Amat Terjangkau, Ini Harga Mobil Bekas Mitsubishi Pick Up T120SS

16/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Amat Terjangkau, Ini Harga Mobil Bekas Mitsubishi Pick Up T120SS
Akibat usianya yang tak lagi muda, harga mobil bekas Mitsubishi Pick Up T120SS kini sudah amat terjangkau. Namun mobil ini masih layak dijadikan armada angkutan yang bandel.

Mungil namun cukup bisa diandalkan untuk menopang usaha kecil dan menengah membuat Mitsubishi Colt T120SS masih banya penggemar setianya. Utamanya di kota-kota kecil atau pedesaan, mobil jenis ini masih bisa sering ditemui sebagai kendaraan angkut hasil tani atau ternak ke pasar-pasar tradisional.

Meskipun telah diputus produksinya oleh Mitsubishi sejak awal 2019 lalu, tetap saja populasi mobil ini masih terbilang masif. Wajar, mengingat rentang produksi T120SS sudah mencapai 28 tahun dengan hanya satu kali berganti model secara major.

Kalau Anda satu dari sekian banyak orang yang masih mencari Mitsubishi Colt T120SS, berikut Cintamobil.com sajikan sepak terjang mobil tersebut di Indonesia lengkap dengan harga mobil bekas Mitsubishi Pick Up T120SS saat ini.

1. Cikal Bakal Mitsubishi Colt

Mitsubishi Colt T120 generasi pertama

"Kakek" Mitsubishi Colt T120SS sejatinya adalah Mitsubishi Delica generasi pertama

Jika membicarakan mengenai model T120SS dari Mitsubishi, maka sebenarnya ia merupakan bagian dari keluarga Mitsubishi Delica. Saat Delica generasi pertama lahir pada Juli 1968, Mitsubishi menggunakan kode sasis T100. Sementara mesinnya memakai kode KE44 dengan kapasitas isi silinder 1.088 cc betenaga 58 PS dengan kemampuan daya agkut maksimal 600 kilogram (kg).

Delica sendiri diartikan "Delivery Car" yang kemudian pada pertengahan 1974 muncul facelift untuk model ini. Selain desainnya yang berubah mesinnya pun ikut ditingkatkan menjadi 1.400 cc dengan tenaga 86 hp. Selain versi pickup truk, Mitsubishi menampilkan juga model kendaraan penumpangnya yang mampu menampung hingga 9 orang dengan jok model tiga baris.

Pada facelift kedua inilah Mitsubishi juga melakukan ekspor untuk Delica, termasuk ke Indonesia. Namun ketika tiba di Indonesia nama ini berubah menjadi Mitsubishi Colt T120. Pada masanya, mobil ini terkenal tangguh sebagai kendaraan pengangkut multi fungsi. Karenanya masih banyak yang memiliki Mitsubishi Colt T120 hingga sekarang bahkan ada yang menjadikannya sebagai mobil koleksi demi mengingat sejarah.

>>> Review dan Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Colt T120SS 2016

2. Hasil Kolaborasi dengan Suzuki

Mitsubishi Colt T120SS dan Suzuki Carry Futura

Mitsubishi Colt T120SS yang lahir pada 1991 serupa dengan Suzuki Carry Futura

Mitsubishi Colt T120 hanya bertahan hingga 1979. Setelah itu, Mitsubishi mengandalkan model L300 sebagai penggantinya. Dimensi lebih besar dan kapasitas mesin juga ditingkatkan membuat kendaraan ini seakan naik kelas.

Meski begitu, nama Mitsubishi Colt mencuat lagi pada Februari 1991. Buah kolaborasi Mitsubishi dan Suzuki menghasilkan dua kendaraan yang identik, yakni Suzuki Carry Futura dan Mitsubishi Colt T120SS. Keduanya juga pakai mesin yang sama serta dimensi yang serupa. Termasuk sistem bukaan bak bagasi 3 Way Wide Deck yang menjadi kelebihan kedua mobil tersebut.

Saat pertama kali diperkenalkan, Mitsubishi Colt T120SS menggunakan mesin 1.300 cc karburator berdaya 78 PS. Kemudian pada 2005 seiring diperkenalkannya facelift padamodel ini, mesinnya pun berubah menjadi 1.500 cc sudah bukan lagi karburator tapi menggunakan teknologi Multi Point Injection.

