Alasan Simpel Orang Pilih SUV Menurut Mercedes-Benz

20/01/2020

Jual beli

3 menit

Alasan Simpel Orang Pilih SUV Menurut Mercedes-Benz
Mobil jenis SUV menjadi pilihan kedua orang Indonesia setelah MPV. Menurut Mercedes-Benz, ada satu alasan mengapa mobil ini mengalami pertumbuhan positif.

Mobil keluarga MPV (Multi Purpose Vehicle) menjadi pilihan terfavorit keluarga Indonesia. Selama belasan tahun segmen MPV mencatatkan penjualan paling tinggi. Hal ini tidak lepas dari karakter orang Indonesia yang suka kumpul-kumpul dengan keluarga, teman, dan sahabat. Bahkan untuk urusan bepergian pun lebih suka bersama dibanding sendirian.

Meski demikian jangan salah, mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) juga kian digemari. Dalam beberapa tahun terakhir penjualan SUV terus meningkat. Tidak hanya SUV kelas bawah dan medium, SUV untuk merek premium seperti Mercedes-Benz pun mengalami pertumbuhan positif.

Foto Mercedes-Benz GLE buatan Indonesia

Mercedes-Benz GLE untuk pasar Indonesia diproduksi lokal

Menurut Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto, SUV mendominasi sepertiga penjualan mobil Mercy di tanah air. Kendaraan yang terjual meliputi GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS dan G-Class. "Tahun sebelumnya (2018) di angka 28-29 persen, tahun (2019) kemarin sudah di angka 31 persen," tutur Haridi seperti dikutip dari Detik, (17/1/2020).

>>> Kalahkan BMW dan Audi, Mercedes-Benz Menjadi Mobil Mewah Terlaris di Dunia

Alasan pilih SUV

Ada beragam alasan orang membeli mobil baru. Begitu pula saat mereka menjatuhkan pilihan pada SUV. Mobil ini dianggap memiliki banyak kelebihan dibanding model segmen lain seperti sedan, city car, hingga MPV sekalipun.

  • Pertama; mumpuni dipakai di berbagai medan. SUV rata-rata memiliki ground clearance lebih tinggi dari MPV. Walhasil, mobil ini lebih mumpuni dipakai di berbagai medan jalan dari aspal, tanah hingga medan offroad berair dan berlumpur.
  • Kedua; penampilan gagah dan menarik. Serasi dengan dimensinya yang jangkung, tampilan SUV rata-rata terlihat gagah dan berkarakter tanpa mengurangi nilai estetika. Mobil ini tetap eksotis dan enak dipandang.
  • Ketiga; bisa mengakomodir banyak penumpang. Jika sebelumnya SUV identik dengan mobil 5 penumpang, kini tidak lagi. Ada banyak pilihan model SUV dengan kapasitas 7 penumpang seperti Mercedes-Benz GLE dan GLS-Class. Bahkan beberapa model merek lain yang sebelumnya hanya tersedia 5 penumpang, kini memberikan opsi 7 penumpang. Misalnya Honda CR-V dan Wuling Almaz. Artinya secara fungsional SUV juga layak disebut sebagai mobil keluarga dengan beragam fungsi.

>>> BRABUS 700 Widestar, Mercedes-Benz G-Class Bertenaga 700 Hp!

Foto Mercedes-Benz G-Class di sebuah pameran

Mercedes-Benz G-Class, legendaris dan tetap favorit

>>> Kurang Dari Rp100 Juta, 5 Pilihan Mobil Bekas Terbaik untuk Wanita

Kesimpulan

Dengan beragam kelebihan seperti di atas, tidak salah orang pilih SUV sebagai sarana transportasi keluarga. "Karena kontur di Indonesia sendiri memang lebih berwarna. Sehingga kalau kita pengin punya satu mobil yang bisa representatif all the activities, akan pilih SUV. Apalagi untuk Mercedes-Benz. Udah SUV, Mercedes-Benz, mau kondangan bisa, bisnis meeting bisa, buat leisure sama keluarga bisa juga. Jadi lebih all purpose ya," jelas Hari.

Namun saja ada satu konsekuensi, yaitu orang harus membayar lebih mahal sebab mobil ini dijual di atas harga mobil MPV kebanyakan.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top