobil bekas, jika acuannya adalah jarak tempuh pada mobil tersebut.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan informasi terpercaya hanya di Cintamobil.com

3. Model Keluaran Baru

Mobil bekas rental yang dijual ini umumnya merupakan keluaran baru atau satu atau dua tahun sebelumnya karena penyewa mobil biasanya hanya mau menyewa kendaraan keluaran baru.

Gambar yang menunjukan berbagi mobil yang sedang diparkirkan di bawah pohon

Biasanya pemilik rental memiliki model keluaran baru untuk direntalkan (foto: Merdeka)

4. Administrasi jual beli yang ngurus perusahaan rental

Biasanya perusahaan rental yang akan mengurus surat serta keperluan administrasi Anda untuk membeli mobil tersebut. Dengan begitu, Anda tidak terlalu repot mengurusnya.

>>> Membeli Mobkas di APM Resmi, Apa Saja Keuntungannya?

B. Kekurangan Membeli Mobil Bekas Rental

Selain kelebihan diatas, membeli kendaraan rental memiliki kekurangan berikut ini:

1. Dipakai sembarangan

Karena bukan milik sendiri, biasanya mobil rental dikemudikan secara sembarangan. Yang menjadi alasan utama orang enggan membeli mobil bekas disewakan ini adalah takut mobil tersebut digunakan secara sembarangan ketika disewakan.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna putih yang berkendara ugal-ugalan

Banyak yang meminjam, terkadang mobil dipakai sembarangan (foto: Drivespark)

2. Model terbatas

Pilihan model mobil rental ini terbatas sesuai dengan bisnis pemilik rental dan biasanya hanya tersedia dengan fitur atau aksesoris standar. Jadi, bila Anda ingin fitur atau aksesoris tambahan, maka Anda harus menambahkannya sendiri.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips jual beli mobil yang terpercaya hanya di sini

3. Pemakaian kilometer yang tinggi

Biasanya, mobil rental ini memiliki jarak tempuh yang tinggi karena biasanya dipakai untuk keluar kota. Berbeda dengan mobil pribadi yang penggunaannya bisa jadi lebih sedikit dikarenakan hanya dipakai untuk pengendaraan di dalam kota.

Gambar yang menunjukan kilometer mobil yang sudah tinggi

Jika sering direntalkan, pemakaian tentu akan menanjak naik (foto: AutoTrader)

4. Kondisi eksterior yang tidak mulus lagi

Sebelum membeli mobil bekas rental, Anda harus jeli memeriksa interior maupun eksteriornya karena terkadang kondisi eksteriornya tidak akan semulus mobil baru. Sehingga Anda mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kondisi tersebut serta mempercantik kembali kondisi mobil.

Bagaimanapun juga, dengan melihat kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas rental di atas, pertimbangkan baik dan buruk terlebih dahulu sebelum Anda mengambil keputusan sebagai kendaraan pribadi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top