>>> Review dan Spesifikasi Lengkap Suzuki Carry Pick Up 2015

3. Usianya Berakhir di 2019

Mitsubishi Colt T120

Masih banyak penggemar setianya sampai saat ini

Sepanjang masanya, Mitsubishi Colt T120SS diproduksi di pabrik PT Krama Yudha Ratu Motor yang ada di Pulo Gadung, Jakarta Timur serta cuma satu kali mendapatkan facelift. Namun berbeda dengan saudara kembarnya Carry Futura. Suzuki melakukan facelift di model ini pada Agustus 1997, Maret 2005, April 2010, serta Januari 2017, sementara T120SS cuma sekali mendapatkan facelift yakni di 2005.

Meski begitu penjualan model ini amat membludak. Selain unti barunya, unit yang bekas juga banyak dicari konsumen. Bahkan harga mobil bekas Mitsubishi Pick up T120SS terbilang stabil sampai saat ini. Kemudahan serta efisiensi dalam perawatan lantaran suku cadangnya dapat disubtitusi dengan Carry Futura, menjadikan konsumen tertarik dengan pick up Mitsubishi yang satu ini.

Sayangnya usia Mitsubishi Colt T120SS harus terhenti di Januari 2019. Penyebabnya adalah standar emisi gas buang di Indonesia yang mengharuskan lulus standar Euro 4 pada semua mobil. Beda nasib dengan Carry, Suzuki melanjutkan produksi pick up mereka sendiri di pabrik Suzuki Indomobil Motor di Bekasi, Jawa Barat.

>>> Pickup Pilihan Untuk Jualan Pas Ramadan

4. Harga Mobil Bekas Mitsubishi Pick Up T120SS

Mitsubishi Colt T120SS 2009

Kemampuannya masih dapat diandalkan untuk kendaraan pekerja keras

>>> Jika Anda ingin membeli mobil, jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli yang berguna lainnya

Seperti yang sudah kami ulas di awal tulisan ini, meskipun usianya tak lagi muda, namun masih banyak yang mengincar Mitsubishi Colt T120SS sebagai kendaraan pengangkut barang. Harga mobil bekas model ini pun sekarang amat terjangkau jika melihat harga barunya dahulu.

Misalnya untuk unit produksi 2009, pada listing Cintamobil.com ada penjual yang menawarkan seharga Rp55 juta. Sementara untuk unit dengan tahun produksi cukup muda seperti tahun 2018, harganya ada di rentang Rp85 juta hingga Rp92 juta.

Jadi, tertarik dengan Mitsubishi Colt T120SS untuk armada perusahaan Anda?

>>> Tips dan trik menarik lainnya terkait mobil baru da mobil bekas ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Penjualan Semakin Meningkat Di Tahun Politik, Berikut Daftar Harga Mitsubishi Colt Diesel

15/11/2019

Jual beli

4 menit

Mitsubishi Colt Diesel tampaknya selalu menjadi pilihan utama konsumen Indonesia, untuk kendaraan truk. Apalagi melihat infrastruktur yang saat ini kian berkembang, sukses membuat peningkatan penjualan di segmen truk. Berapa harganya? Mari kita simak bersama daftar harga Mitsubishi Colt Diesel.

Lihat juga

Review Mitsubishi Colt L300 2017, Aksi Sang Legenda Hidup

21/08/2018

Editor rate:

Mitsubishi Colt L300 merupakan salah satu truk pickup yang populer di kelasnya berkat kapasitas ruang kargo dan angkutannya yang memadai. Maka tidak heran mobil pickup ini menyabet gelar legendaris karena sejak awal kemunculannya mobil ini begitu diminati untuk kegiatan niaga. Review Mitsubishi Colt L300 2017 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Untuk Anda Loyalis, Berikut 8 Pilihan Mobil Bekas Mitsubishi

04/12/2018

Jual beli

Mitsubishi sudah lama berada di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 1970. Sudah banyak produk-produk yang dijual selama 48 tahun berkiprah di industri ini. Untuk Anda loyalis pabrikan berlambang tiga berlian ini, simak pilihan mobil bekas Mitsubishi.

Lihat juga

Ini Alasan Mobil Pick Up Lebih Laris Dibanding Mobil Niaga Yang Lain

27/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Beberapa jenis pekerjaan membawa pengaruh pada penjualan mobil pick up di Indonesia. Bukan hanya Suzuki Carry Pick Up saja, model pick up merek lain juga cukup digemari dan memiliki banyak konsumen. Dari sisi penjualan mobil pick up juga jauh lebih laris dibanding mobil niaga yang lain.

Lihat juga

Mitsubishi Indonesia - Harga Mobil Mitsubishi terbaru November 2020

01/11/2020

Mitsubishi

Mari bersama Cintamobil.com updatelah harga mobil Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Otlander Sport dan Triton di pasar mobil Indonesia.

Lihat juga
 
back to top